IMPLEMENTASI PERMAINAN PENJEPIT BAJU UNTUK MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN KOGNITIF ANAK USIA DINI

  • Hanggara Budi Utomo Universitas Nusantara PGRI Kediri
Abstract views: 247 , PDF (Bahasa Indonesia) downloads: 158

Abstract

 

Permasalahan penelitian ini adalah apakah melalui implementasi permainan penjepit baju dapat mengembangkan kemampuan kognitif anak usia dini. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui melalui implementasi permainan penjepit baju dapat mengembangkan kemampuan kognitif anak usia dini. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian tindakan kelas (PTK) dengan subjek penelitian anak Kelompok A RA Diponegoro Warujayeng Kabupaten Nganjuk Tahun Ajaran 2013/2014. Penelitian dilaksanakan dalam tiga siklus, menggunakan instrument berupa RKM, RKH, lembar penilaian unjuk kerja, lembar observasi aktivitas guru dan dokumentasi. Hasil penelitian siklus I 45 %, siklus II 82 %, dan siklus III 100%. Berdasarkan hasil tersebut menunjukkan ketuntasan belajar anak didik telah memenuhi kriteria yang di tetapkan yaitu minimal 75%.Kesimpulan penelitian ini adalah peneliti menyimpulkan bahwa tindakan pembelajaran melalui implementasi permainan penjepit baju dapat dibuktikan kebenarannya untuk mengembangkan kemampuan kognitif anak usia dini.

Kata kunci: kemampuan kognitif, permainan penjepit baju.

References

Arikunto, Suharsini. 1998.Metode Penelitian. Jakarta : Rineka CiptaArikunto, Suharsimi. 2006.Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik.Jakarta: Rineka Cipta.Armstrong, Thomas. 2003.Sekolah Para Juara. Terj. Yudhi Muranto. Bandung: Kaifa.Arsyad, A. 2002.Media Pembelajaran. Jakarta:Rajawali Pers.Copley, Juanita, V. 2001.Meningkatkan Kecerdasan Anak. Jakarta: PustakaDalaprasta.Crain, William. 2007.Teori Perkembangan Konsep dan Aplikasi.Yogyakarta: Pustaka PelajarGardner, Howard. 1993.Multiple Intelligences: The Theory In Practice A Reader. New York: Basic Book.Hamalik, Oemar. 1994.Media Pendidikan. Bandung: Citra Aditya.Joko, Untoro. 2008.Buku Pintar Matematika SD. Jakarta: Wahyu Media.Montolalu, B.E.F. 2011Bermain Dan Permainan Anak. Jakarta : Universitas Terbuka.Sanaky. 2009.Media Pembelajaran. PT. Safiria Insani Press : Yogyakarta.Semiawan. 2001.Pedoman Teknis Peningkatan Kualitas Guru. Jakarta: DepdiknasSolehuddin, 2004.Perkembangan Anak Usia Dini Pengantar dalam Berbagai Aspeknya. Jakarta: Kencana Prenada MediaGroup.Sugiyono. 2011.Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D.Bandung: AlfabetaSujiono, Yuliani Nuraini, dkk. 2005Metode Pengembangan Kognitif. Jakarta : Universitas TerbukaSusanto Ahmad. 2012.Perkembangan Anak Usia Dini Pengantar dalam BerbagaiAspeknya. Jakarta: Kencana Prenada MediaGroup.Tim Depdiknas. 2005-2006.Pedoman Pengembangan Silabus Dan PembelajaranDi Taman Kanak-Kanak. Jakarta:DepdiknasTim Depdiknas. 2007.Pedoman Pembelajaran Permainan Berhitung Permulaan Di Taman Kanak-Kanak. Jakarta: DepdiknasTim Depdiknas.2010. Pedoman Pembelajaran Bidang Pengembangan Kognitif di Taman Kanak-Kanak. Jakarta: DepdiknasWahyuningsih. 2008.Strategi Pembelajaran Di Taman Kanak-Kanak. Jakarta: PT IndeksWasik A, Barbara. 2008.Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: PT Indeks

PlumX Metrics

Published
2015-04-10
How to Cite
Utomo, H. B. (2015). IMPLEMENTASI PERMAINAN PENJEPIT BAJU UNTUK MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN KOGNITIF ANAK USIA DINI. Efektor, 2(2). https://doi.org/10.29407/e.v2i2.83