Validitas Dan Reliabilitas Skala Displin Diri Untuk Siswa Sekolah Menengah Pertama

Isi Artikel Utama

Laelatul Arofah

Abstrak

Disiplin diri merupakan salah satu karakter yang harus dikuasai oleh peserta didik. Individu yang memiliki disiplin diri akan mudah dalam mengatur, mengarahkan, dan mengendalikan setiap hal yang dilakukan untuk mencapai tujuan yang diinginkan. Sebaliknya individu yang kurang memiliki disiplin diri akan berdampak pada masalah akademis siswa. Untuk dapat mengetahui seberapa besar disiplin diri yang dimiliki oleh setiap individu diperlukan sebuah instrumen berupa skala psikologis disiplin diri. Melalui skala disiplin diri ini diharapkan dapat untuk memetakan seberapa tinggi tingkat disiplin diri siswa SMP. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui validitas dan reliabilitas skala disiplin diri siswa SMP. Pengembangan skala disiplin diri menggunakan langkah-langkah penyusunan instrumen dari Riduwan (2013: 32) yang terdiri dari enam langkah. Berdasarkan perhitungan menggunakan korelasi product moment dan alpha cronbach didapatkan 61 item yang valid dengan reliabilitas sebesar 0,949. Hal tersebut menunjukkan dalam kategori sangat tinggi. Diharapkan guru BK dapat memanfaatkan skala ini untuk memetakan tingkat disiplin diri siswa SMP yang berada pada kategori tinggi, sedang, dan rendah.

Downloads

Download data is not yet available.

Rincian Artikel

How to Cite
Arofah, L. (2021). Validitas Dan Reliabilitas Skala Displin Diri Untuk Siswa Sekolah Menengah Pertama. Nusantara of Research : Jurnal Hasil-Hasil Penelitian Universitas Nusantara PGRI Kediri, 8(1), 25-34. https://doi.org/10.29407/nor.v8i1.15873
Bagian
Artikel
Bookmark and Share

Referensi

Arofah, L. 2017. Pentingnya Siswa Memiliki Self Discipline Sebagai Alternatif Penguatan Karakter. Seminar Nasional Peran Bimbingan dan Konseling dalam Penguatan Pendidikan Karakter. Jogjakarta: Universitas Ahmad Dahlan.

Azwar, S. 2000. Reliabilitas dan Validitas. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Brooks, R. & Goldstein, S. 2008. Raising A Self-Disciplined Child. United States: Mc Graw Hill.

Bryant, T. 2011. Self Discipline in 10 days: How to Go from Thinking to Doing. Seattle, Washington: Human Understanding and Behavior Publishing.

Duckworth, A.L., & Seligman, M.E.P. 2005. Self-Discipline Outdoes IQ in Predicting Academic Performance of Adolescents. Psychological Science, 16 (12): 939-944.

Elstad, E. 2008. Building self-discipline to promote learning: students’ volitional strategies to navigate the demands of schooling. Springer Science + Business Media.

Etzioni, A. 1982. The Role of Self-Discipline. _: Phi Delta Kappa International.

Fauzan, L. 2013. Self Discipline Siswa Sebagai Masalah dalam Bimbingan dan Konseling: Gambaran dan Model Bantuannya. Jurnal Kajian Teori dan Praktik Kependidikan, 1 (40): 16-23.

Gorbunovs, A., Kapenieks, A., & Cakula, S. 2016. Self-discipline as a key indicator to improve learning outcomes in e-learning environment. Procedia-Social and Behavioral Sciences, 231: 256-262.

Manandar, T., & Shrestha, P. 2019. A Study on Relationship between Self-Discipline and Study Habits among Nursing Students at Bhaktapur, Nepal. International Journal of Health Sciences Research, Vol 9 (5): 242-248.

Matondang, Z 2009. Validitas dan Reliabilitas Suatu Instrumen Penelitian. Jurnal Tabularasa PPS UNIMED, 6(1): 87-97.

Papalia, D.E., Olds, S.W., & Feldman, R.D. 2009. Perkembangan Manusia. Jakarta: Salemba Humanika.

Pearman, A. & Storandt, M. 2005. Self-Discipline and Self-Consciousness Predict Subjective Memory in Older Adults. Journal of Gerontology: PSYCHOLOGICAL SCIENCES, Vol 60B (3): 153-157.

Riduwan. Skala Pengukuran Variabel-variabel Penelitian. Bandung: ALFABETA.

Sutrisno, H. 2009. Kasus Perilaku Pelanggaran Disiplin Siswa Di Sekolah Ditinjau Dari Kerangka Teori Sosiologi Fungsionalisme. Jurnal Pendidikan Inovatif, 4 (2): 60-66.

Yusup, F. 2018. Uji Validitas Dan Reliabilitas Instrumen Penelitian Kuantitatif. Jurnal Tarbiyah: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 7 (1): 17-23.