ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PRICE EARNING RATIO SAHAM – SAHAM PERUSAHAAN MANUFAKTUR YANG TERCATAT DI BURSA EFEK INDONESIA PERIODE TAHUN 2009 - 2011
DOI:
https://doi.org/10.29407/nusamba.v1i1.299Keywords:
Dividen Payout Ratio, Aktiva Tetap, Return On Invesment, Debt to Equity Ratio dan Price Earning RatioAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh Dividen Payout Ratio, Aktiva Tetap, Return On Invesment dan Debt to Equity Ratio terhadap Price Earning Ratio. Variabel penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu variabel bebas yang terdiri dari Dividen Payout Ratio, Aktiva Tetap, Return On Invesment dan Debt to Equity Ratio serta variabel terikat yaitu Price Earning Ratio.
Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah analisis regresi linier berganda dengan tingkat kepercayaan 5%. Jenis data yang digunakan adalah data sekunder yang diperoleh dari publikasi ringkasan kinerja tercatat di Indonesian Stock Exchange (IDX). Penelitian ini menggunakan populasi perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) selama 3 tahun berturut-turut yaitu tahun 2009 sampai dengan 2011 yang berjumlah 132 perusahaan. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah purposive sampel yang kemudian didapatkan 22 sampel perusahaan, untuk periode 3 tahun menjadi 66 perusahaan.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Dividen Payout Ratio terbukti berpengaruh tidak signifikan. Variabel Aktiva Tetap, Return On Invesment dan Debt to Equity Ratio terbukti berpengaruh signifikan terhadap Price Earning Ratio. Ke empat variabel independen ini dapat mengukur pengaruhnya Price Earning Ratio sebesar 51,8% ini berarti 48,2% lainnya dipengaruhi oleh variabel lainnya. Berdasarkan analisis linier berganda dengan uji t disimpulkan bahwa hanya variabel Dividen Payout Ratio yang tidak berpengaruh terhadap Price Earning Ratio. Sedangkan Aktiva Tetap, Return On Invesment dan Debt to Equity Ratio berpengaruh terhadap Price Earning Ratio.
Downloads
References
Damasita, Puspa. 2011. Pengaruh Faktor Leverage, Earning Growth, Dividen Payout Ratio, Size, Dan Return On Equity Terhadap Price Earning Ratio. (online). Tersedia:http://fr.slideshare.net/yogieardhensa/faktor-price-earning-ratio-saham, diunduh 3 Januari 2013.
Fakhruddin dan Hadianto. 2001. Saham Pengertian, Definisi, Jenis, Nilai, Harga dan Belajar Saham. (online). Tersedia: http://www.sarjanaku.com/2012/06/saham-pengertian-jenis-nilai-harga.html, diunduh 2 Mei 2013.
Ghozali, Imam. 2005. Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program SPSS. Semarang: Penerbit Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Hanafi dan Halim. 2009. Analisis Laporan Keuangan. Yogyakarta: Penerbit UPP- AMP YKPN.
Harahap, Syafri Sofyan. (Ed.) 2007. Analisis Kritis Atas Laporan Keuangan. Jakarta: Penerbit PT Raja Grafindo Persada.
Hasanah, Nur. 2009. Faktor – Faktor Fundamental Yang Mempengaruhi Price Earning Ratio (Per) Pada Perusahaan Yang Terdaftar Di Jakarta Islamic Index (JII) Tahun 200 -2006. (online). Tersedia:http://digilib.uinsuka.ac.id/2549/1/BAB%20I,%20V,%20DAFTAR%20PUSTAKA.pdf, diunduh 3 Januari 2013.
Husnan, Suad. 2001. Pengertian Obligasi. (online). Tersedia: http://elib.unikom.ac.id/download.php?id=25414, diunduh 2 Mei 2013.
Husnan, Suad. 2009. Dasar – Dasar Teori Portofolio Dan Analisis Sekuritas. (Edisi Keempat). Yogyakarta: Sekolah Tinggi Ilmu Manajemen.
