PENERAPAN ALGORITMA APRIORI UNTUK MENENTUKAN TATA LETAK MENEMPATKAN BARANG DAGANGAN “TOKO MEKAR SARI” DI BLITAR
Abstract
Mendefinisikan produk dengan cara menampilkan sebuah produk dengan metode tertentu untuk menarik minat konsumen. Penataan barang disebut pameran namun pada kenyataannya masih banyak penjual yang tidak memperhatikan tampilan produk. Dengan memastikan banyak konsumen tidak membeli produk lain karena peletakan yang salah, mempertahankan pendapatan toko dan meningkatkan penjualan. Oleh karena itu peneliti mengembangkan sistem dan melakukan penelitian ini untuk membantu meningkatkan penjualan pada toko kelontong Mekar Sari. Ada solusi dari permasalahan yang ada di toko kelontong Mekar Sari. Dengan kata lain, data mining diterapkan untuk menentukan tata letak suatu produk dengan menggunakan metode apriori, dan hasilnya nanti dapat digunakan sebagai panduan lokasi di toko kelontong Mekar Sari untuk menentukan dan memandu tampilan produk. Mempromosikan produk yang kurang laku supaya lebih cepat penjualannya. Berdasarkan literatur yang ditinjau, diketahui bahwa algoritma apriori digunakan untuk menentukan solusi tata letak toko kelontong Mekar Sari, yang dapat diperhitungkan saat menentukan tata letak dan strategi penjualan yang lebih efektif.
References
Aprizal, Hasriani, & Ningsih. (2016). Implementasi Data Mining Untuk Penentuan Posisi. Techno.COM, 8.
Hariguna, Hasanah, & Susanti. (2018). Sales Transaction Data Analysis Using Apriori Algorithm To Determine The Layout Of The Goods.
International Journal of Informatics and Information Systems, 8.
Kusrini, & lutfi. (2009). Algoritma Data MIning. Yogyakarta: Andi.
Listriani, S. E. (2016). Penerapan Metode Asosiasi Menggunakan Algoritma Apriori Pada Aplikasi Analisa Pola Belanja Konsumen. Jurnal Teknik
Informatika, 8.
Maharani, Hasibuan, Silalahi, Nasution, Mesran, Suginam, et al. (2017). Implementasi Data Mining untuk Pengaturan Layout Minimarket dengan
Menerapkan Association Rule. Jurnal Riset Komputer (JURIKOM), 6.
Marsono. (2019). Penerapan Data Mining Pengaturan Pola Tata Letak Barang Pada Berkah Swalayan Untuk Strategi Penjualan Menggunakan
Algoritma Apriori. Informatika Dan Teknologi Jaringan, 6.
Nursikuwagus, & Hartono. (2016). IMPLEMENTASI ALGORITMA APRIORI UNTUK ANALISIS PENJUALAN DENGAN BERBASIS WEB. SIMETRIS, 6.
Purba, & Ginting. (2018). Implementasi Algoritma Apriori Untuk Mencari Relasipada Transaksi Pembelian Alat-Alat Kesehatan (Studi Kasus: RS.
ESTOMIHI). Majalah Ilmiah INTI, 7.
Tarigan. (2017). Penerapan Algoritma Apriori untuk Menentukan Barang Terlaris (Studi Kasus : PT. INDOMARCO PRISMATAMA MEDAN). Majalah
Ilmiah INTI, 2.
Winata, A. D. (2017). ANALISIS DAN PREDIKSI PENJUALAN PRODUK TERLARIS DISTRO “ROOT SHOES” DENGAN APLIKASIANDROID. Electronic
Theses and Dissertations, 18.
Wulandari, & Rahayu. (2014). Pemanfaatan Algoritma Apriori Untuk Perancangan Ulang Tata Letak Barang Di Toko Busana. SNATI, 6
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
1. Copyright on any article is retained by the author(s).
2. The author grants the journal, right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work’s authorship and initial publication in this journal.
3. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal’s published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
4. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.
5. The article and any associated published material is distributed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License