Sistem Cerdas Prediksi Prestasi Belajar Menggunakan Algoritma Naive Bayes di MA Sains Roudlotul Qur’an Lamongan

  • Elly Fitriani Universitas Islam Lamongan
  • Purnomo Hadi Susilo Universitas Islam Lamongan
  • Agus Setia Budi Universitas Islam Lamongan
Abstract views: 321 , PDF downloads: 459
Keywords: e-learning, sistem cerdas, sistem prediksi, prestasi

Abstract

Perkembangan teknologi informasi yang semakin pesat menjadikan kebutuhan akan suatu konsep dan mekanisme proses belajar mengajar di sekolah berbasis teknologi tidak bisa dihindari lagi. Konsep yang kemudian dikenal dengan istilah e-learning ini membawa pengaruh terjadinya proses transformasi pendidikan konvensional ke dalam bentuk penddidikan berbasis digital, baik secara isi dan sistemnya. Selain konsep pembelajaran yang berbasis digital, proses menentukan siswa berprestasi sudah selayaknya dilakukan secara digitalisasi juga. Kondisi yang saat ini ditemui yaitu sebagian besar lembaga pendidikan masih melakukan proses seleksi siswa berprestasi hanya berdasarkan penilaian yang lebih berfokus ke dalam bidang akademis (penguasaan konsep) yang hanya berdasarkan penilaian subjektif dari guru yang bersangkutan, siswa yang nilai raportnya menduduki peringkat 1 sampai 3 tingkat sekolah (paralel) akan dianggap sebagai siswa berprestasi, proses penilaian tersebut juga masih dilakukan secara manual. Pada penelitian ini dirancang suatu sistem yang bisa membantu pihak lembaga pendidikan dalam proses pembelajaran online dan menentukan siswa berprestasi. Proses ini diawalai dengan siswa dan guru yang menggunakan sistem pembelajaran online, data hasil dari proses pembelajaran online tersebut yang digunakan untuk proses perhitungan rumus densitas gauss algoritma naive bayes. hasil akhirnya yaitu prediksi untuk menentukan seorang siswa ke dalam kelas berprestasi atau tidak berprestasi

References

Munir. 2017. Pembelajaran Digital. Bandung: Alfabeta.

Anggoro, Dimas Aryo., Supriyanti, Wiwit. 2019. “Aplikasi Sistem Pendukung Keputusan Dengan Metode Ahp Untuk Pemilihan Siswa Berprestasi Di Sman Kebakkramat” dalam Jurnal PPKM, Volume 6, No. 3 (hlm. 163 – 171).

Supriyanti, W., 2013. Rancang Bangun Aplikasi Sistem Pendukung Keputusan Penerima Beasiswa dengan Metode SAW. Creative Information Technology Journal, 1(1), pp.67-75.

Aunurrahman. 2010. Belajar dan Pembelajaran, Bandung: Alfabeta, hal: 47, 140.

Sagala, Syaiful. 2010. Supervisi Pembelajaran dalam Profesi Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta

Abdul Kadir, 2003. Pengenalan Sistem Informasi. Andi. Yogyakarta.

Akbar, Sa’dun. 2013. Instrumen Perangkat Pembelajaran. Bandung: Rosdakarya.

Diasrina Dahri, Fahrul Agus, Dyna Marisa Khairin, “Metode Naive Bayes Untuk Penentuan Penerima Beasiswa Bidikmisi Universitas Mulawarman”, Jurnal Informatika Mulawarman, Vol.11, No.2, 26-35, 2016.

Cahya Indah Safitri, darmansah, Okta Verina Tri Utami, Sekar Aninditya Sugi Ananda, Desy Okta Suryadiwati, “Sistem Pendukung Keputusan Pennetuan Mahasiswa Berprestasi di Institusi Teknologi Telkom Purwokerto Menggunakan Metode Naive Bayes Classifier”, 2019.

Frincy Poluan, Arie Lumenta, Alicia Sinsuw, “Evaluasi Implementasi Sistem E-Learning Menggunakan Model Evaluasi Hot Fit Studi Kasus Universitas Sam Ratulang” E-journal Teknik Informatika, Vol. 4, No. 2, 2014.

Toto Haryadi, Aripin, “Melatih Kecerdasan Kognitif, Afektif, Dan Psikomotorik Anak Sekolah Dasar Melalui Perancangan Game Simulasi Warungku”. 39-50, 2015.

Y.A Lesnussa, S. Latuconsina, E.R Persulessy, “Aplikasi Jaringan Saraf Tiruan Backpropagation untuk Memprediksi Prestasi Siswa SMA (Studi Kasus: Prediksi Prestasi Siswa SMAN 4 Ambon)”, 2015.

Putri Melia Sari, “Memprediksi Prestasi Siswa dengan Penerapan Algoritma C4.5 di Sekolah Dasar Negeri 1 Rawa Laut”, Skripsi, 2015.

Susilo, Purnomo Hadi dan Rohman, M. Gofar, “Sistem Pembelajaran Online Berbasis Aplikasi Web Menggunakan Framework Codeigniter”, JOUTICA Volume 4 No.2, 2019.

PlumX Metrics

Published
2022-01-29
How to Cite
Fitriani, E., Susilo, P. H., & Budi, A. S. (2022). Sistem Cerdas Prediksi Prestasi Belajar Menggunakan Algoritma Naive Bayes di MA Sains Roudlotul Qur’an Lamongan. Generation Journal, 6(1), 58-67. https://doi.org/10.29407/gj.v6i1.16118