MENINGKATKAN KETERAMPILAN SISWA KELAS IV DALAM MENENTUKAN HASIL PERKALIAN SUATU BILANGAN DENGAN SATU ANGKA MELALUI METODE PEMBIASAAN PERKALIAN SATU ANGKA
DOI:
https://doi.org/10.29407/pn.v1i3.188Abstract
ABSTRAK: Tujuan dari penelitian adalah meningkatkan keterampilan siswa dalam menentukan hasil
perkalian suatu bilangan dengan satu angka melalui metode pembiasaan perkalian satu angka. Penelitian ini
menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas
Hasil penelitian menunjukkan, siklus I keterampilan anak dalam menentukan hasil perkalian sebanyak
20 % hasilnya baik. 50% dengan hasil sedang, sisanya 30% dengan hasil kurang. Pada siklus II mengalami
peningkatan sebanyak 80 % dengan hasil baik, 15 % dengan hasil sedang, dan 5 % dengan hasil kurang.
Simpulan penelitian ini adalah Metode Pembiasaan Perkalian Satu Angka dapat meningkatkan
keterampilan siswa dalam menentukan hasil perkalian suatu bilangan dengan satu angka siswa kelas IV SDN
Bandar Lor 1 Kecamatan Mojoroto Kota Kediri
Kata kunci : keterampilan, hasil perkalian, metode pembiasaan.
perkalian suatu bilangan dengan satu angka melalui metode pembiasaan perkalian satu angka. Penelitian ini
menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas
Hasil penelitian menunjukkan, siklus I keterampilan anak dalam menentukan hasil perkalian sebanyak
20 % hasilnya baik. 50% dengan hasil sedang, sisanya 30% dengan hasil kurang. Pada siklus II mengalami
peningkatan sebanyak 80 % dengan hasil baik, 15 % dengan hasil sedang, dan 5 % dengan hasil kurang.
Simpulan penelitian ini adalah Metode Pembiasaan Perkalian Satu Angka dapat meningkatkan
keterampilan siswa dalam menentukan hasil perkalian suatu bilangan dengan satu angka siswa kelas IV SDN
Bandar Lor 1 Kecamatan Mojoroto Kota Kediri
Kata kunci : keterampilan, hasil perkalian, metode pembiasaan.
Downloads
Download data is not yet available.
Downloads
Published
2015-10-05
How to Cite
UTAMI, A. D. (2015). MENINGKATKAN KETERAMPILAN SISWA KELAS IV DALAM MENENTUKAN HASIL PERKALIAN SUATU BILANGAN DENGAN SATU ANGKA MELALUI METODE PEMBIASAAN PERKALIAN SATU ANGKA. PINUS: Jurnal Penelitian Inovasi Pembelajaran, 1(2). https://doi.org/10.29407/pn.v1i3.188
Issue
Section
Artikel
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Copyright on any article is retained by the author(s).
- The author grants the journal, right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work’s authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal’s published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.
- The article and any associated published material is distributed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License