Strategi Pembelajaran Learning Tournament

Implementasi Pada Mata Pelajaran Geografi Materi Peta di SMA Negeri 7 Kota Kediri

  • Supraptiningsih Supraptiningsih SMA Negeri 7 Kota Kediri

Abstract

 
Tidak tercapainya kriteria kelulusan minimal (KKM)pada mata pelajaran merupakan problem bersama antara guru dengan para siswa oleh karena itu diperlukan upaya sistematis untuk meningkatkan nilai melalui usaha strategi pembelajaran yang lebih baik. Dalam studi ini peneliti menerapkan strategi pembelajaran learning tournament untuk meningkatkan nilai mata pelajaran geografi materi peta di SMA Negerti 7 Kota Kediri. Penelitian tindakan kelas telah dilakukan untuk membuktikan bahwa strategi pembelajaran learning tournament mampu meningkatkan nilai mata pelajaran geografi peta siswa SMA Negeri 7 Kota Kediri. Berdasarkan data penelitian terlihat bahwa pada prasiklus terdapat 54% (21) siswa tuntas KKM. Kemudian, pada siklus I terdapat 71% (27) siswa tuntas KKM.Kemudian, pada siklus II terdapat 84% (32) siswa tuntas KKM. Keberhasilan penelitian sesuai dengan indikator keberhasilan didapat saat siklus II, yaitu 82% siswa tuntas KKM atau lebih dari 75% siswa tuntas KKM.

References

Asrori, Muhammad. 2009. Penelitian Tindakan Kelas. Bandung: CV. Wacana Prima.

Depdiknas. 2006. Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. Jakarta: Kemendiknas

Dewi, Nurmala. 2009. Geografi 3 : untuk SMA dan MA Kelas XII. Jakarta: Depdiknas.

Mulyatiningsih, Endang. 2011. Metode Penelitian Terapan Bidang Pendidikan. Bandung: Penerbit Alfabeta.

Pardjono, dkk. 2007. Panduan Penelitian Tindakan Kelas. Yogyakarta: Lembaga Penelitian UNY.

Sardiman. 2001.Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Silberman, Melvin L. 2012. Active Learning: 101 Strategi Pembelajaran Aktif. Bandung: Penerbit Nuansa.

Sudjana, Nana. 2005. Dasar-Dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algensindo.

Suprijono, Agus. 2009.Cooperative Learning Teori dan Aplikasi PAIKEMCet. 2. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Syah, Muhibbin. 2006. Psikologi Belajar. Jakarta: PT. Raja Grafindo.
Published
2018-08-21
How to Cite
SUPRAPTININGSIH, Supraptiningsih. Strategi Pembelajaran Learning Tournament. PINUS: Jurnal Penelitian Inovasi Pembelajaran, [S.l.], v. 4, n. 1, p. 30-37, aug. 2018. ISSN 2442-9163. Available at: <http://ojs.unpkediri.ac.id/index.php/pinus/article/view/12323>. Date accessed: 21 oct. 2018. doi: https://doi.org/10.29407/pn.v4i1.12323.