Perencanaan E-Commerce sebagai Strategi Penjualan Produk Batik Tenun di Kota KEDIRI

Perencanaan E-Commerce sebagai Strategi Penjualan Produk Batik Tenun di Kota KEDIRI

  • nizar zakaria Teknik Informatika Universitas Wahidiyah Kediri
Abstract views: 5 , Download downloads: 3
Keywords: E-Commerce, Open Source, Prestashop

Abstract

Dalam dunia bisnis, website dalam bentuk e-commerce sudah merupakan kebutuhan dari suatu bisnis untuk mengembangkan usaha karena memiliki berbagai manfaat. E-commerce memiliki manfaat yang sangat besar bagi pelaku usaha, antara lain para konsumen tidak perlu datang ke toko penjual untuk memilih barang yang ingin dibeli, dan dari segi keuangan konsumen dapat menghemat biaya yang dikeluarkan, apabila lokasi toko jauh, konsumen dapat menghemat ongkos perjalanan dengan diganti biaya pengiriman yang jauh lebih murah dan bermanfaat bagi pengguna, maka dapat dilihat bahwa penerapan teknologi informasi yang baru itu dapat diterima oleh pengguna.Tujuan penelitian ini adalah mendiskripsikan sistem penjualan yang berjalan saat ini, mengidentifikasi permasalahan yang ada serta melakukan Implementasi E-Commerce guna memberikan solusi atas permasalahan yang dihadapi. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah melalui proses wawancara dengan narasumber, observasi langsung beberapa proses yang ada, dan studi pustaka mengenai Implementasi E-Commerce. Hasil penelitian ini adalah melakukan Implementasi Sistem E-Commerce dengan menggunkan program open source bernama Prestashop. Dengan menggunakan Prestashop sistem penjualan dapat berjalan dengan baik dimana para pelaku usaha batik tenun tidak perlu menggunakan media promosi berupa penyebaran brosur serta spanduk yang membutuhkan biaya yang banyak. Dengan melakukan Implementasi E-Commerce menggunakan program prestashop sistem akan berjalan dengan lebih efektif dan efisien

References

a. McLeod, R. dan Schell, Jr., G. P., 2008, Management Information System, Edisi 10,Jakarta: Salemba Empat.
b. Hidayat, Taufik. 2008. Panduan Membuat Toko Online dengan OSCommerce, Jakarta :Mediakita
c. Prihatna, Henky. 2005. Kiat praktis menjadi web master professional. Jakarta. : PT.Elexmedia computer.
d. Fatta, Hanif Al.2007 “Analisis & Perancangan Sistem informasi”,.Yogyakarta Penerbit ANDI.
e. Jogiyanto, H.M., (2005), Analisa dan Desain Sistem Informasi: Pendekatan Terstruktur Teori dan Praktik Aplikasi Bisnis, ANDI, Yogyakarta
f. Jogiyanto, HM. 2009. Analisis dan Desain. Yogyakarta : Andi OFFSET
g. Jogiyanto, 2010. Analisis dan Desain Sistem Informasi, Edisi IV, Andi Offset, Yogyakarta
Published
2020-03-18
How to Cite
zakaria, nizar. (2020). Perencanaan E-Commerce sebagai Strategi Penjualan Produk Batik Tenun di Kota KEDIRI: Perencanaan E-Commerce sebagai Strategi Penjualan Produk Batik Tenun di Kota KEDIRI. Generation Journal, 4(1), 23-30. https://doi.org/10.29407/gj.v4i1.13779