Pengembangan Media Interaktif Berdiferensiasi PaSiBaTer untuk Menguatkan Karakter Kepedulian Siswa Kelas 5 Sekolah Dasar
Isi Artikel Utama
Abstrak
Praktik pembelajaran Pendidikan Pancasila belum mampu membentuk karakter dan mengakomodasi kebutuhan belajar seluruh siswa. Optimalisasi teknologi diperlukan dalam mendukung pembelajaran. Melalui media interaktif berdiferensiasi PaSiBaTer, akronim dari pasangkan kartu, simak video, baca bahan bacaan dan terapkan nilai Pancasila diharapkan dapat menguatkan karakter kepedulian siswa kelas V. Jenis penelitian pengembangan (R & D) yang mengadopsi langkah-langkah Borg and Gall. Tahapan penelitian meliputi: 1) analisis kebutuhan dan perencanaan; 2) pengembangan media, validasi, revisi; 3) implementasi dengan uji coba kelompok kecil dan lapangan; 4) mengukur efektivitas. Validasi ahli media untuk tampilan 82,5; video 84,7; bahan bacaan 84,7 dengan kriteria sangat valid. Skor validasi ahli materi 97,5 dengan kriteria sangat valid. Hasil observasi pembelajaran menunjukkan kriteria praktikalitas media sangat tinggi. Keefektivan media dibuktikan hasil uji-t SPSS 29, data observasi karakter siswa sebelum dan sesudah penggunaan media dengan nilai signifikansi <0,001. Terdapat perbedaan signifikan antara sebelum dan sesudah penggunaan media terhadap penguatan karakter kepedulian siswa.
Unduhan
Rincian Artikel

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Copyright on any article is retained by the author(s).
- The author grants the journal, the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work’s authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal’s published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.
- The article and any associated published material is distributed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License
Referensi
Angela, P., Andini, S. A., Rohmah, A. N., Guru, P., & Dasar, S. (2023). Pengembangan Media Pembelajaran Video Animasi untuk Penguatan Karakter Toleransi pada Siswa Sekolah Dasar 01 Sumberjaya. Jurnal Pendidikan Tambusai, 7(3), 30727–30733.
Arie, K., Murni, W., Assabilah, A. D., & Murni, A. W. (2023). Artikel Nusantara Educational Review Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif JERA pada Mata Pelajaran PPKn Materi Mengenal Pengamalan Nilai-Nilai Pancasila dalam Kehidupan Sehari-Hari Kelas V SDN Sumokali Candi. In NER (Vol. 1, Issue 1). https://journal.unusida.ac.id/index.php/ner/
Edwita, A. (2020). Membangun Karakter Melalui Pendidikan di Era Digital. Jakarta: Penerbit Prenada Media.
Indra, Adi Darma & Azis, Abdul & Dewi, L. G. M. W. (2021). Pendidikan Pancasila (M. F. JUbaedi (Ed.)). Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi.
Nugroho, I. A., & Surjono, H. D. (2019). Pengembangan Multimedia Pembelajaran Interaktif Berbasis Video Materi Sikap Cinta Tanah Air dan Peduli Lingkungan. Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan, 6(1), 29–41. https://doi.org/10.21831/jitp.v6.1.15911
Nurhikmah, A., Madianti, H. P., Azzahra, P. A., & Marini, A. (2023). Pengembangan Media Pembelajaran Melalui Game Educandy Untuk Meningkatkan Karakter Belajar Siswa Di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dan Sosial Humaniora, 2(3), 442.
Risal, Z., Hakim, R., & Abdullah, A. R. (2022). Metode Penelitian dan Pengembangan Research and Development (R&D) Konsep, Teori-teori dan Desan Penelitian (Z. R. Bahar (Ed.)). CV Literasi Nusantara Abadi.
Sa’adah, R. N., & Wahyu. (2022). Metode Penelitian R&D (Research and Development) Kajian Teoritis dan Aplikatif (A. R. Abdullah (Ed.)). CV Literasi Nusantara Abadi.
Sanjaya, P. A., Pageh, I. M., & Suastika, I. N. (2023). Bahan Ajar E-Modul Book Creator untuk Pembelajaran IPS Berdiferensiasi di Sekolah Penggerak. Jurnal Ilmiah Pendidikan Profesi Guru, 6(2), 410–421.
Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Pendidikan. CV Alfabeta.
Tomlinson, C. A. (2001). How to Differentiate Instruction in Mixed-Ability Classrooms. Alexandria, VA: Association for Supervision and Curriculum Development (ASCD).
Ulfa Kurniyawati, S., Sri Nugraheni UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, A., & Sunan Kalijaga Yogyakarta, U. (n.d.). ELSE (Elementary School Education Journal) Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Gawai pada Pembelajaran PPKn Kelas 3 SD/ MI di Masa Pandemi Covid-19.
Wahyuningsih, E., & Mustadi, A. (2016). Pengembangan Multimedia Lectora Pembelajaran Tematik-Integratif Untuk Peningkatan Nilai Karakter Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Karakter, 7(1), 29–47. https://doi.org/10.21831/jpk.v0i1.10729
Yanti, C. O. D., Anggraini, F., & Darwanto. (2019). Media Pembelajaran Matematika Interaktif Dalam Upaya Menumbuhkan Karakter Siswa. Semnasfip, 201–206. https://jurnal.umj.ac.id/index.php/SEMNASFIP/article/view/5128
Yuniarto, B., Lama’atushabakh, M., Maryanto, M., & Habibi, A. (2022). Pendidikan Pancasila Dalam Kurikulum Merdeka. Jurnal Sosial Sains, 2(11), 1170–1178. https://doi.org/10.59188/jurnalsosains.v2i11.522