Pemodelan Sistem Informasi Persediaan Barang Milik Daerah Se Kabupaten Kotawaringin Timur Menggunakan Archimate Enterprise Architectu

  • Slamet Riyadi Universitas Darwan Ali
Abstract views: 513 , PDF downloads: 1382
Keywords: Enterprise Architecture, Archimate, Barang Milik Daerah

Abstract

Pengelolaan aset daerah/Barang Milik Daerah bukan merupakan pekerjaan yang mudah, terbukti dari masih banyaknya pengecualian kewajaran atas nilai aset pemerintah dan pemerintah daerah dalam opini BPK-RI atas laporan keuangan Pemerintah. Pemerintah Daerah mengalami kesulitan dalam pengelolaan aset sehingga menyajikan aset daerah kurang atau tidak wajar.
Tanpa sebuah visi, infrastruktur TI tidak akan dapat mendukung proses bisnis, dan sebaliknya bisnis tidak akan optimal tanpa dukungan TI. Hal ini juga terjadi di BPKAD Kotawaringin Timur dimana Sistem Informasi Pengelolaan Barang yang pernaj dibuat pada tahun 2014 belum dapat diterapkan. Hal ini terjadi karena masih ada ketidak sepakatan antar pemangku kepentingan pada proses bisnis, aplikasi, maupun pada teknologi yang digunakan ArchiMate merupakan standar dari Open Group, adalah bahasa pemodelan yang terbuka dan independen untuk Arsitektur Perusahaan yang didukung oleh berbagai vendor dan perusahaan
konsultan. Spesifikasi ArchiMate menyediakan instrumen untuk memungkinkan Arsitek Perusahaan untuk menggambarkan, menganalisis, dan memvisualisasikan hubungan antara domain bisnis dengan cara yang jelas.
Pemodelan Enterprise Architecure yang sudah dibuat sudah menggambarkanTata Kelola yang dibutuhkan dalam hal pengelolaan barang milik daerah. Oleh karena itu penerapan TI nantinya harus mengacu kepada pemodelan ini. Hal ini juga untuk menghindari resiko kegagalan penerapan IT seperti yang sudah terjadi sebelumnya

References

. P. S. Azevedo, C. Azevedo and M. Romão, "Enterprise Architecture Model : an aprproach proposition - A case study of information systems in the hospitality industry," in Proc. of the Intl. Conf. on Advances in Computing, Electronics and Communication- ACEC 2013, Zurich, 2013.

. M. Lankhorst and H. v. Drunen, "Enterprise Architecture Development and Modelling. Combining TOGAF and ArchiMate," Via Nova Aarchitectura, DE ZILK , 2007.

. R. Rijo, R. Martinho and D. Ermida, "Developing an Enterprise Architecture Proof of Concept in a Portuguese Hospital," in Conference on ENTERprise Information Systems/International Conference on Project MANagement/Conference on Health and Social Care Information Systems and Technologies, 2015.

. M. Lankhorst, Enterprise Architecture at Work: Modelling, Communication, and Analysis. Berlin: Springer, pp. 345.2005

. ISO/IEC/IEEE, “Survey of Architecture Frameworks” 2014. [Online]. Available: http://www.iso-architecture.org/ieee1471/afs/frameworks-table.html. Diakses tanggal 18 Juni 2020.

. T. O. Group, “Archimate 2.0 Specification”, The Open Group, Berkshire, UK, 2012.

. https://www.opengroup.org, diakses tanggal 18 juni 2020.

. https://pubs.opengroup.org/architecture/archimate3-doc/chap10.htm

PlumX Metrics

Published
2020-08-12
How to Cite
Riyadi, S. (2020). Pemodelan Sistem Informasi Persediaan Barang Milik Daerah Se Kabupaten Kotawaringin Timur Menggunakan Archimate Enterprise Architectu. Generation Journal, 4(2), 77-83. https://doi.org/10.29407/gj.v4i2.14490