HUBUNGAN ANTARA KEPRIBADIAN INTROVERT DENGAN MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS VIII DI SMP NEGERI 8 KEDIRI
Isi Artikel Utama
Abstrak
Kepribadian introvert adalah kondisi individu yang memiliki kecenderungan tertutup, baik sifatnya maupun tingkah lakunya yaitu lebih suka menyendiri, menyukai kesunyian, individual, dan berusaha menarik diri dari lingkungan. Siswa yang memiliki kepribadian introvert memiliki hubungan dengan motivasi belajarnya di sekolah sehingga akan mempengaruhi prestasi belajarnya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk memperoleh informasi dan mendapatkan data yang akurat mengenai hubungan kepribadian introvert dengan motivasi belajar siswa kelas VIII di SMP Negeri 8 Kediri Tahun Ajaran 2016/2017. Penelitian ini menggunakan teknik korelasional dengan pendekatan kuantitatif. Proses analisis datanya menggunakan Korelasi Product Moment dan sampel dalam penelitian ini sejumlah 70 siswa kelas VIII SMP Negeri 8 Kediri. Pengambilan datanya menggunakan instrumen angket kepribadian introvert dan motivasi belajar. Hasil analisis data menggunakan uji Korelasi Product Moment menunjukkan hubungan positif antara Kepribadian Introvert dengan Motivasi Belajar hubungan antara kepribadian introvert dengan motivasi belajar siswa ditunjukkan dengan nilai r hitung 0,502 lebih besar dari r tabel 0,235 dengan taraf signifikansi 5% (0,502 ≥ 0,235). Karena nilai korelasi berada di range 0,40 – 0,599, maka disimpulkan bahwa hubungan antara variabel X dengan variabel Y adalah sedang. Maka dapat disimpulkan bahwa Ho ditolak dan Ha diterima, berbunyi adanya hubungan antara kepribadian introvert dengan motivasi belajar siswa kelas VIII di SMP Negeri 8 Kediri Tahun Ajaran 2016/2017. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan saran yang perlu dikemukakan adalah Hendaknya oleh guru bimbingan dan konseling dapat dijadikan sumber bahan untuk meningkatkan kualitas ilmu bimbingan dan konseling.
Kata kunci: Kepribadian introvert,
##plugins.generic.usageStats.downloads##
Rincian Artikel
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Copyright on any article is retained by the author(s).
- The author grants the journal, the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work’s authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal’s published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.
- The article and any associated published material is distributed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License
Referensi
ed.). Bandung: Refika Aditama.
Pamuncak, Dimas. (2011). Pengaruh Tipe Kepribadian Terhadap Self Disclosure Pengguna Facebook.
Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta Skripsi tidak diterbitkan.
Setyowati. (2007). Pengaruh Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas VII SMPN 13
Semarang. Universitas Negeri Semarang: Skripsi tidak diterbitkan.
Sugiono. (2010). Belajar dan Pembelajaran. Kediri : Universitas Nusantara PGRI Kediri.
Syafitri, Endang Nurul. (2013). Hubungan Tipe Kepribadian Introvert Dan Ekstrovert Dengan Perilaku
Kesehatan Remaja Di MAN Maguwoharjo Sleman Yogyakarta. Jurnal Keperewatan Respati.
(Online).