Penambahan Water Coolant Pada Cooling Tower Tipe Counter Flow

  • zulfikar zulfikar Universitas Nusantara PGRI Kediri
Abstract views: 1002 , PDF downloads: 1592
Keywords: cooing tower, water coolant, efektivitas

Abstract

Cooling tower adalah alat penukar kalor dengan fluida kerja air dan udara yang berfungsi  mendinginkan air dengan kontak langsung dengan  udara  yang  mengakibatkan  sebagian  kecil  air  menguap.  Dalam  kebanyakan cooling  tower  yang  bekerja  pada  sistem  pendinginan  udara  menggunakan  pompa sentrifugal  untuk  menggerakkan  air  vertikal  ke  atas  melintasi  menara.  Semua  cooling tower  yang  bekerja  akan  melepaskan  kalor  melalui  kondensor,  refrigeran  akan  melepas kalornya kepada cooling tower sehingga air menjadi panas. Selanjutnya air panas ini akan dipompakan ke cooling tower. Dalam Penelitian ini peneliti akan menambahkan coolant yang kita tahu berfungsi sebagai pendingin. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penambahan water collant terhadap efektifitas pendinginan cooling tower. Penelitian terdahulu yang sudah pernah dilakukan adalah meneliti kinerja cooling tower dan efektifitas pendinginan cooling tower tersebut.

Hasil penelitian diperoleh  suhu awal air yang masuk ke cooling tower adalah 50 ᵒC  dan suhu air setelah diproses di colling tower tersebut adalah 40 ᵒC untuk water coolant merk A, sedangkan untuk water coolant merk B adalah 38 ᵒC . Dengan hasil ini dapat diketahui bahwa dengan penambahan coolant terhadap kinerja colling tower mempengaruhi efektivitas pendinginan cooling tower tersebut.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Johanes S. “Karakteristik Menara Pendingin dengan Bahan Isian Ijuk”. Forum Teknik. 33 (3), 188-194. 2010.

Yulianto Sulis, Urbiantoro Aan. Perancangan Cooling Tower Untuk Alat Penukar Kalor Shell and Tube Kapasitas Skala Laboratorium. Sintek. Volume 7 No.1.

Mahendran, Mukund . Muralidharan. Design and Fabrication of Mini Draft Cooling Tower. K. Ramakrishnan college of Technology. Samayapuram, Trichy. Tamilnadu, India. 2016.

Naustion, D.M. “Penelitian Kinerja Induced Draft Cooling Tower dengan Potongan Pipa Pvc Ø1 Inchi Sebagai Filling Material”. Skripsi. Departemen Teknik Mesin Universitas Sumatra Utara. 2010.

Pratiwi N.P., Nugroho G., Hamidah N.L. “Analisa Kinerja Cooling Tower Induced Draft Tipe Lbc W-300 Terhadap Pengaruh Temperatur Lingkungan”, Jurnal Teknik Pomits, 7 (7). 2014.

PlumX Metrics

Published
2019-08-27
How to Cite
[1]
zulfikar zulfikar, “Penambahan Water Coolant Pada Cooling Tower Tipe Counter Flow”, JMN, vol. 1, no. 2, pp. 85-92, Aug. 2019.