The Effect of Continuous Variable Transmission Spring Variation on 110 CC 4 Stroke Fuel Motor
Abstract
Dalam penelitian ini yang dilakukan terhadap sepeda motor khususnya sepeda motor bertransmisi otomatis (matic). Berdasarkan hasil observasi yang dilakukan kepada pengguna sepeda motor bertransmisi otomatis (matic) terdapat keluhan yang dirasakan pengguna, hal yang sering dikeluhkan yaitu performa motor yang kurang responsife. Ada beberapa cara untuk meningkatkan performa sepeda motor maic salah satunya mengganti spring pada continuous variable transmission (CVT). Pengujian dilakukan pada sepeda motor Honda Beat FI 110 cc tahun 2013. Tujuan pengujian untuk mengetahui seberapa besar pengaruh spring cvt terhadap daya, torsi, dan konsumsi bahan bakar yang dihasilkan pada sepeda motor dengan variasi spring racing 6100 – 6300 rpm. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian eksperimen, yaitu sebuah penelitian yang berusaha mencari pengaruh variabel tertentu terhadap variable lain dalam kondisi yang terkontrol. Dari hasil penelitian didapatkan hasil daya terbesar pada spring racing sebesar 7,1 hp pada putaran meisn 6300 rpm, sedangkan torsi terbesar yang dihasilkan terdapat pada putaran mesin 6300 rpm sebesar 8,1 N.m dengan penggunaan spring racing. Pada kosumsi bahan bakar minimal yang dihasilkan sebesar 0,233 Kg/jam.hp pada putaran mesin 6100 rpm dengan menggunakan spring racing.
Downloads
References
A. Aldi and K. Anam , "Varasi Berat Roller Terhadap Performa Pada Sepeda Motor Honda Scoopy Fi Tahun 2016," Surya Teknika, vol. 9, pp. 1-7, 2021.
S. A. Saputro, N. A. Mufarida and A. F. Putra Nusantara, "Pengaruh Penggunaan Variasi Roller Dan Pegas cvt Racing Terhadap Performa Motor Matic 110 cc," pp. 1-6, 2019.
W. M. Thohirin, Indriyani, A. Apriyanto and R. Saputra , "Perubahan Variasi Roller dan Pegas Cvt Terhadap Torsi, Daya, Akselerasi Pengaruh Pada Sepeda Motor Beat Fi," Teknika Sains, vol. 07, pp. 112-120, 2022.
I. W. B. Ariawan, I. W. Kusuma and I. B. Adnyana, "PENGARUH PENGGUNAAN BAHAN BAKAR PERTALITE," Mettek, vol. 2 No 1, pp. 51-58, 2016.
D. Nurdiansyah, S. Soeparman and E. Siswanto, "Studi Komparasi Performa Motor Bakar 4 Tak Karburator Dan Motor Bakar 6 Tak Mub-2 Karburator Berbahan Bakar Pertamax," Rekayasa Mesin, vol. 12, pp. 643-651, 2021.
Copyright (c) 2023 Sumiati
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Copyright on any article is retained by the author(s).
- The author grants the journal, right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work’s authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal’s published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.
- The article and any associated published material is distributed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License