Meningkatkan Prestasi Belajar Matematika Melalui Pembelajaran Student Team dengan Materi Peluang Siswa Kelas IX A MTsN 9 Ngawi Tahun Pelajaran 2017/2018

  • Mujiono Mujiono MTsN 9 Ngawi

Abstract

 
Penelitian ini bertujuan untuk (1) Mendeskripsikan model pembelajaran student team dalam meningkatan pretasi belajar matematika pada materi peluang pada siswa kelas XI A MTsN 9 Ngawi semester genap tahun pelajaran 2017/2018.; dan  (2) Mendesripsikan upaya guru dalam meningkatkan prestasi belajar matematika pada materi peluang siswa kelas XI A MTs Negeri 9 Ngawi semester genap tahun pelajaran 2017/2018.Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (action research) karena penelitian dilakukan untuk memecahkan masalah pembelajaran di kelas. Subjek penelitian adalah siswa kelas XI-A MTsN 9 Ngawi. Prosedur penelitian dengan melakukan perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi.Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran tuntas memiliki dampak positif dalam meningkatkan prestasi belajar peserta didik. Hal ini dapat dilihat dari pemahaman peserta didik terhadap model pembelajaran student team dalam materi peluang,  yang menunjukkan pada siklus I adalah 21.87%, pada siklus II meningkat 81.25%. Pada siklus ke II inilah ketuntasan belajar peserta didik telah tercapai. (1) Melalui model pembelajaran student team dapat meningkatkan prestasi belajar matematika pada materi pembelajaran peluang di kelas IX-A MTsN 9 Ngawi semester genap tahun pelajaran2017/2018. (2) Upaya dalam meningkatkan prestasi belajar matematika pada materi peluang melalui model pembelajaran student team di kelas XI-A MTsN 9 Ngawi  semester genap tahun pelajaran 2017/2018, guru  melaksanakan langkah-langkah model pembelajaran secara sistematis.

References

Martin, L. A. (2008). Elementary and Secondary Teacher Education Students’ Perspectives on Citizenship. Action in Teacher Education, 30(3), 54–63. https://doi.org/10.1080/01626620.2008.10463502

Muhibbin. 2005. Psikologi Pendidikan dengan Pendekatan Baru. Bandung: Remaja Rosda Karya.

Mukhlis. 2000. Penelitian Tindakan Kelas. Makalah Panitian Pelatihan Penulisan Karya Ilmiah untuk Guru-guru se-Kabupaten Tuban.

Mulyasa. 2006. Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. Jakarta: Depdiknas.

Permana, E. P. (2015). Penerapan Metode Problem Solving Dengan Media Gambar Seri Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS Kelas IV Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dasar Nusantara, 1(1), 1–16.https://doi.org/10.29407/jpdn.v1i1.152

Ryan, M., Taylor, M., Barone, A., Della Pesca, L., Durgana, S., Ostrowski, K., … Pikaard, K. (2017). Teacher as Researcher, Teacher as Scholar, and Teacher as Leader. The New Educator, 13(2), 102–116. https://doi.org/10.1080/1547688X.2016.1144120

Slameto. (2014). Primary School e-Learning Development as a Social Study Learning Model in the 5th Grade Primary School. International Journal of E-Education, E-Business, E-Management and E-Learning, 4(5), 351–360. https://doi.org/10.7763/ijeeee.2014.v4.350

Yasin, M. (2016). Penerapan Tutor Sebaya Untuk Meningkatkan Prestasi Belajardan Ketuntasan Belajar Matematika pada Kompetensi Dasar Trigonometri Siswa Kelas XI IPA-1 SMA Negeri 1 Kauman. PINUS: Jurnal Penelitian Inovasi Pembelajaran, 2(1), 28–32. https://doi.org/doi.org/10.29407/pn.v2i1.267
Published
2018-08-21
How to Cite
MUJIONO, Mujiono. Meningkatkan Prestasi Belajar Matematika Melalui Pembelajaran Student Team dengan Materi Peluang Siswa Kelas IX A MTsN 9 Ngawi Tahun Pelajaran 2017/2018. PINUS: Jurnal Penelitian Inovasi Pembelajaran, [S.l.], v. 4, n. 1, p. 17-20, aug. 2018. ISSN 2442-9163. Available at: <http://ojs.unpkediri.ac.id/index.php/pinus/article/view/12378>. Date accessed: 21 oct. 2018. doi: https://doi.org/10.29407/pn.v4i1.12378.