PENGARUH PENERAPAN PENDEKATAN SCIENTIFIC DENGAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH TERHADAP BERPIKIR KRITIS SISWA SEKOLAH DASAR

  • Ilmawati Imron

Abstract

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengaruh penerapanpendekatan scientific dengan model pembelajaran berbasis masalah terhadap berpikirkritis siswa materi manusia dan lingkungannya di sekolah dasar. Penelitian inimenggunakan penelitian True eksperimen dengan rancangan penelitian Pretestposttestcontrol group design. Subjek penelitian kelas IVA dan kelas IVB SDNSingkalanyar 1 Prambon Nganjuk. Berdasarkan hasil penelitian yang dianalisisdengan menggunakan SPSS 19.0 menunjukkan bahwa ada pengaruh pendekatanscientific dengan model pembelajaran berbasis masalah terhadap berpikir kritis padamateri manusia dan lingkungannya di sekolah dasar dibuktikan dengan t hitungĀ (13,377) > t tabel (2,021). Berdasarkan analisis data, dapat disimpulkan bahwapenerapan pendekatan scientific dengan model pembelajaran berbasis masalah padamateri manusia dan lingkungannya di sekolah dasar dapat digunakan sebagai salahsatu alternatif model pembelajaran yang dapat meningkatkan berpikir kritis siswa.
Published
2016-01-13
How to Cite
IMRON, Ilmawati. PENGARUH PENERAPAN PENDEKATAN SCIENTIFIC DENGAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH TERHADAP BERPIKIR KRITIS SISWA SEKOLAH DASAR. JURNAL PENDIDIKAN DASAR NUSANTARA, [S.l.], v. 1, n. 2, jan. 2016. ISSN 2579-6461. Available at: <http://ojs.unpkediri.ac.id/index.php/pgsd/article/view/218>. Date accessed: 15 dec. 2018.