PENERAPAN STRATEGI KOGNITIF MULTIPURPOSE DAN MOTIVASI BERPRESTASI PADA MATA KULIAH PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN, STUDI PADA MAHASISWA FKIP UNP KEDIRI.

  • Nur Salim Universitas Nusantara PGRI kediri
  • Suryanto Suryanto

Abstract

 
Masalah yang diteliti dirumuskan sebagai berikut: 1. Apakah penerapan strategi kognitif multipurpose, metode rehearsal, imageri dan mnemonics memberikan pengaruh yang berbeda terhadap hasil belajar mahasiswa?. 2. Apakah motivasi berprestasi tinggi dengan rendah berpengaruh terhadap perolehan hasil belajar mahasiswa?. 3. Adakah pengaruh interaktif penerapan strategi kognitif dan motivasi berprestasi terhadap hasil belajar mahasiswa?. Penelitian ini menggunakan rancangan eksperimen model post design only. Variable bebas yang diteliti adalah penerapan strategi kognitif multipurpose yang terdiri atas 3 metode yaitu reheasal, mnemonic dan imagery. Variable terikatnya adalah hasil belajar mahasiswa dan variable moderatornya adalah motivasi berprestasi. Populasi penelitian ini adalah mahasiswa semester III (tiga) yang menempuh matakuliah PKN pada semester ganjil tahun akademik 2015/2016, yaitu mahasiswa jurusan pendidikan Ekonomi-Akuntansi (PEA) sebanyak: 32 mahasisiwa, jurusan PKN sebanyak 23 mahasiswa, dan jurusan pendidikan Matematika sebanyak 40 mahasiswa. Populasi tersebut seluruhnya digunakan sebagai sampel penelitian.Instrument yang digunakan untuk pengumpulan data adalah questioner motivasi berprestasi dan tes hasil belajar, sedangakan analisis datanya menggunakan anava 2-jalur. Simpulan hasil penelitian ini adalah: 1. Terdapat perbedaan yang signifikan pada hasil belajar mahasiswa antara yang menerapkan strategi kognitif multipurpose; reheasal, imagery dan mnemonics. 2. Terdapat perbedaan yang signifikan pada hasil belajar mahasiswa antara yang memiliki motivasi berprestasi tinggi dengan rendah. 3. Terdapat interaksi yang signifikan antara penerapan strategi kognitif dan motivasi berprestasi terhadap hasil belajar mahasiswa.

References

------------------, 1997.Asumsi dan landasan Teoritik Desain Pembelajaran.Jurnal Teknologi pembelajaran,Teori dan Praktek, MalangIPTPI.
----------------, 2001. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta, PT Rineka Cipta.E.Mulyasa, 2005,Menjadi Guru Profesional, Bandung, PT Remaja Rosdakarya.
Hudoyo, Herman, 1981, Interaksi Belajar Mengajar Matematika, Jakarta, P2LPTK.
Ibut Priono L., 1996,Strategi Pengembangan Kurikulum, Handout, Surabaya,UNIPA,ProgramPascasarjana.Mohamad Nur, Dkk., 2004,Teori-teori Pembelajaran Kognitif, Surabaya, Universitas Negeri Surabaya
--------------,2005,Strategi-strategi Belajar, Surabaya, Universitas NegeriSurabaya.Mukadis, 2003, Metodologi Penelitian Pendidikan, Surabaya Universitas Press,IKIP Surabaya.
-------------,2004,Psikologi Pembelajaran dan Pengajaran, Pustaka Bani QuraisyNgalim Purwanto, 1995,Prinsip-Prinsip Proses Belajar Mengajar, Jakarta, Tintamas.Pannen, Paulina, 1997,Mengajar di Perguruan Tinggi, Jakarta, Dikbud
Sanjaya, Wina, 2007, Strategi Pembelajaran (Berorientasi standar proses pendidikan),Jakarta, KencanaPrenada Media Group.Suryana, 2003, Kewirausahaan, Jakarta, Salemba Empat
Wahjosumidjo, 1992,Kepemimpinan dan Motivasi, Jakarta, Ghalia Indonesia.
Winatapura, Udin, S., 2002, Strategi Belajar Mengajar, Jakarta, Universitas Terbuka
------------------, 2005,Strategi-strategi Belajar, Surabaya, Universitas Negeri Surabaya.WJS. Poerwadarminto 1987,Kamus Umum Bahasa Indonesia, PN Balai Pustaka, Jakarta
Published
2017-06-06
How to Cite
SALIM, Nur; SURYANTO, Suryanto. PENERAPAN STRATEGI KOGNITIF MULTIPURPOSE DAN MOTIVASI BERPRESTASI PADA MATA KULIAH PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN, STUDI PADA MAHASISWA FKIP UNP KEDIRI.. EFEKTOR, [S.l.], v. 4, n. 1, p. 31-40, june 2017. ISSN 2355-956X. Available at: <http://ojs.unpkediri.ac.id/index.php/efektor-e/article/view/742>. Date accessed: 23 june 2018. doi: https://doi.org/10.29407/e.v4i1.742.