PENERAPAN ALGORITMA APRIORI UNTUK MENENTUKAN TATA LETAK MENEMPATKAN BARANG DAGANGAN “TOKO MEKAR SARI” DI BLITAR

Authors

  • Zunita Wulansari Universitas Islam Balitar Blitar
  • Mukh Taofik Chulkamdi universitas islam balitar

DOI:

https://doi.org/10.29407/gj.v6i1.16416

Keywords:

Data Mining, Algoritma Apriori, Produk Display

Abstract

Mendefinisikan produk dengan cara menampilkan sebuah produk dengan metode tertentu untuk menarik minat konsumen. Penataan barang disebut pameran namun pada kenyataannya masih banyak penjual yang tidak memperhatikan tampilan produk. Dengan memastikan banyak konsumen tidak membeli produk lain karena peletakan yang salah, mempertahankan pendapatan toko dan meningkatkan penjualan. Oleh karena itu peneliti mengembangkan sistem dan melakukan penelitian ini untuk membantu meningkatkan penjualan pada toko kelontong Mekar Sari. Ada solusi dari permasalahan yang ada di toko kelontong Mekar Sari. Dengan kata lain, data mining diterapkan untuk menentukan tata letak suatu produk dengan menggunakan metode apriori, dan hasilnya nanti dapat digunakan sebagai panduan lokasi di toko kelontong Mekar Sari untuk menentukan dan memandu tampilan produk. Mempromosikan produk yang kurang laku supaya lebih cepat penjualannya. Berdasarkan literatur  yang  ditinjau, diketahui bahwa algoritma apriori digunakan untuk menentukan solusi tata letak toko kelontong Mekar Sari, yang dapat diperhitungkan saat menentukan tata letak dan strategi penjualan yang lebih efektif.

References

Aprizal, Hasriani, & Ningsih. (2016). Implementasi Data Mining Untuk Penentuan Posisi. Techno.COM, 8.

Hariguna, Hasanah, & Susanti. (2018). Sales Transaction Data Analysis Using Apriori Algorithm To Determine The Layout Of The Goods.

International Journal of Informatics and Information Systems, 8.

Kusrini, & lutfi. (2009). Algoritma Data MIning. Yogyakarta: Andi.

Listriani, S. E. (2016). Penerapan Metode Asosiasi Menggunakan Algoritma Apriori Pada Aplikasi Analisa Pola Belanja Konsumen. Jurnal Teknik

Informatika, 8.

Maharani, Hasibuan, Silalahi, Nasution, Mesran, Suginam, et al. (2017). Implementasi Data Mining untuk Pengaturan Layout Minimarket dengan

Menerapkan Association Rule. Jurnal Riset Komputer (JURIKOM), 6.

Marsono. (2019). Penerapan Data Mining Pengaturan Pola Tata Letak Barang Pada Berkah Swalayan Untuk Strategi Penjualan Menggunakan

Algoritma Apriori. Informatika Dan Teknologi Jaringan, 6.

Nursikuwagus, & Hartono. (2016). IMPLEMENTASI ALGORITMA APRIORI UNTUK ANALISIS PENJUALAN DENGAN BERBASIS WEB. SIMETRIS, 6.

Purba, & Ginting. (2018). Implementasi Algoritma Apriori Untuk Mencari Relasipada Transaksi Pembelian Alat-Alat Kesehatan (Studi Kasus: RS.

ESTOMIHI). Majalah Ilmiah INTI, 7.

Tarigan. (2017). Penerapan Algoritma Apriori untuk Menentukan Barang Terlaris (Studi Kasus : PT. INDOMARCO PRISMATAMA MEDAN). Majalah

Ilmiah INTI, 2.

Winata, A. D. (2017). ANALISIS DAN PREDIKSI PENJUALAN PRODUK TERLARIS DISTRO “ROOT SHOES” DENGAN APLIKASIANDROID. Electronic

Theses and Dissertations, 18.

Wulandari, & Rahayu. (2014). Pemanfaatan Algoritma Apriori Untuk Perancangan Ulang Tata Letak Barang Di Toko Busana. SNATI, 6

Downloads

PlumX Metrics

Published

2022-01-29

How to Cite

Wulansari, Z. ., & Chulkamdi, M. T. (2022). PENERAPAN ALGORITMA APRIORI UNTUK MENENTUKAN TATA LETAK MENEMPATKAN BARANG DAGANGAN “TOKO MEKAR SARI” DI BLITAR. Generation Journal, 6(1), 45–57. https://doi.org/10.29407/gj.v6i1.16416