Penerapan Latihan Akselerasi Untuk Meningkatkan Kecepatan Lari 100 Meter Pada Siswa Kelas IV di SD Negeri IV Giriwoyo
PDF

Keywords

Latihan akselerasi
kecepatan lari 100 meter

How to Cite

Penerapan Latihan Akselerasi Untuk Meningkatkan Kecepatan Lari 100 Meter Pada Siswa Kelas IV di SD Negeri IV Giriwoyo. (2017). Jurnal SPORTIF : Jurnal Penelitian Pembelajaran, 3(1), 29-43. https://doi.org/10.29407/js_unpgri.v3i1.615

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk menunjukkan keefektifan latihan akselerasi dalam meningkatkan kecepatan lari 100 meter pada siswa kelas IV di SD Negeri IV Giriwoyo. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus, dengan tiap siklus terdiri atas perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, analisis dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas IV SD Negeri IV Giriwoyo yang berjumlah 11 orang. Tindakan yang digunakan yaitu latihan akselerasi yaitu suatu bentuk latihan yang dimulai dari pelan, semakin cepat, dan lari secepatnya. Pelaksanaan tindakan dilakukan pada siklus I dan siklus II. Pada akhir tindakan siklus I baru 45,5% siswa yang memiliki kecepatan lari 100 meter yang baik, sedangkan 54,5% sisanya belum memiliki kecepatan lari 100 meter yang baik. Berdasarkan hasil tersebut maka perlu ditindaklunjuti untuk diberi tindakan pada siklus II. Selanjutnya pada akhir tindakan siklus II Sebesar 63,6% siswa sudah memiliki kecepatan lari 100 meter yang baik sedangkan yang belum memiliki kecepatan lari 100meter yang baik hanya tinggal 36,4%. Sesuai dengan indikator keberhasilan maka dapat dikatakan hasil tindakan pada siklus II sudah dinyatakan berhasil, sehingga dapat disimpulkan bahwa Latihan Akselerasi Dapat Meningkatkan Kecepatan Lari 100 Meter Pada Siswa Kelas IV di SD Negeri IV Giriwoyo.

PDF

References

Goodwin, Dwight L., dan Coates, T.J. 1976. Helping Students Help Themselves. New Jersey: Prentice Hall.
Harsono. 1993. Prinsip-prinsip Pelatihan Fisik. Jakarta: KONI Pusat.
Hidayat, D.R. dan Badrujaman, A. 2012. Penelitian Tindakan Dalam Bimbingan dan Konseling. Jakarta: PT Indeks.
Ihee, P. 1998. Atletik: Dasar-Dasar Atletik. Persatuan Atletik Seluruh Indonesia: Semarang
Mulyano, B. 1992. Pengukuran, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Tunas Pembangunan Surakarta.
Mutohir, Cholik T. Dan Lutan, R. 1997. Pendidikan Jasmani dan Kesehatan. Jakarta : Dekdikbud.
Purnomo, Eddy. 2007. Pedoman Mengajar Dasar Gerak Atletik. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta.
Soemanto. D. 2007. Statistik. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Tunas Pembangunan. Surakarta
Soetopo, A.S. 2007. Dasar- Dasar Kepelatihan pada Olahraga Profesional. Jakarta: Badan Pengembangan dan Pengawasan Olahraga Profesional Indonesia.
Suherman, S. 2002. Fisiologi. Fakultas Keguruan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret. Surakarta.
Sujarwo. 2002. Ilmu Kepelatihan Dasar. Departemen Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia: Universitas Sebelas Maret Surakarta. Surakarta.
Sukiyo. 2008. Asas—Asas Pendidikan Keolahragaan Fakultas Keguruan dan ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret Surakarta.
Suparman, E. 2000. Pendidikan Jasmani dan Kesehatan. Jakarta
Suparmin, M. 1997. Metodologi Penelitian. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Tunas Pembangunan. Surakarta: Tidak diperdagangkan

Authors who publish with this journal agree to the following terms:

  1. Copyright on any article is retained by the author(s).
  2. The author grants the journal, the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work’s authorship and initial publication in this journal.
  3. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal’s published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
  4. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.
  5. The article and any associated published material is distributed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License