Value Clarification Technique (VCT) Untuk Meningkatkan Perilaku Respect Mahasiswa

Isi Artikel Utama

Febranti Putri Navion

Abstrak

Fenomena yang terjadi saat ini, mahasiswa cenderung tidak mampu menerima perbedaan, bekerja sama dengan kelompok yang berbeda, dan menghargai perbedaan. Padahal, dalam menjalankan aktivitas sebagai mahasiswa dan masyarakat, mahasiswa perlu memiliki perilaku respect sebagai modal untuk berinteraksi dengan lingkungannya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan Teknik Value Clarification Technique terhadap perilaku respect mahasiswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen menggunakan desain True Experimental, Pre-test and Post-test Control Group Design. Alat pengumpul data menggunakan angket perilaku respect dan teknik penarikan sampel menggunakan simple random sampling. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa Program Studi Bimbingan Konseling Islam UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung yang berjumlah 148, dan sampel yang berjumlah 60 mahasiswa, yang kemudian dibagi menjadi dua kelompok: kelompok eksperimen dan kelompok kontrol, masing-masing terdiri dari 30 mahasiswa. Teknik analisis data menggunakan Uji Wilcoxon dan N-Gain Score. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat peningkatan perilaku respect yang signifikan pada mahasiswa yang mendapatkan intervensi Teknik VCT, dan Teknik VCT memiliki keefektifan pada tingkat sedang dalam meningkatkan perilaku respect.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Rincian Artikel

Cara Mengutip
Navion, F. P. (2024). Value Clarification Technique (VCT) Untuk Meningkatkan Perilaku Respect Mahasiswa. Nusantara of Research : Jurnal Hasil-Hasil Penelitian Universitas Nusantara PGRI Kediri, 11(1), 46–58. https://doi.org/10.29407/nor.v11i1.22149
Bagian
Artikel

Referensi

Davis, K & Gardner, H. (2014). Five Minds Our Children Deserve: Why They’re Needed, How to Nurture Them. Journal of Educational Controversy.

Detik.com. (2022). Hasil Lengkap Asesmen Nasional 2021. https://www.detik.com/edu/edutainment/d-6011654/yang-ditunggu-ini-hasil-lengkap-asesmen-nasional-2021

Gardner, H. (2007). Five Minds For The Future : Lima Jenis Pikiran Yang Penting Di Masa Depan. Gramedia Pustaka Utama.

Gaze. (2003). Reception For Diversity in an Overseas U.s. Navi Medical Treatment Facility.

Hall, B. (1973). Values Clarification as Learning Process. Paulist Press.

Hollan, D. (2008). Being there: On the imaginative aspects of understanding others and being understood. Ethos, 36(4), 475–489. https://doi.org/10.1111/j.1548-1352.2008.00028.x

Jateng.tribunnews. (2018). Dikeroyok Siswa di Kelas Viral. https://jateng.tribunnews.com/2018/11/12/berita-lengkap-video-guru-smk-nu-03-kaliwungu-terlihat-dikeroyok-siswa-di-kelas-viral

Lickona, T. (1991). Educating for Character: How Our School Can Teach Respect and Responsibility. Bantam Books.

Lickona, T. (2012). Character Matters (Persoalan Karakter). Bumi Aksara.

Lickona, T. (2013). Pendidikan Karakter: Mendidik Untuk Membentuk Karakter Bagaimana Sekolah Dasar Mengajarkan Sikap Hormat Dan Tanggung Jawab. Bumi Aksara.

Liputan6.com. (2019). Dilarang Merokok di Kelas, Siswa SMP Tantang Guru Berkelahi. https://www.liputan6.com/regional/read/3891860/dilarang-merokok-di-kelas-siswa-smp-tantang-guru-berkelahi

Seider, S., Davis, K., & Gardner, H. (2009). Morality, ethics and good work: Young people’s respectful and ethical minds. In Morality, Ethics, and Gifted Minds. Springer Science. https://doi.org/10.1007/978-0-387-89368-6_16

Shertzer, B., & Stone, S. C. (1981). Fundamentals of Guidance (4th ed.). Houghton Mifflin.

Simfoni-PPA. (2023). Kekerasan. https://kekerasan.kemenpppa.go.id/ringkasan

Simon, S. B. (1972). Values Clarification, A Handbook of Practical Strategies for Teachers and Students. Hart Publising Company.

Soekamto. (2005). Sosiologi Suatu Pengantar. PT Raja Grafindo Persada.

Suara.com. (2023). Kronologi Mahasiswi Bercadar UIN Jambi Dibully di Lift, Pelaku Langsung Dipanggil Rektorat. https://www.suara.com/lifestyle/2023/10/14/095032/kronologi-mahasiswi-bercadar-uin-jambi-dibully-di-lift-pelaku-langsung-dipanggil-rektorat

Sutarjo, A. (2012). Pembelajaran Nilai-Karakter. Raja Grafindo Persada.

Voaindonesia.com. (2018). Kasus SMP Gresik: Mengapa Belakangan Banyak Siswa Tantang Guru? https://www.voaindonesia.com/a/smp-gresik-siswa-menantang-guru-mengapa/4782290.html

Wang, L., MacCann, C., Zhuang, X., Liu, O. L., & Roberts, R. D. (2009). Assessing Teamwork and Collaboration in High School Students. Journal of School Psychology, 24, 108.

Wijayanti, A. (2015). Implementasi Pendekatan Values Clarivication Technique (Vct) dalam Pembelajaran IPS di Sekolah Dasar. SOCIA: Jurnal Ilmu-Ilmu Sosial, 10(1), 72–79. https://doi.org/10.21831/socia.v10i1.5343

Wood, M. , O’Connell, Kristina, Pilcher, J. (2007). Teamwork On A Cognitive Task During A Night Of Sleep Deprivation And Sustained Operations. Proceedings of the Human Factors and Ergonomics Society Annual Meeting, 51(18), 1070–1072.