MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERBICARA SISWA KELAS II PADA MATERI MENCERITAKAN KEMBALI ISI DONGENG YANG DIDENGARKAN MELALUI KEGIATAN KOMIDI PUTAR DISKUSI

Authors

  • SLAMET BASUKI SDN Sukorame 3 Kec. Mojoroto, Kota Kediri

DOI:

https://doi.org/10.29407/pn.v1i3.189

Abstract

Abstrak: Tujuan penelitian ini meningkatkan ketrampilan berbicara siswa dalam menceritakan kembali isi
dongeng. Jenis penelitian ini termasuk penelitian tindakan kelas, adalah penelitian yang bertujuan
meningkatkan keterampilan berbicara siswa yang dilaksanakan dalam dua siklus dengan tahapan
perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Pelaksanaan siklus I hari, tanggal : Rabu, 4 Maret 2015 dan
siklus II hari, tanggal : Rabu, 11 Maret 2015.
Adapun teknik pengumpulan data melalui observasi, unjuk kerja. Teknik analisa data yang digunakan
yaitu analisa kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan nilai. Siklus I terdapat 16,
66% yang tergolong kategori sangat baik, 27, 77% kategori baik. Untuk kategori sedang dan kurang terdapat
16,66%. Kategori sangat kurang 22, 22%. Pada siklus II terdapat 27,77% kategori sangat baik, pada kategori
baik terjadi peningkatan menjadi 47, 22%. Untuk kategori sedang 19,44% dan 5,55% kategori kurang. Dapat
disimpulkan kegiatan komidi putar diskusi  meningkatkan keterampilan siswa
Kata kunci : Keterampilan berbicara, dongeng, komidi putar diskusi

Downloads

Download data is not yet available.

PlumX Metrics

Published

2015-10-05

How to Cite

BASUKI, S. (2015). MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERBICARA SISWA KELAS II PADA MATERI MENCERITAKAN KEMBALI ISI DONGENG YANG DIDENGARKAN MELALUI KEGIATAN KOMIDI PUTAR DISKUSI. PINUS: Jurnal Penelitian Inovasi Pembelajaran, 1(2). https://doi.org/10.29407/pn.v1i3.189