PROSES PENALARAN MATEMATIS SISWA DALAM MEMECAHKAN MASALAH MATEMATIKA PADA MATERI POKOK DIMENSI TIGA BERDASARKAN KEMAMPUAN SISWA DI SMA NEGERI 5 KEDIRI

  • Anisatul Hidayati Universitas Nusantara PGRI Kediri
  • Suryo Widodo Universitas Nusantara PGRI Kediri

Abstract


ABSTRAKPenalaran peserta didik sangat penting untuk dipelajari dan dikembangkan. Kemampuanbernalar tidak hanya dibutuhkan ketika mempelajari matematika maupun mata pelajaranlainnya, namun sangat dibutuhkan juga ketika memecahkan masalah ataupun saatmenentukan keputusan dalam kehidupan. Pertanyaan penelitian dalam penelitian ini adalahbagaimana proses penalaran matematis siswa berkemampuan matematika rendah, sedang,dan tinggi dalam memecahkan masalah matematika pada materi pokok dimensi tiga. Tujuanpenelitian ini adalah mendeskripsikan proses penalaran matematis siswa berkemampuanrendah, sedang, dan tinggi dalam memecahkan masalah matematika pada materi pokokdimensi tiga. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif. Hasil penelitianmenunjukkan bahwa subjek dengan kemampuan matematika rendah menunjukkan adaaktivitas proses penalaran matematisnya dalam memecahkan masalah kecuali pada tahapmembuat rencana pemecahan masalah dan tahap melaksanakan rencana pemecahanmasalah, subjek dengan kemampuan matematika sedang menunjukkan ada aktivitas prosespenalaran matematisnya dalam memecahkan masalah kecuali tahap melaksanakan rencanapemecahan masalah, sedangkan subjek dengan kemampuan matematika tinggi menunjukkanada aktivitas proses penalaran matematisnya pada setiap tahap memecahkan masalah.Kata Kunci : penalaran matematis, pemecahan masalah, materi dimensi tiga.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2015-11-04
How to Cite
HIDAYATI, Anisatul; WIDODO, Suryo. PROSES PENALARAN MATEMATIS SISWA DALAM MEMECAHKAN MASALAH MATEMATIKA PADA MATERI POKOK DIMENSI TIGA BERDASARKAN KEMAMPUAN SISWA DI SMA NEGERI 5 KEDIRI. Jurnal Math Educator Nusantara: Wahana Publikasi Karya Tulis Ilmiah di Bidang Pendidikan Matematika, [S.l.], v. 1, n. 2, nov. 2015. ISSN 2580-9210. Available at: <http://ojs.unpkediri.ac.id/index.php/matematika/article/view/232>. Date accessed: 21 sep. 2019.
Section
Artikel