HUBUNGAN ANTARA KEPRIBADIAN INTROVERT DENGAN MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS VIII DI SMP NEGERI 8 KEDIRI

Isi Artikel Utama

Ambar Tutut Mulyah
Khususiyah Khususiyah
Galang Surya Gumilang

Abstrak

Kepribadian introvert adalah kondisi individu yang memiliki kecenderungan tertutup, baik sifatnya maupun tingkah lakunya yaitu lebih suka menyendiri, menyukai kesunyian, individual, dan berusaha menarik diri dari lingkungan. Siswa yang memiliki kepribadian introvert memiliki hubungan dengan motivasi belajarnya di sekolah sehingga akan mempengaruhi prestasi belajarnya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk memperoleh informasi dan mendapatkan data yang akurat mengenai hubungan kepribadian introvert dengan motivasi belajar siswa kelas VIII di SMP Negeri 8 Kediri Tahun Ajaran 2016/2017. Penelitian ini menggunakan teknik korelasional dengan pendekatan kuantitatif. Proses analisis datanya menggunakan Korelasi Product Moment dan sampel dalam penelitian ini sejumlah 70 siswa kelas VIII SMP Negeri 8 Kediri. Pengambilan datanya menggunakan instrumen angket kepribadian introvert dan motivasi belajar. Hasil analisis data menggunakan uji Korelasi Product Moment menunjukkan hubungan positif antara Kepribadian Introvert dengan Motivasi Belajar hubungan antara kepribadian introvert dengan motivasi belajar siswa ditunjukkan dengan nilai r hitung 0,502 lebih besar dari r tabel 0,235 dengan taraf signifikansi 5% (0,502 ≥ 0,235). Karena nilai korelasi berada di range 0,40 – 0,599, maka disimpulkan bahwa hubungan antara variabel X dengan variabel Y adalah sedang. Maka dapat disimpulkan bahwa Ho ditolak dan Ha diterima, berbunyi adanya hubungan antara kepribadian introvert dengan motivasi belajar siswa kelas VIII di SMP Negeri 8 Kediri Tahun Ajaran 2016/2017. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan saran yang perlu dikemukakan adalah  Hendaknya oleh guru bimbingan dan konseling dapat dijadikan sumber bahan untuk meningkatkan kualitas ilmu bimbingan dan konseling.


 


Kata kunci: Kepribadian introvert

##plugins.generic.usageStats.downloads##

##plugins.generic.usageStats.noStats##

Rincian Artikel

Bagian
Artikel

Referensi

Hendriana, H., Rohaeti, E. E., & Sumarmo, U. (2017). Hard Skill dan Soft Skill Matematik Siswa (1st
ed.). Bandung: Refika Aditama.
Pamuncak, Dimas. (2011). Pengaruh Tipe Kepribadian Terhadap Self Disclosure Pengguna Facebook.
Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta Skripsi tidak diterbitkan.
Setyowati. (2007). Pengaruh Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas VII SMPN 13
Semarang. Universitas Negeri Semarang: Skripsi tidak diterbitkan.
Sugiono. (2010). Belajar dan Pembelajaran. Kediri : Universitas Nusantara PGRI Kediri.
Syafitri, Endang Nurul. (2013). Hubungan Tipe Kepribadian Introvert Dan Ekstrovert Dengan Perilaku
Kesehatan Remaja Di MAN Maguwoharjo Sleman Yogyakarta. Jurnal Keperewatan Respati.
(Online).