PENINGKATAN KEMAMPUAN GURU MENERAPKAN PENDEKATAN SAINTIFIK MELALUI LESSON STUDY

Authors

  • I NT Upayogi STKIP Citra Bakti, NTT, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.29407/pn.v2i2.715

Abstract

Abstrak

        Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan: (1) kualitas pelaksanaan lesson study pada guru IPA, dan (2) peningkatan kemampuan guru IPA menerapkan pendekatan saintifik sebelum dan sesudah pelaksanaan lesson study. Jenis penelitian ini merupakan studi kasus. Subjek penelitian ini adalah 3 orang guru IPA di SMP Lab Undiksha Singaraja. Objek Penelitian ini adalah kualitas lesson study dan kemampuan menerapkan pendekatan saintifik guru. Data dikumpulkan dengan observasi, dokumentasi, dan wawancara. Data dianalisis dengan teknik analisis deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan: 1) kualitas lesson study berada pada kualifikasi sangat baik; dan 2) terjadi peningkatan kemampuan menerapkan pendekatan saintifik guru sebelum dan sesudah pelaksanaan lesson study.

 

Kata Kunci: lesson study, kemampuan menerapkan pendekatan saintifik.

Downloads

Download data is not yet available.

PlumX Metrics

Published

2017-05-22

How to Cite

Upayogi, I. N. (2017). PENINGKATAN KEMAMPUAN GURU MENERAPKAN PENDEKATAN SAINTIFIK MELALUI LESSON STUDY. PINUS: Jurnal Penelitian Inovasi Pembelajaran, 2(2), 102–112. https://doi.org/10.29407/pn.v2i2.715