PENGGUNAAN MULTI METODE MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN SAINS MATERI POKOK PERUBAHAN KENAMPAKAN BUMI PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI WONOJOYO 1

Main Article Content

siti mahmudah

Abstract

Abstrak: Penggunaan multi metode adalah metode yang diintegrasikan oleh penulis dari beberapa metode dan beberapa pendekatan pembelajaran yang dikemas menjadi sebuah paket. Metode pembelajaran yang diharapkan dapat menyajikan pembelajaran yang aktif, kreatif, efektif, dan menarik, menyenangkan memperhatikan modalitas belajar siswa dan memiliki daya serap yang tinggi, sehingga siswa dapat memasuki daya ingat cukup lama (longterm memory)Sains merupakan hasil kegiatan manusia berupa pengetahuan, gagasan, dan konsep yang terorganisasi tentang diri siswa dan lingkungan, yang diperoleh dari pengalaman melalui pengujian gagasan-gagasan. Mata pelajaran Sains adalah program untuk menanamkan dan mengembangkan pengetahuan, ketrampilan, sikap dan nilai ilmiah pada siswa serta rasa mencintai dan menghargai kebesaran Tuhan Yang Maha Esa.Multi metode (beberapa metode) W.J.S. Poerwadarminta, (1984) yang dimaksud adalah integrasi beberapa metode dan beberapa pendekatan pembelajaran yang dikemas menjadi paket metode pembelajaran yang dapat menyajikan pembelajaran yang aktif, kreatif, efektif, menarik dan menyenangkan, serta memperhatikan modalitas anak dan memiliki daya serap dan daya ingat yang tinggi. Metode yang diintegrasikan itu adalah sebagai berikut : 1) Metode ceramah; 2) Metode tanya jawab; 3) Metode diskusi; 4) Metode demonstrasi; 5) Metode pemberian tugas; 6) Metode latihan.

Article Details

How to Cite
MAHMUDAH, siti. PENGGUNAAN MULTI METODE MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN SAINS MATERI POKOK PERUBAHAN KENAMPAKAN BUMI PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI WONOJOYO 1. PIJAR NUSANTARA, [S.l.], v. 2, n. 1, may 2016. ISSN 2442-9163. Available at: <http://ojs.unpkediri.ac.id/index.php/pinus/article/view/271>. Date accessed: 20 sep. 2017.
Section
Artikel