Yayak Kartika Sari Prediksi Customer Churn Berbasis Adaptive Neuro Fuzzy Inference System

  • Yayak Kartika Sari Universitas Amikom
  • Kusrini Kusrini Universitas Amikom
  • Ferry Wahyu Wibowo Universitas Amikom
Abstract views: 176 , PDF downloads: 360

Abstract

Abstrak – Customer Churn adalah pelanggan yang berhenti berlangganan dan pindah
pada perusahaan lain, karena berbagai faktor. Customer churn merupakan masalah yang sangat
penting yang harus dihadaapi oleh perusahaan karena berhentinya pelanggan akan berdampak
pada retensi perusahaan. Oleh sebab itu, dibuatkan sistem prediksi customer churn untuk
mengetahui tingkat pelanggan yang churn, apabila customer churn dapat diketahui terlebih dahulu,
maka akan menguntungkan bagi pihak CRM untuk mengatur strategi-strategi mencegah pelanggan
yang melakukan churn. Untuk menentukan prediksi customer churn menggunakan teknik data
mining dengan algoritma ANFIS. Algoritma ANFIS merupakan gabungan antara jaringan syaraf
tiruan dengan fuzzy inference system. Model prediksi yang dibangun dengan metode ANFIS
menggunakan pembelajaran alur maju dan pembelajaran alur mundur, sehingga untuk melakukan
prediksi dibutuhkan nilai parameter fuzzy baru yang diperoleh dari proses pelatihan. Setelah nilai
parameter fuzzy baru didapatkan, maka akan dilakukan tahap pengujian. Pada tahap pengujian
dilakukan dengan proses pembelajaran maju untuk mendapatkan nilai prediksinya, sehingga pada
prosesnya nilai prediksi yang berupa angka dan status prediksi. Pelatihan dan pengujian ANFIS
untuk semua produk menghasilkan perbandingan nilai error rata-rata pelatihan sebesar 8,316 %

PlumX Metrics

Published
2018-04-22
How to Cite
Sari, Y. K., Kusrini, K., & Wibowo, F. W. (2018). Yayak Kartika Sari Prediksi Customer Churn Berbasis Adaptive Neuro Fuzzy Inference System. Generation Journal, 2(1), 32-39. https://doi.org/10.29407/gj.v2i1.12054