The Effect of Continuous Variable Transmission Spring Variation on 110 CC 4 Stroke Fuel Motor

  • Abi Putra Prasetio Universitas Singaperbangsa Karawang
  • Sumiati Universitas Singaperbangsa Karawang
  • Iwan Nugraha Gusniar Universitas Singaperbangsa Karawang
  • Iman Dirja Universitas Singaperbangsa Karawang
Abstract views: 279 , pdf downloads: 375
Keywords: power, feul consumption, torque and spring

Abstract

Dalam penelitian ini yang dilakukan terhadap sepeda motor khususnya sepeda motor bertransmisi otomatis (matic). Berdasarkan hasil observasi yang dilakukan kepada pengguna sepeda motor bertransmisi otomatis (matic) terdapat keluhan yang dirasakan pengguna, hal yang sering dikeluhkan yaitu performa motor yang kurang responsife. Ada beberapa cara untuk meningkatkan performa sepeda motor maic salah satunya mengganti spring pada continuous variable transmission (CVT). Pengujian dilakukan pada sepeda motor Honda Beat FI 110 cc tahun 2013. Tujuan pengujian untuk mengetahui seberapa besar pengaruh spring cvt terhadap daya, torsi, dan konsumsi bahan bakar yang dihasilkan pada sepeda motor dengan variasi spring racing 6100 – 6300 rpm. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian eksperimen, yaitu sebuah penelitian yang berusaha mencari pengaruh variabel tertentu terhadap variable lain dalam kondisi yang terkontrol. Dari hasil penelitian didapatkan hasil daya terbesar pada spring racing sebesar 7,1 hp pada putaran meisn 6300 rpm, sedangkan torsi terbesar yang dihasilkan terdapat pada putaran mesin 6300 rpm sebesar 8,1 N.m dengan penggunaan spring racing. Pada kosumsi bahan bakar minimal yang dihasilkan sebesar 0,233 Kg/jam.hp pada putaran mesin 6100 rpm dengan menggunakan spring racing.

Downloads

Download data is not yet available.

References

A. Aldi and K. Anam , "Varasi Berat Roller Terhadap Performa Pada Sepeda Motor Honda Scoopy Fi Tahun 2016," Surya Teknika, vol. 9, pp. 1-7, 2021.

S. A. Saputro, N. A. Mufarida and A. F. Putra Nusantara, "Pengaruh Penggunaan Variasi Roller Dan Pegas cvt Racing Terhadap Performa Motor Matic 110 cc," pp. 1-6, 2019.

W. M. Thohirin, Indriyani, A. Apriyanto and R. Saputra , "Perubahan Variasi Roller dan Pegas Cvt Terhadap Torsi, Daya, Akselerasi Pengaruh Pada Sepeda Motor Beat Fi," Teknika Sains, vol. 07, pp. 112-120, 2022.

I. W. B. Ariawan, I. W. Kusuma and I. B. Adnyana, "PENGARUH PENGGUNAAN BAHAN BAKAR PERTALITE," Mettek, vol. 2 No 1, pp. 51-58, 2016.

D. Nurdiansyah, S. Soeparman and E. Siswanto, "Studi Komparasi Performa Motor Bakar 4 Tak Karburator Dan Motor Bakar 6 Tak Mub-2 Karburator Berbahan Bakar Pertamax," Rekayasa Mesin, vol. 12, pp. 643-651, 2021.

PlumX Metrics

Published
2023-07-04
How to Cite
[1]
A. P. Prasetio, Sumiati, I. N. Gusniar, and I. Dirja, “The Effect of Continuous Variable Transmission Spring Variation on 110 CC 4 Stroke Fuel Motor”, JMN, vol. 6, no. 1, Jul. 2023.