Pengembangan Media Permainan Monobiling Dalam Efikasi Diri Akademik Siswa Di SMA Negeri 15 Surabaya

Isi Artikel Utama

Lofes Ardiansyah
Cindy Asli Pravesti

Abstrak

Media menjadi bagian dari pentingnya proses pemberian layanan bimbingan dan konseling di sekolah. Media dalam penelitian ini berwujud permainan monobiling. Monobiling memiliki nilai edukasi dalam meningkatkan keyakinan diri para pemainnya (siswa). Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui seberapa efektif penggunaan media permainan monobiling dalam meningkatkan efikasi diri akademik siswa. Subjek (kelompok terbatas) dari penelitian ini menggunakan siswa kelas XI yang tercatat aktif di SMA Negeri 15 Surabaya. Metode penelitian ini berbentuk pengembangan guna menghasilkan produk dan uji efektifitas produk.  Adapun teknik pengumpulan data dalam penelitian menggunakan wawancara, instrumen uji ahli media, dan skala efikasi diri akademik. Sedangkan, analisis data yang digunakan ialah inter-rater agreement. Berdasarkan hasil inter-rater agreement diketahui bahwa penggunaan permainan monobiling terhadap efikasi diri akademik siswa pada kelas XI di SMA Negeri 15 Surabaya telah layak dan efektif. Hal ini dimaksudkan guna menambah wawasan dalam penyampaian materi mengenai efikasi diri akademik siswa SMA. Kontribusi dari penelitian ini, diharapkan dapat mengoptimalkan media permainan dalam pelaksanaan layanan bimbingan dan konseling.

##plugins.generic.usageStats.downloads##

##plugins.generic.usageStats.noStats##

Rincian Artikel

Bagian
Artikel

Referensi

Ancok, D. (2002). Outbond and Training. Jogjakarta: UII Press.

Astiwi Kurniati, P. N. (2019). The Effectiveness of Group Counselling with Monopoly Game Media to Improve the Students’ Self-Confidence . 1st Borobudur International Symposium on Humanities, Economics and Social Sciences.

Bandura, A. (1986). Social Foundation of Thought and Action: A Social Cognitive Theory. Prentice Hall, Inc.

Bandura, A. (1997). Self-Efficacy: The Excercise of Control. New York.

Gregory, D. (2011). The everywhere war. The Geographical Journal, 177(3), 238–250.

Hara Permana, F. H. (2016). Hubungan Antara Efikasi Diri Dengan Kecemasan Dalam Menghadapi Ujian Pada siwa Kelas IX di MTS Al-Hikmah Brebes. Jurnal Hisbah.

Hernawati, Y. Z. (2015). Prokrastinasi Akademik Menghambat Peningkatan Prestasi Akademik Remaja di Wilayah Perdesaan. Jur. Ilm. Kel. & Kons, 163-172.

Lopez, C. R. (2006). Positive Psychology: The Scientific and Practical Explorations of Human Strengths. SAGE Publications.

Nurrita, T. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa |. Misyikat.
Prasetiawan, H. (2017). Media Dalam Layanan Bimbingan dan Konseling. The 5Th Urecol Proceding, UAD Yogyakarta.

Pratiwi, H. M. (2013). Layanan Karier Melalui Media Permainan Monopoli Untuk Meningkatkan Kemantapan Pengambilan Keputusan Studi Lanjut . Jurnal BK UNESA, 183-190.

Pravesti, C. A. (2016). Hubungan Minat Belajar dan Motivasi Belajar Terhadap Prestasi Akademik Mahasiswa Jurusan Bimbingan dan Konseling Universitas PGRI Adi Buana Surabaya. Helper: Jurnal Bimbingan dan Konseling FKIP UNIPA Surabaya.

Puspitasari, W. D. (2016). Pengaruh Sarana Belajar Terhadap Prestasi Belajar Ilmu Pengetahuan Sosial di Sekolah Dasar. Jurnal Cakrawala Pendas.

Ragil, E., Ariyanto, R.D., Ratnawati, V., Ningsih, R., & Valdino, D.R. (2019). Keefektifan Teknik Modeling Berbasis Sinema Edukasi Untuk Meningkatkan Efikasi Diri Akademik Siswa SMP. Jurnal Nusantara of Research, 50-59.

Reswita, S. W. (2018). Efektivitas Media Pasir dalam Meningkatkan Kemampuan Konsep Bilangan pada Anak Usia 5-6 Tahun di Tk Aisyiyah Bengkalis. Lectura: Jurnal Pendidikan.

Rohmawati, S. (2019). Penerapan Hasil Modifikasi Permainan Monopoli Sebagai Media Pembelajaran Berbicara Bahasa Arab. Jurnal Al Mi'yar.

Sadiman, A. S. (2010). Media Pendidikan: Pengertian, Pengembangan, dan Pemanfaatannya. Jakarta: Rajawali Pers.

Sanjaya, A. (2017). Penerapan Teknik Permainan Monopoli Dalam Bimbingan Karier Untuk Meningkatkan Jiwa Berwirausaha Siswa di SMK Telkom Makassar. Jurnal Nalar Pendidikan, 562-571.

Sawitri, I. P. (2018). Dukungan Guru dan Efikasi Diri Akdemik Pada Siswa SMA Semesta Semarang. Jurnal Empati, 33-46.

Sdorow, L. M. (1990). Psychology 4 Edition. McGraw-Hill Publishing.

Suciati. (2020). Pengembangan Modul Permainan Monopoli Dengan Layanan Bimbingan Kelompok Untuk Meningkatkan Daya Ingat Belajar Pada Siswa di SMA Negeri 27 Banjarmasin. Jurnal Pelayanan Bimbingan dan Konseling, 159-162.

Sujiono, B. (2005). Menu Pembelajaran Anak Usia Dini. Jakarta: Yayasan Citra Pendidikan Indonesia.

Sukmadinata, N. S. (2016). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Supardi. (2010). Penelitian Tindakan Kelas. Bandung: Bumi Aksara.

Weni Enjelina, A. F. (2020). Pengaruh Modifikasi Permainan Monopoli Terhadap Pengetahuan dan Sikap Siswa mengenai Keamanan Makanan Jajanan. Jurnal Kesehatan Masyarakat Indonesia, 29-34.