Efektivitas Layanan Informasi Dengan Menggunakan Video Animasi Untuk Mereduksi Cabin Fever Pada Mahasiswa Bimbingan dan Konseling Universitas Adi Buana Surabaya
Isi Artikel Utama
Abstrak
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh fenomena yang terjadi saat ini yakni pandemi COVID-19 yang mengharuskan karantina dan isolasi mandiri sehingga memberikan dampak seseorang terkena cabin fever. Cabin fever diartikan pada beberapa penggabungan perasaan mudah marah, kemurungan, kebosanan, depresi atau perasaan tidak puas dalam menghadapi pengurungan, cuaca buruk, rutinitas, isolasi, atau kekurangan stimulus dalam jangka waktu yang lama. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode rancangan penelitian pra-eksperimental dengan menggunakan one group pre-test post-test design. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan statistik non-parametrik dengan uji Wilcoxon yang dibantu oleh SPSS for windows versi 24.0. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa terjadi peningkatan sebelum menerima treatment yaitu 40 sedangkan setelah menerima treatment mengalami penurunan menjadi 29. Maka dengan demikian, terjadi penurunan sebesar 27,5% sehingga dapat disimpulkan bahwa bimbingan kelompok efekttif untuk mereduksi cabin fever pada mahasiswa bimbingan dan konseling angkatan 2017 Universitas Adi Buana Surabaya.
##plugins.generic.usageStats.downloads##
Rincian Artikel
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Copyright on any article is retained by the author(s).
- The author grants the journal, the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work’s authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal’s published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.
- The article and any associated published material is distributed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License
Referensi
Arsyad, Ashar. 2011. Media Pembelajaran. Jakarta:Raja Grafindo Persada.
Corey, G. (2016). Theory & Practice of Group Counseling. In Oxford World’s Classics: Livy: Rome’s Mediterranean Empire: Books Forty-One to Forty-Five and the Periochae. https://doi.org/10.1093/oseo/instance.00096853
Estacio, R. D., Lumibao, D. D., Reyes, E. A. S., & Avila, M. O. (2020). Gender Difference in Self-reported Symptoms of Cabin Fever among Quezon City University Students during the Covid19 Pandemic. International Journal of Scientific and Research Publications (IJSRP), 10(9), 848–860. https://doi.org/10.29322/ijsrp.10.09.2020.p105102
Fulk, K. (2019). Cabin fever. Architectural Digest. https://doi.org/10.2307/4020536
Healthwise. (2020). Coronavirus Disease (Covid-19), Cabin Fever. https://www.healthwise.org/blog/covid19-loneliness-cabin-fever.aspx
Jovita. (2020). Sudah Kenal Cabin Fever? Yuk, Cari Tahu Gejala dan Cara Mengatasinya di Sini! 10 Mei. https://www.beautynesia.id/berita-food/sudah-kenal-cabin-fever-yuk cari-tahu-gejala-dan-cara-mengatasinya-di-sini/b-141556
Kusumawardhani, N. (2020). Cabin Fever : Mengapa terjadi Cabin Fever ? Apakah ini sebuah penyakit ? Apa itu Cabin Fever ?
Makarim, N. A. (2020). Surat Edaran Pelaksanaan Kebijakan Pendidikan dalam Masa Darurat Penyebaran Coronavirus Disease (COVID-19) (p. 300).
Maulana, F. & L. (2020). Hati-hati terkena cabin fever di masa pandemi. 29 Apri https://lokadata.id/artikel/hati-hati-terkena-cabin-fever-di-masa-pandemi
Mirnayenti, Mirnayenti, Syahniar Syahniar, and Alizamar Alizamar. “Efektivitas Layanan Informasi Menggunakan Media Animasi Meningkatkan Sikap Anti Bullying Peserta Didik.” Konselor 4, no. 2 (2015): 84–91. https://doi.org/10.15408/sd.v3i2.4385.Permalink/DOI
Pratiwi, F. F. A. (2018). Efektivitas Layanan Informasi Menggunakan Media Animasi Dalam Mereduksi Perilaku Bullying Peserta Didik Di Smp Pgri 6 Bandar Lampung Tahun Ajaran 2018/2019. http://repositorio.unan.edu.ni/2986/1/5624.pdf
Sari, R. (2020). Setiap dari Kita Berhak Sehat Mental. 10 Oktober. https://pijarpsikologi.org/setiap-dari-kita-berhak-sehat-mental/
Sugiyono. (2010). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, R &D.Bandung: Alfabeta.
Tiarasani, Devi. (2019). Pengaruh Layanan Informasi Dengan Media Animasi Untuk Meningkatkan Pemahaman Tentang Perilaku Bullying Pada Peserta Didik Kelas Viii Mts Negeri 2 Bandar Lampung Tahun Ajaran 2019/2020. http://repository.radenintan.ac.id/16099/1/AWAL%20BAB%20II%20%26%20DAPUS.pdf
Tohirin. (2011). Bimbingan dan Konseling di Sekolah dan Madrasah. Jakarta: Rajawali Pers