Analisa dan evaluasi rancang bangun insinerator sederhana dalam mengelola sampah rumah tangga

  • Fatkur Rhohman Universitas Nusantara PGRI Kediri
  • Muhammad Muslimin Ilham Universitas Nusantara PGRI Kediri
Abstract views: 1812 , PDF downloads: 5298
Keywords: Evaluasi, Insinerator, Sampah

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa dan mengevaluasi pengelolaan sampah yang menggunakan insinerator sederhana. Tujuan awal pembuatan insinerator tersebut adalah untuk mengurangi tumpukan sampah rumah tangga di desa ABC. Dengan mempelajari model insinerator limbah B3 (Bahan berbahaya dan beracun) di rumah sakit, akhirnya penduduk dan akademisi berinisiatif untuk membuat insinerator sederhana. Namun dalam pelaksanaanya, ternyata ada beberapa hal yang menyebabkan proses pembakaran dalam insinerator tersebut tidak berjalan baik. Sehingga proses pengelolaan sampah dengan menggunakan insinerator tersebut tidak bisa menyelesaikan permasalahan sampah secara sempurna. Pada akhirnya, sampah-sampah tersebut menjadi gunungan sampah di tempat pembuangan sampah.

Downloads

Download data is not yet available.

References

E. Permana, “Indonesia hasilkan 67 juta ton sampah pada tahun 2019,” Www.Aa.Com.Tr, pp. 1–3, 08-Mar-2019.

Sudrajat, Mengelola Sampah Kota. depok: Penebar Swadaya, 2006.

K. Sejati, Pengolahan sampah terpadu dengan Sistem Node, Sub point, dan Center Point., 1st ed. Yogyakarta: Kanisius, 2009.

T. Bagus, “Pengelolaan dan Pemanfaatan Sampah Menggunakan Teknologi Incenerator,” J. Teknol. Lingkung., vol. 3, no. 1, pp. 17–23, 2002.

A. M. R. Indah Nurhayati, “Pengolahan Limbah Bahan Berbahaya Dan Beracun (B3) Dengan Insinerator Tipe Reciprocating Grate Incinerator,” vol. 3, no. 18, pp. 21–27, 1999.

R. D. Utami, D. G. Okayadnya, and M. Mirwan, “MENINGKATKAN KINERJA INCENERATOR PADA PEMUSNAHAN LIMBAH MEDIS RSUD Dr. SOETOMO SURABAYA,” J. Ilm. Tek. Lingkung., vol. 7, no. 2, pp. 115–123, 2011.

Anonim, “Database of Waste Management Technologies,” http://www.epem.gr. [Online]. Available: http://www.epem.gr/waste-c-control/database/html/WtE-01.htm.

PlumX Metrics

Published
2019-08-02
How to Cite
[1]
F. Rhohman and M. M. Ilham, “Analisa dan evaluasi rancang bangun insinerator sederhana dalam mengelola sampah rumah tangga”, JMN, vol. 2, no. 1, pp. 52-60, Aug. 2019.

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>