Evaluasi Google Classroom Menggunakan Webqual 4.0 dalam Pembelajaran Online Selama Pandemi Covid-19
DOI:
https://doi.org/10.29407/gj.v6i2.16683Keywords:
Covid-19, Google classroom, Pemrograman web, WebQual 4.0.Abstract
Abstrak – Pandemi covid-19 telah memberikan pengaruh di berbagai jenis kegiatan, terutama kegiatan pembelajaran. Pandemi mengubah sistem pembelajaran menjadi berbasis online atau daring. Pembelajaran daring merupakan upaya dimana proses pembelajaran tidak berlangsung namun dilakukan secara virtual melalui koneksi internet. Pembelajaran daring melalui media pembelajaran online merupakan peran yang penting untuk keberlangsungan pembelajaran selama covid-19 melanda. Aplikasi pembelajaran yang dipakai untuk untuk keberlangsungan pembelajaran adalah Google classroom. Website Google classroom merupakan sebuah e-learning milik perusahaan Google yang dapat dihubungkan dengan email, sehingga mudah untuk diakses. Tujuan dari penelitian adalah menghitung kualitas website Google classroom dalam perkuliahan pemrograman web pada Universitas Hasyim Asy’ari. Metode yang digunakan dalam pengukuran kualitas website Google classroom adalah WebQual 4.0. Penelitian ini dilakukan dengan memanfaatkan instrumen penelitian yang dibuat berdasarkan indikator WebQual 4.0 kemudian disebarkan kepada mahasiswa prodi Teknik Informatika semester 4. Hasil dari penelitian diperoleh jawaban responden bahwa tingkat kualitas website Google classroom berdasarkan ketiga indikator WebQual 4.0 dikategorikan baik meliputi Usability mendapatkan nilai 69%, Information Quality mendapatkan nilai 64%, dan Interaction Quality mendapatkan nilai 66%. Hasil nilai keseluruhan dari masing-masing indikator WebQual 4.0 yang didapatkan sebesar 66% dengan kategori baik.
Kata Kunci: Covid-19, Google classroom, Pemrograman web, WebQual 4.0.
References
[2] Darmawan, W., Hapsoro, H. W. 2020. Analisis Penggunaan Google classroom Sebagai Alat Pendukung Pembelajaran Blended Learning. Jurnal Teknologi Informatika dan Komunikasi, 15(1), 76-80.
[3] Fachrial, E., Indrawan, I., Wijoyo, H., Haudi. 2020. Manajemen Lulusan Berbasis Pembelajaran Online (Daring). Banyumas: CV. Pena Persada.
[4] Furkonudin., Suryadi, E., Darmanto. 2016. Evaluasi Kualitas Layanan Website E-Commerce Blibli.Com Menggunakan Metode WebQual 4.0 Terhadap Keputusan Pembelian Online. Seminar Nasional Teknologi Informasi dan Multimedia, 4(1), 7-12.
[5] Irhandayaningsih, Ana. 2020. Pengukuran literasi digital pada peserta pembelajaran daring di masa pandemi covid-19. Jurnal Anuva, 4(2), 231-240.
[6] Jusmardi., Syah, N., Irfan, D. 2019. Pengembangan Modul Pemrograman Web Berbasis Konstruktivisme Di Akademi Komunitas Pesisir Selatan. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dan Pembelajaran, 3(3), 323-331.
[7] Lestari, S., Priandini, H. 2018. Implementasi Metode Importance Performance Analysis Dan WebQual Dalam Penggunaan Website Direktorat Jenderal Bea Dan Cukai. Jurnal CKI On SPOT, 11(1), 31-47.
[8] Manik, A., Salamah, I., Susanti, E. 2017. Pengaruh Metode WebQual 4.0 Terhadap Kepuasan Pengguna Website Politeknik Negeri Sriwijaya. Jurnal Elektro Telekomunikasi Terapan, 4(1), 477-484.
[9] Priyanto, Duwi. 2018. SPSS Panduan Mudah Olah Data Bagi Mahasiswa Dan Umum. Yogyakarta: CV Andi Offset.
[10] Purba, F. J. 2020. Analisis respon mahasiswa terhadap penggunaan google classroom sebagai media pembelajaran. Jurnal Curere, 4(2), 11–19.
[11] Putria, H., Maula, L. H., Uswatun, D. A. 2020. Analisis Proses Pembelajaran dalam Jaringan (Daring) Masa Pandemi Covid- 19 Pada Guru Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(4), 861-872.
[12] Sanjaya, I. 2012. Pengukuran Kualitas Layanan Website Kementerian Kominfo Dengan Menggunakan Metode WebQual 4.0. Jurnal Penelitian IPTEK-KOM, 14(1), 1-14.
[13] Suhada, I., Kurniati, T., Pramadi, A., Listiawati, M. 2020. Pembelajaran Daring Berbasis Google classroom Mahasiswa Pendidikan Biologi Pada Masa Wabah Covid-19. Laporan Penelitian. Bandung: Universitas Islam Negri Sunan Gunung jati.
[14] Winarsieh, I., Rizqiyah, I. P. Peranan Guru Dalam Pembelajaran Daring Pada Masa Pandemi Covid-19. Indonesian Journal of Teacher Education, 1(4), 159-164.
[15] Winaya, I. K. A., Darmawiguna, I. G. M., Sindu, I. G. P. 2016. Pengembangan E-Modul Berbasis Project Based Learning Pada Mata Pelajaran Pemrograman Web Kelas X Di SMK Negeri 3 Singaraja. Jurnal Pendidikan Teknologi dan Kejuruan, 13(2), 198-211.
[16] Wisudawati, Tri., Sulistyowati, Ecclisia. 2020. Pengukuran Usability Media Pembelajaran Online Google classroom (Studi Kasus: Prodi Teknik Industri UDB) Surakarta. Jurnal Innovatics, 2(1), 28-32.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
1. Copyright on any article is retained by the author(s).
2. The author grants the journal, right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work’s authorship and initial publication in this journal.
3. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal’s published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
4. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.
5. The article and any associated published material is distributed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License