Upaya Peningkatan Motivasi dan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPA Materi Tumbuhan Hijau Kelas V Dengan Model Pembelajaran Pemanfaatan Lingkungan Alam Sekitar

Studi kasus di SD Negeri 3 Banjarsari Kecamatan Kradenan Kabupaten Grobogan Tahun 2017/2018

  • Sri Prihandini SD Negeri 3 Banjarsari

Abstract

 
Permasalahan utama adalah rendahnya hasil belajar siswa di kelas V SD Negeri 3 Banjarsari pada pembelajaran IPA materi Tumbuhan Hijau. Sehubungan dengan hal tersebut, maka peneliti menerapkan Model pembelajaran pemanfaatan lingkungan alam sekitar sekolah yang bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa kelas V SD Negeri 3 Banjarsari pada pelajaran IPA pada materi tumbuhan Hijau. Desain yang digunakan dalam penelitian ini mengacu pada model PTK yang dikemukakan oleh Kemmis dan Mc. Targgart. jenis data yang digunakan adalah data kuantitatif dan data kualitatif. Pelaksanaan ini dilaksanakan sebanyak dua siklus dan masing-masing dua tindakan/pertemuan. Pada tindakan pertama siklus I hasil persentase aktivitas guru mencapai 60% dan tindakan ke II mencapai 66,7% berada dalam kategori cukup. Sedangkan hasil persentase aktivitas siswa pada tindakan pertama siklus I mencapai 53,3% dan tindakan ke II mencapai 60% berada dalam kategori kurang. Pada hasil evaluasi tindakan pertama siklus I nilai rata-rata mencapai 6,5 ini di kategorikan belum berhasil. Pada tindakan kedua nilai rata-rata mencapai 6,8 ini dikategorikan sudah cukup. Pada Siklus ke II pertemuan I hasil persentase aktivitas guru mencapai 80% dan pertemuan II mencapai 93,3% berada dalam kategori sangat baik. Sedangkan hasil persentase aktivitas siswa pada pertemuan kedua tindakan pertama mencapai 66,7% dan tindakan ke dua mencapai 86,7% berada dalam kategori sangat baik. Pada hasil evaluasi tindakan pertama siklus II nilai rata-rata mencapai 6,9 dan tindakan ke dua mencapai 7,5 berada dalam kategori baik. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa hasil belajar siswa SD Negeri 3 Banjarsari kelas V meningkat dengan model pembelajaran menggunakan pemanfaatan lingkungan alam sekitar sekolah.

References

Arahman, Zainudin dan Parijo (2012) Melalui pemanfaatan alam sebagai sumber belajar IPA kelas IV SDN 27 Kecamatan Sungai Kakap. Artikel, Prodi pendidikan guru sekolah dasar Fakultas keguruan dan ilmu pendidikan Universitas Tanjung Pura Pontianak.

Hamalik, O (1999). Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.

Mariyati, N. (2018). Penerapan Model Koopertif Tipe Think Pair Share Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Mata Pelajaran Ipa Materi Perubahan Sifat Benda Pada Siswa Kelas V SDN Banaran 1 Kediri Tahun Pelajaran 2016 / 2017, 3(2). https://doi.org/https://doi.org/10.29407/pn.v3i2.11884

Permana, E. P. (2016). PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN KOOPERATIF NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR DAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS SD. Jurnal Pendidikan Dasar Nusantara, 1(2), 49–58. https://doi.org/10.29407/jpdn.v1i2.210

Permana, E. P., & Sari, Y. E. P. (2018). Development of Pop Up Book Media Material Distinguishing Characteristics of Healthy and Unfit Environments Class III Students Elementary School. International Journal of Elementary Education, 2(1), 8–14. Retrieved from https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/IJEE

Samana, A. (1994). Profesionalisme Keguruan. Yoyakarta: Kanisius

Sutarno. (2003).Dalam Hadi, (2013). Materi dan Pembelajaran IPA SD. Jakarta: Universitas Terbuka.

Sumirin. (2009). Cara Belajar yang Efektif. Semarang: PT. Aneka Ilmu.

Wiriatmadja, R. (2009). Metode Penelitian Tindakan Kelas. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Published
2018-09-19
How to Cite
PRIHANDINI, Sri. Upaya Peningkatan Motivasi dan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPA Materi Tumbuhan Hijau Kelas V Dengan Model Pembelajaran Pemanfaatan Lingkungan Alam Sekitar. PINUS: Jurnal Penelitian Inovasi Pembelajaran, [S.l.], v. 4, n. 1, p. 60-66, sep. 2018. ISSN 2442-9163. Available at: <http://ojs.unpkediri.ac.id/index.php/pinus/article/view/12465>. Date accessed: 21 oct. 2018. doi: https://doi.org/10.29407/pn.v4i1.12465.