PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS CERPEN MELALUI TEKNIK LATIHAN TERBIMBING DENGAN MEDIA TEKS LAGU SISWA KELAS 9 SMP NEGERI 1 BOYOLANGU TULUNGAGUNG
DOI:
https://doi.org/10.29407/pn.v1i3.187Abstract
ABSTRAK: Artikel ini membahas tentang pembelajaran menulis cerpen dengan media teks lagu siswa SMPN
1 Boyolangu Tulungagung. Tulisan ini bertujuan untuk memaparkan peningkatan kemampuan siswa dalam
menulis cerpen dengan media teks lagu. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas.Metode yang
digunakan adalah metode pembelajaran terbimbing.Analaisis data yang dilakukan adalah analisis
teks.Sumber data yang digunakan dalam tulisan ini adalah pekerjaan siswa berupa cerpen, daftar nilai siswa,
hasil wawancara. Pengumpulan data dilakukan dengan metode dokumentasi .Analaisi data dilakukan dengan
teknik analisis isi.Hasil temuan menunjukkan bahwa ada peningkatan kemampuan siswa dalam menulis
cerpen.
Kata kunci : pembelajaran menulis cerpen, teks lagu, metode latihan terbimbing
1 Boyolangu Tulungagung. Tulisan ini bertujuan untuk memaparkan peningkatan kemampuan siswa dalam
menulis cerpen dengan media teks lagu. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas.Metode yang
digunakan adalah metode pembelajaran terbimbing.Analaisis data yang dilakukan adalah analisis
teks.Sumber data yang digunakan dalam tulisan ini adalah pekerjaan siswa berupa cerpen, daftar nilai siswa,
hasil wawancara. Pengumpulan data dilakukan dengan metode dokumentasi .Analaisi data dilakukan dengan
teknik analisis isi.Hasil temuan menunjukkan bahwa ada peningkatan kemampuan siswa dalam menulis
cerpen.
Kata kunci : pembelajaran menulis cerpen, teks lagu, metode latihan terbimbing
Downloads
Download data is not yet available.
Downloads
Published
2015-11-05
How to Cite
HARSONO, B. (2015). PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS CERPEN MELALUI TEKNIK LATIHAN TERBIMBING DENGAN MEDIA TEKS LAGU SISWA KELAS 9 SMP NEGERI 1 BOYOLANGU TULUNGAGUNG. PINUS: Jurnal Penelitian Inovasi Pembelajaran, 1(2). https://doi.org/10.29407/pn.v1i3.187
Issue
Section
Artikel
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Copyright on any article is retained by the author(s).
- The author grants the journal, right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work’s authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal’s published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.
- The article and any associated published material is distributed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License