Value Clarification Technique (VCT) Untuk Meningkatkan Perilaku Respect Mahasiswa
Isi Artikel Utama
Abstrak
Fenomena yang terjadi saat ini, mahasiswa cenderung tidak mampu menerima perbedaan, bekerja sama dengan kelompok yang berbeda, dan menghargai perbedaan. Padahal, dalam menjalankan aktivitas sebagai mahasiswa dan masyarakat, mahasiswa perlu memiliki perilaku respect sebagai modal untuk berinteraksi dengan lingkungannya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan Teknik Value Clarification Technique terhadap perilaku respect mahasiswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen menggunakan desain True Experimental, Pre-test and Post-test Control Group Design. Alat pengumpul data menggunakan angket perilaku respect dan teknik penarikan sampel menggunakan simple random sampling. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa Program Studi Bimbingan Konseling Islam UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung yang berjumlah 148, dan sampel yang berjumlah 60 mahasiswa, yang kemudian dibagi menjadi dua kelompok: kelompok eksperimen dan kelompok kontrol, masing-masing terdiri dari 30 mahasiswa. Teknik analisis data menggunakan Uji Wilcoxon dan N-Gain Score. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat peningkatan perilaku respect yang signifikan pada mahasiswa yang mendapatkan intervensi Teknik VCT, dan Teknik VCT memiliki keefektifan pada tingkat sedang dalam meningkatkan perilaku respect.
Unduhan
Rincian Artikel
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Copyright on any article is retained by the author(s).
- The author grants the journal, the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work’s authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal’s published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.
- The article and any associated published material is distributed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License
Referensi
Davis, K & Gardner, H. (2014). Five Minds Our Children Deserve: Why They’re Needed, How to Nurture Them. Journal of Educational Controversy.
Detik.com. (2022). Hasil Lengkap Asesmen Nasional 2021. https://www.detik.com/edu/edutainment/d-6011654/yang-ditunggu-ini-hasil-lengkap-asesmen-nasional-2021
Gardner, H. (2007). Five Minds For The Future : Lima Jenis Pikiran Yang Penting Di Masa Depan. Gramedia Pustaka Utama.
Gaze. (2003). Reception For Diversity in an Overseas U.s. Navi Medical Treatment Facility.
Hall, B. (1973). Values Clarification as Learning Process. Paulist Press.
Hollan, D. (2008). Being there: On the imaginative aspects of understanding others and being understood. Ethos, 36(4), 475–489. https://doi.org/10.1111/j.1548-1352.2008.00028.x
Jateng.tribunnews. (2018). Dikeroyok Siswa di Kelas Viral. https://jateng.tribunnews.com/2018/11/12/berita-lengkap-video-guru-smk-nu-03-kaliwungu-terlihat-dikeroyok-siswa-di-kelas-viral
Lickona, T. (1991). Educating for Character: How Our School Can Teach Respect and Responsibility. Bantam Books.
Lickona, T. (2012). Character Matters (Persoalan Karakter). Bumi Aksara.
Lickona, T. (2013). Pendidikan Karakter: Mendidik Untuk Membentuk Karakter Bagaimana Sekolah Dasar Mengajarkan Sikap Hormat Dan Tanggung Jawab. Bumi Aksara.
Liputan6.com. (2019). Dilarang Merokok di Kelas, Siswa SMP Tantang Guru Berkelahi. https://www.liputan6.com/regional/read/3891860/dilarang-merokok-di-kelas-siswa-smp-tantang-guru-berkelahi
Seider, S., Davis, K., & Gardner, H. (2009). Morality, ethics and good work: Young people’s respectful and ethical minds. In Morality, Ethics, and Gifted Minds. Springer Science. https://doi.org/10.1007/978-0-387-89368-6_16
Shertzer, B., & Stone, S. C. (1981). Fundamentals of Guidance (4th ed.). Houghton Mifflin.
Simfoni-PPA. (2023). Kekerasan. https://kekerasan.kemenpppa.go.id/ringkasan
Simon, S. B. (1972). Values Clarification, A Handbook of Practical Strategies for Teachers and Students. Hart Publising Company.
Soekamto. (2005). Sosiologi Suatu Pengantar. PT Raja Grafindo Persada.
Suara.com. (2023). Kronologi Mahasiswi Bercadar UIN Jambi Dibully di Lift, Pelaku Langsung Dipanggil Rektorat. https://www.suara.com/lifestyle/2023/10/14/095032/kronologi-mahasiswi-bercadar-uin-jambi-dibully-di-lift-pelaku-langsung-dipanggil-rektorat
Sutarjo, A. (2012). Pembelajaran Nilai-Karakter. Raja Grafindo Persada.
Voaindonesia.com. (2018). Kasus SMP Gresik: Mengapa Belakangan Banyak Siswa Tantang Guru? https://www.voaindonesia.com/a/smp-gresik-siswa-menantang-guru-mengapa/4782290.html
Wang, L., MacCann, C., Zhuang, X., Liu, O. L., & Roberts, R. D. (2009). Assessing Teamwork and Collaboration in High School Students. Journal of School Psychology, 24, 108.
Wijayanti, A. (2015). Implementasi Pendekatan Values Clarivication Technique (Vct) dalam Pembelajaran IPS di Sekolah Dasar. SOCIA: Jurnal Ilmu-Ilmu Sosial, 10(1), 72–79. https://doi.org/10.21831/socia.v10i1.5343
Wood, M. , O’Connell, Kristina, Pilcher, J. (2007). Teamwork On A Cognitive Task During A Night Of Sleep Deprivation And Sustained Operations. Proceedings of the Human Factors and Ergonomics Society Annual Meeting, 51(18), 1070–1072.