MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERBICARA SISWA KELAS II PADA MATERI MENCERITAKAN KEMBALI ISI DONGENG YANG DIDENGARKAN MELALUI KEGIATAN KOMIDI PUTAR DISKUSI
DOI:
https://doi.org/10.29407/pn.v1i3.189Abstract
Abstrak: Tujuan penelitian ini meningkatkan ketrampilan berbicara siswa dalam menceritakan kembali isi
dongeng. Jenis penelitian ini termasuk penelitian tindakan kelas, adalah penelitian yang bertujuan
meningkatkan keterampilan berbicara siswa yang dilaksanakan dalam dua siklus dengan tahapan
perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Pelaksanaan siklus I hari, tanggal : Rabu, 4 Maret 2015 dan
siklus II hari, tanggal : Rabu, 11 Maret 2015.
Adapun teknik pengumpulan data melalui observasi, unjuk kerja. Teknik analisa data yang digunakan
yaitu analisa kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan nilai. Siklus I terdapat 16,
66% yang tergolong kategori sangat baik, 27, 77% kategori baik. Untuk kategori sedang dan kurang terdapat
16,66%. Kategori sangat kurang 22, 22%. Pada siklus II terdapat 27,77% kategori sangat baik, pada kategori
baik terjadi peningkatan menjadi 47, 22%. Untuk kategori sedang 19,44% dan 5,55% kategori kurang. Dapat
disimpulkan kegiatan komidi putar diskusi meningkatkan keterampilan siswa
Kata kunci : Keterampilan berbicara, dongeng, komidi putar diskusi
dongeng. Jenis penelitian ini termasuk penelitian tindakan kelas, adalah penelitian yang bertujuan
meningkatkan keterampilan berbicara siswa yang dilaksanakan dalam dua siklus dengan tahapan
perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Pelaksanaan siklus I hari, tanggal : Rabu, 4 Maret 2015 dan
siklus II hari, tanggal : Rabu, 11 Maret 2015.
Adapun teknik pengumpulan data melalui observasi, unjuk kerja. Teknik analisa data yang digunakan
yaitu analisa kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan nilai. Siklus I terdapat 16,
66% yang tergolong kategori sangat baik, 27, 77% kategori baik. Untuk kategori sedang dan kurang terdapat
16,66%. Kategori sangat kurang 22, 22%. Pada siklus II terdapat 27,77% kategori sangat baik, pada kategori
baik terjadi peningkatan menjadi 47, 22%. Untuk kategori sedang 19,44% dan 5,55% kategori kurang. Dapat
disimpulkan kegiatan komidi putar diskusi meningkatkan keterampilan siswa
Kata kunci : Keterampilan berbicara, dongeng, komidi putar diskusi
Downloads
Download data is not yet available.
Downloads
Published
2015-10-05
How to Cite
BASUKI, S. (2015). MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERBICARA SISWA KELAS II PADA MATERI MENCERITAKAN KEMBALI ISI DONGENG YANG DIDENGARKAN MELALUI KEGIATAN KOMIDI PUTAR DISKUSI. PINUS: Jurnal Penelitian Inovasi Pembelajaran, 1(2). https://doi.org/10.29407/pn.v1i3.189
Issue
Section
Artikel
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Copyright on any article is retained by the author(s).
- The author grants the journal, right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work’s authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal’s published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.
- The article and any associated published material is distributed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License