PENINGKATAN KETRAMPILAN MENYELESAIKAN SOAL CERITA MATEMATIKA MENGGUNAKAN MEDIA KARTU KERJA PADA SISWA KELAS II SDN PURWOREJO KECAMATAN KANDAT KABUPATEN KEDIRI
DOI:
https://doi.org/10.29407/pn.v1i2.163Abstract
ABSTRAK: Mengingat pentingnya keterampilan penyelesaian masalah (Soal Cerita) dalam pembelajaran matematika sebagai bekal kepada siswa agar setelah menyelesaikan pendidikan mereka dapat menjalani kehidupannya dengan berhasil, maka dalam penelitian ini peneliti melakukan pengumpulan data tentang keterampilan menyelesaikan soal cerita matematika di kelas II SDN Purworejo Kecamatan Kandat Kabupaten Kediri. Dengan memperhatikan adanya kesenjangan antara harapan-harapan dengan kenyataan yang ada, peneliti tertarik untuk melakukan PenelitianTindakan Kelas dalam pembelajaran matematika khususnya di kelas II SDN Purworejo Kecamatan Kandat Kabupaten Kediri dengan jumlah siswa 21 menggunakan media kartu kerja sebanyak 2 siklus. Mengingat adanya keterbatasan waktu, maka penelitian pembelajaran matematika yang penelitipilih yaitu materi soal cerita tentang penjumlahan dan pengurangan sampai dengan bilangan 500 di kelas II pada semester I Tahun Pelajaran 2012/2013. Adapun tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah penggunaan media kartu kerja dapat meningkatkan keterampilan menyelesaikan soal cerita pada siswa kelas II SDN Purworejo Kecamatan Kandat Kabupaten Kediri Tahun Pelajaran 2012/2013. Akhirnya penulis menyimpulkan bahwa tujuan penelitian yang dilaksanakan telah mengalami keberhasilan. Dengan kata lain penggunaan media kartu kerja dapat meningkatkan ketrampilan pada penyelesaian soal cerita matematika
Downloads
Download data is not yet available.
Downloads
Published
2015-04-16
How to Cite
MAHMUDAH, S. (2015). PENINGKATAN KETRAMPILAN MENYELESAIKAN SOAL CERITA MATEMATIKA MENGGUNAKAN MEDIA KARTU KERJA PADA SISWA KELAS II SDN PURWOREJO KECAMATAN KANDAT KABUPATEN KEDIRI. PINUS: Jurnal Penelitian Inovasi Pembelajaran, 1(2). https://doi.org/10.29407/pn.v1i2.163
Issue
Section
Artikel
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Copyright on any article is retained by the author(s).
- The author grants the journal, right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work’s authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal’s published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.
- The article and any associated published material is distributed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License