Kemampuan Matematika Pentingnya Penilaian Kemampuan Matematika Yang Berbasis Pada Proses Pembelajaran

Penilaian: Kemampuan Matematika: Proses Belajar

  • Toipur Toipur

Abstract

Abstak: Penilaian  pembelajaran merupakan instrument untuk mengetahui tingkat keberhasilan peserta didik, penilaian  bukan satu-satunya keberhasilan dalam pembelajaran. Pendidikan yang hanya mementingkan penilaian akan mengalami kemunduran dari waktu ke waktu. Dengan demikian, perlu dipadukan dengan proses pembelajaran, keduanya memiliki peran sendiri-sendiri. Pembelajaran  yang tujuan akhirnya menilai, memilki hubungan dengan aspek kognitif bermanfaat untuk mengetahui tingkat pemahaman dan pengetahuan peseta didik. Sedangkan proses  pembelajaran lebih cenderung memilki hubungan dengan aspek afektif dan psikomotorik. Manfaat aspek aefektif  meliputi penumbuhan 7 karakter  yaitu sikap, minat, nilai-nilai, pilihan, kepercayaan diri, fokus kendali, kecemasan. Adapun manfaat aspek psikomotorik yaitu menumbuhkan imitasi, manipulasi, presisi, artikulasi dan naturalisasi.  Pengukuran dan penilaian yang diberikan tidak hanya bertujuan mendapatkan skor, tetapi ada umpan balik dan tindak lanjut. Proses pembelajaran matematika lebih utama daripada penilaian, walaupun keduanya memiliki peran tersendiri. Proses pembelajran memilki nilai lebih pada keseluruhan siswa dalam satu kelas dibandingkan dengan penilaian yang pengamatan hasilnya tertuju pada individu.
Published
2017-06-01
How to Cite
TOIPUR, Toipur. Kemampuan Matematika Pentingnya Penilaian Kemampuan Matematika Yang Berbasis Pada Proses Pembelajaran. JURNAL MATH EDUCATOR NUSANTARA, [S.l.], v. 3, n. 1, june 2017. ISSN 2580-9210. Available at: <http://ojs.unpkediri.ac.id/index.php/matematika/article/view/776>. Date accessed: 19 feb. 2018.

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.