Pengembangan Skala Psikologis Profil Pelajar Pancasila Bernalar Kritis Pada Fase D Sebagai Instrumen Asesmen Diagnostik Dalam Layanan Bk Berbasis Kurikulum Merdeka
Isi Artikel Utama
Abstrak
Profil mahasiswa Pancasila merupakan arah tujuan pendidikan di Indonesia. Terdapat enam dimensi yang harus dikuasai oleh siswa untuk dapat menjadi individu yang berkompeten, antara lain 1) keimanan, ketaqwaan kepada Tuhan Yang Maha Esa, dan akhlak mulia, 2) kemandirian, 3) gotong royong, 4) kebhinekaan global, 5) penalaran kritis, dan 6) kreatif. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengembangkan skala psikologis dimensi penalaran kritis untuk proses asesmen diagnostik siswa di sekolah. Terdapat lima dimensi dalam penalaran kritis, yaitu argumentasi, asumsi, deduksi, interpretasi, dan kesimpulan. Sementara itu, item pernyataan skala penalaran kritis berjumlah 44. Penelitian ini mengadopsi model pengembangan Gregory dengan menggunakan enam langkah, yaitu mendefinisikan tes, memilih metode penskalaan, mengkonstruksi item, menguji coba item, merevisi tes, dan menerbitkan tes. Hasil penelitian menunjukkan akseptabilitas skala penalaran kritis, berdasarkan uji ahli yang dilakukan terhadap dua orang ahli dari pakar BK menunjukkan skor 0,5. Penelitian lebih lanjut diperlukan untuk meningkatkan validitas dan reliabilitas skala psikologi yang telah dikembangkan, mungkin melalui uji eksperimental yang lebih luas atau pengembangan media pendukung.
##plugins.generic.usageStats.downloads##
Rincian Artikel
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Copyright on any article is retained by the author(s).
- The author grants the journal, the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work’s authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal’s published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.
- The article and any associated published material is distributed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License
Referensi
Amir, S. (2013). Pancasila as integration philosophy of education and national character. International journal of scientific & technology research, 2(1), 54-57.
Antari, L. P. S., & Liska, L. D. (2020). Implementasi Nilai Pancasila dalam Penguatan Karakter Bangsa. Widyadari, 21(2),676-687.
Arikunto, S. (2004). Prosedur Penelitian (Suatu Pendekatan Praktik). Jakarta: Rineka Cipta.
Arofah, L. & Nawantara, R.D. (2019). Pentingnya Critical Thinking Bagi Siswa dalam Menghadapi Society 5.0. Prosiding Seminar Pendidikan Dan Pengajaran (Semdikjar) 3, 3, hal. 538-545.
Arofah, L., Andrianie, S., & Ariyanto, R.D. (2021). Skala Karakter Religius Sebagai Alat Ukur Karakter Religius Bagi Siswa Sekolah Menengah Kejuruan. Jurnal PINUS: Jurnal Penelitian Inovasi Pembelajaran, 6 (2), 16 – 28. doi: https://doi.org/10.29407/pn.v6i1.14992.
Bangun, A. V. and Pragholapati, A. (2021). Enhancing critical thinking skills in nursing higher education in preparation for the industrial revolution 4.0. KnE Life Sciences, 793-804. https://doi.org/10.18502/kls.v6i1.8756
Bustari, M., & Putri, M. R. N. (2023) Opportunities and Challenges of Kurikulum Merdeka Implementation at Sekolah Alam Bukittinggi. Jurnal Sunan Doe, 1(6), 536 – 544. https://doi.org/10.58330/ese.v1i6.263
Eldeep, N. M. and Soliman, S. M. (2019). Critical thinking and nursing administration clinical judgment skills for baccalaureate nursing students at damanhour university. International Journal of Advance Research in Nursing, 2(2), 120-124. https://doi.org/10.33545/nursing.2019.v2.i2.b.66
Gregory, R.J. (2013). Tes Psikologi: sejarah, prinsip, dan aplikasi (edisi 6). Terjemahan Amitya Kumara dan Mikael Seno. 2013. Jakarta: Erlangga.
Hanggara, G. S., Arofah, L., & Andrianie, S. (2020). Skala Kesadaran gender untuk Siswa Sekolah Dasar (SKG-SD). PINUS: Jurnal Penelitian Inovasi Pembelajaran, 6(1), 75–89. https://doi:10.29407/pn.v6i1.14902.
Hanurawan, F. (2020). Filsafat Manusia untuk Psikologi. Bandung: Remaja Rosdakarya.
HAO, L. (2023). Using the blended classroom to cultivate critical thinking for english major students in china. International Journal of Research in Education Humanities and Commerce, 04(05), 162-168. https://doi.org/10.37602/ijrehc.2023.4514
Hidayah, N. (2015). Mengasah Keterampilan Berpikir Kritis dan Kreatif. Prosiding Seminar Nasional Bimbingan dan Konseling PD ABKIN. Adi Buana University Press.
Hidayah, N., dkk. (2020). Developing Critical Thinking Skills Test In Indonesia. Palarch’s Journal Of Archaeology Of Egypt/Egyptology, 17(3), 815-826.
Khasanah, L., Hariastuti, R., & Darminto, E. (2022). Program halo bk: solusi pelayanan bimbingan dan konseling dimasa pandemi covid-19. Nusantara of Research Jurnal Hasil-Hasil Penelitian Universitas Nusantara PGRI Kediri, 9(1), 82-91. https://doi.org/10.29407/nor.v9i1.16203
Nuraida, D. (2020). Analisis Aspek-Aspek Berpikir Kritis Mahasiswa Sebagai Langkah Awal Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Mereka. Prosiding Seminar Nasional Penelitian dan Pengabdian Masyarakat, 5 (2), Hal. 1-3.
Olivia, R., Rahmi, D., Yuniati, S., & Kurniati, A. (2024). Systematic Literature Review: Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Ditinjau Dari Gaya Belajar. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 9 (2), 896–903. https://doi.org/10.29303/jipp.v9i2.2167.
Pogrebnaya, I. and Mikhailova, S. (2023). Critical thinking competence as one of the key skills for bachelors of ecology in the era of the fourth industrial revolution. E3S Web of Conferences, 458, 06011. https://doi.org/10.1051/e3sconf/202345806011
Tanod, M. J. (2018). Upaya guru bimbingan dan konseling dalam meningkatkan sikap sosial siswa melalui pendekatan client centered therapi pada siswa smp. KONSELI: Jurnal Bimbingan Dan Konseling (E-Journal), 5(2), 85. https://doi.org/10.24042/kons.v5i2.2686
Yanti, E., Efendi, B., & Sinaga, H. D. E. (2021). Penerapan sistem bimbingan konseling metode forward chaining mts s ppm shadr el-islam asahan. JUTSI (Jurnal Teknologi Dan Sistem Informasi), 1(3), 203-210. https://doi.org/10.33330/jutsi.v1i3.1308
ŽivkoviĿ, S. (2016). A model of critical thinking as an important attribute for success in the 21st Century. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 232, 102–108. https://doi:10.1016/j.sbspro.2016.10.034.