ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PRICE EARNING RATIO SAHAM – SAHAM PERUSAHAAN MANUFAKTUR YANG TERCATAT DI BURSA EFEK INDONESIA PERIODE TAHUN 2009 - 2011
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh Dividen Payout Ratio, Aktiva Tetap, Return On Invesment dan Debt to Equity Ratio terhadap Price Earning Ratio. Variabel penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu variabel bebas yang terdiri dari Dividen Payout Ratio, Aktiva Tetap, Return On Invesment dan Debt to Equity Ratio serta variabel terikat yaitu Price Earning Ratio.
Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah analisis regresi linier berganda dengan tingkat kepercayaan 5%. Jenis data yang digunakan adalah data sekunder yang diperoleh dari publikasi ringkasan kinerja tercatat di Indonesian Stock Exchange (IDX). Penelitian ini menggunakan populasi perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) selama 3 tahun berturut-turut yaitu tahun 2009 sampai dengan 2011 yang berjumlah 132 perusahaan. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah purposive sampel yang kemudian didapatkan 22 sampel perusahaan, untuk periode 3 tahun menjadi 66 perusahaan.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Dividen Payout Ratio terbukti berpengaruh tidak signifikan. Variabel Aktiva Tetap, Return On Invesment dan Debt to Equity Ratio terbukti berpengaruh signifikan terhadap Price Earning Ratio. Ke empat variabel independen ini dapat mengukur pengaruhnya Price Earning Ratio sebesar 51,8% ini berarti 48,2% lainnya dipengaruhi oleh variabel lainnya. Berdasarkan analisis linier berganda dengan uji t disimpulkan bahwa hanya variabel Dividen Payout Ratio yang tidak berpengaruh terhadap Price Earning Ratio. Sedangkan Aktiva Tetap, Return On Invesment dan Debt to Equity Ratio berpengaruh terhadap Price Earning Ratio.
Downloads
References
Damasita, Puspa. 2011. Pengaruh Faktor Leverage, Earning Growth, Dividen Payout Ratio, Size, Dan Return On Equity Terhadap Price Earning Ratio. (online). Tersedia:http://fr.slideshare.net/yogieardhensa/faktor-price-earning-ratio-saham, diunduh 3 Januari 2013.
Fakhruddin dan Hadianto. 2001. Saham Pengertian, Definisi, Jenis, Nilai, Harga dan Belajar Saham. (online). Tersedia: http://www.sarjanaku.com/2012/06/saham-pengertian-jenis-nilai-harga.html, diunduh 2 Mei 2013.
Ghozali, Imam. 2005. Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program SPSS. Semarang: Penerbit Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Hanafi dan Halim. 2009. Analisis Laporan Keuangan. Yogyakarta: Penerbit UPP- AMP YKPN.
Harahap, Syafri Sofyan. (Ed.) 2007. Analisis Kritis Atas Laporan Keuangan. Jakarta: Penerbit PT Raja Grafindo Persada.
Hasanah, Nur. 2009. Faktor – Faktor Fundamental Yang Mempengaruhi Price Earning Ratio (Per) Pada Perusahaan Yang Terdaftar Di Jakarta Islamic Index (JII) Tahun 200 -2006. (online). Tersedia:http://digilib.uinsuka.ac.id/2549/1/BAB%20I,%20V,%20DAFTAR%20PUSTAKA.pdf, diunduh 3 Januari 2013.
Husnan, Suad. 2001. Pengertian Obligasi. (online). Tersedia: http://elib.unikom.ac.id/download.php?id=25414, diunduh 2 Mei 2013.
Husnan, Suad. 2009. Dasar – Dasar Teori Portofolio Dan Analisis Sekuritas. (Edisi Keempat). Yogyakarta: Sekolah Tinggi Ilmu Manajemen.
Husnan, Suad. dan Enny Pudjiastuti. (Ed.) 2006. Dasar – dasar Manajemenen Keuangan (Edisi Kelima). Yogyakarta: Penerbit UPP STIM YKPN.
Indriyono dan Basri . 2002. Pengertian Dividend Payout Ratio. ( online ). Tersedia: http://repository.usu.ac.id/bitstream/123456789/38133/4/CHAPTER%20II.pdf, diunduh 2 Mei 2013.
Jogiyanto. 2010. Metodologi Penelitian Bisnis. (Edisi Pertama). Yogyakarta: Penerbit BPFE- Yogyakarta.
Kholid. 2006. Faktor – Factor Yang Mempengaruhi Price Earning Ratio Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia. ( online ). Tersedia: http://fr.slideshare.net/yogieardhensa/faktor-price-earning-ratio-saham, diunduh 3 Januari 2013.
Kusnadi, H. et al. 2000. Akuntansi Keuangan Menengah. Malang: Universitas Brawijaya Malang.
Modigliani dan Miller dalam Hasanah. 2009. Faktor – Faktor Fundamental Yang Mempengaruhi Price Earning Ratio (Per) Pada Perusahaan Yang Terdaftar Di Jakarta Islamic Index (JII) Tahun 200 -2006. (online).
Tersedia:http://digilib.uinsuka.ac.id/2549/1/BAB%20I,%20V,%20DAFTAR%20PUS AKA.pdf, diunduh 3 Januari 2013.
Mpaata dan Sartono. 1997. Dalam. Khalid, Abdul. 2006 . Faktor – Factor Yang Mempengaruhi Price Earning Ratio Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia. (online). Tersedia: http://fr.slideshare.net/yogieardhensa/faktor-price-earning-ratio-saham, diunduh 3 Januari 2013.
Martono dan Agus Harjito. 2010. Manajemen Keuamgan. Yogyakarta: Ekonomis.
Nurseto Aji, Meygawan dan Irene Rini Demi Pangestuti. 2012. Analisis Faktor – Faktor Yang Mempengaruhi PER. (online). Tersedia: http://ejournalsl.undip.ac.id/index.php/djom, diunduh 4 Februari 2013.
Perusahaan Manufaktur di Bursa Efek Indonesia. ( Online ), tersedia : diunduh 5 Januari 2013.
Prastowo. 2002. Pengertian Price Earning Ratio (online ). Tersedia: http://repository.usu.ac.id/bitstream/123456789/20082/4/Chapter%20II.pdf, diunduh 5 Januari 2013.
Rahardjo, Budi. 2009. Laporan Keuangan Perusahaan. Yogyakarta: Gajah Mada University Press.
Raharjaputra, Hendra S. (Ed.) 2009. Manajemenen Keuangan dan Akuntansi. Cetakan Pertama, Jakarta: Penerbit Salemba Empat.
Ray H. Garrison. Eric W. Noreen, dan Peter C. Brewer. (Ed.) 2007. Managerial Accounting (Edisi 11). Jakarata: Penerbit Salemba Empat.
Sartono, Agus. 2001. Manajemen Keuangan Teori dan Aplikasi. Cetakan Pertama, Yogyakarta: Penerbit BPFE-Yogyakarta.
Sartono, Agus. 2008. Manajemen Keuangan Teori dan Aplikasi (Edisi Keempat). Yogyakarta: BPFE Yogyakarta.
Sugiyono. 2009, Metodologi Penelitian, Bandung, Penerbit Alfabeta.
Tandelilin, Eduardus. 2010. Portofolio dan Investasi. Yogyakarta: IKAPI. Penerbit Kanisius.
Warsono. 2003. Manajemen Keuangan Perusahaan. Cetakan Pertama, Malang: Penerbit Bayumedia.