Husnan, Suad. dan Enny Pudjiastuti. (Ed.) 2006. Dasar – dasar Manajemenen Keuangan (Edisi Kelima). Yogyakarta: Penerbit UPP STIM YKPN.
Indriyono dan Basri . 2002. Pengertian Dividend Payout Ratio. ( online ). Tersedia: http://repository.usu.ac.id/bitstream/123456789/38133/4/CHAPTER%20II.pdf, diunduh 2 Mei 2013.
Jogiyanto. 2010. Metodologi Penelitian Bisnis. (Edisi Pertama). Yogyakarta: Penerbit BPFE- Yogyakarta.
Kholid. 2006. Faktor – Factor Yang Mempengaruhi Price Earning Ratio Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia. ( online ). Tersedia: http://fr.slideshare.net/yogieardhensa/faktor-price-earning-ratio-saham, diunduh 3 Januari 2013.
Kusnadi, H. et al. 2000. Akuntansi Keuangan Menengah. Malang: Universitas Brawijaya Malang.
Modigliani dan Miller dalam Hasanah. 2009. Faktor – Faktor Fundamental Yang Mempengaruhi Price Earning Ratio (Per) Pada Perusahaan Yang Terdaftar Di Jakarta Islamic Index (JII) Tahun 200 -2006. (online).
Tersedia:http://digilib.uinsuka.ac.id/2549/1/BAB%20I,%20V,%20DAFTAR%20PUS AKA.pdf, diunduh 3 Januari 2013.
Mpaata dan Sartono. 1997. Dalam. Khalid, Abdul. 2006 . Faktor – Factor Yang Mempengaruhi Price Earning Ratio Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia. (online). Tersedia: http://fr.slideshare.net/yogieardhensa/faktor-price-earning-ratio-saham, diunduh 3 Januari 2013.
Martono dan Agus Harjito. 2010. Manajemen Keuamgan. Yogyakarta: Ekonomis.
Nurseto Aji, Meygawan dan Irene Rini Demi Pangestuti. 2012. Analisis Faktor – Faktor Yang Mempengaruhi PER. (online). Tersedia: http://ejournalsl.undip.ac.id/index.php/djom, diunduh 4 Februari 2013.
Perusahaan Manufaktur di Bursa Efek Indonesia. ( Online ), tersedia : diunduh 5 Januari 2013.
Prastowo. 2002. Pengertian Price Earning Ratio (online ). Tersedia: http://repository.usu.ac.id/bitstream/123456789/20082/4/Chapter%20II.pdf, diunduh 5 Januari 2013.
Rahardjo, Budi. 2009. Laporan Keuangan Perusahaan. Yogyakarta: Gajah Mada University Press.
Raharjaputra, Hendra S. (Ed.) 2009. Manajemenen Keuangan dan Akuntansi. Cetakan Pertama, Jakarta: Penerbit Salemba Empat.
Ray H. Garrison. Eric W. Noreen, dan Peter C. Brewer. (Ed.) 2007. Managerial Accounting (Edisi 11). Jakarata: Penerbit Salemba Empat.
Sartono, Agus. 2001. Manajemen Keuangan Teori dan Aplikasi. Cetakan Pertama, Yogyakarta: Penerbit BPFE-Yogyakarta.
Sartono, Agus. 2008. Manajemen Keuangan Teori dan Aplikasi (Edisi Keempat). Yogyakarta: BPFE Yogyakarta.
Sugiyono. 2009, Metodologi Penelitian, Bandung, Penerbit Alfabeta.
Tandelilin, Eduardus. 2010. Portofolio dan Investasi. Yogyakarta: IKAPI. Penerbit Kanisius.
Warsono. 2003. Manajemen Keuangan Perusahaan. Cetakan Pertama, Malang: Penerbit Bayumedia.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Copyright on any article is retained by the author(s).
- The author grants the journal, the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work’s authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal’s published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.
- The article and any associated published material is distributed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License