PENGARUH PEMANFAATAN MEDIA OLEH PENDIDIK PAUD TERHADAP PRESTASI BELAJAR ANAK DIDIK DI PAUD DARMA WANITA DESA KWADUNGAN KECAMATAN GAMPENGREJO KABUPATEN KEDIRI

  • ACH. CHOLIK
Abstract views: 94 , PDF (Bahasa Indonesia) downloads: 123

Abstract

ABSTRAK: Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: Adakah pengaruh antara pemanfaatan media oleh pendidik PAUD terhadap prestasi belajar anak didik di PAUD Darma Wanita Desa Kwadungan Kecamatan Gampengrejo Kabupaten Kediri?

Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan pola korelasi (sebab akibat), populasinyan adalah seluruh anak didik di PAUD Darma Wanita Desa Kwadungan Kecamatan Gampengrejo Kabupaten Kediri yang berjumlah 172 anak didik dan diambil sebagai sampel 30% dengan jumlah 52 anak didik. Sampel ini diambil dengan tehnik random sampling, adapun prosedurnya adalah dengan cara undian. Instrumen penelitiannya menggunakan pedoman angket, pedoman dokumentasi, pedoman interview, pedoman observasi. Dalam pengumpulan data menggunakan metode angket, metode dokumentasi, metode intervieu dan metode observasi. Tehnik yang dipergunakan untuk menghitung pengaruh antara pemanfaatan media oleh pendidik PAUD dengan prestasi belajar anak didik adalah menggunakan tehnik analisa product moment.

Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa: (1) Pemanfaatan media oleh pendidik PAUD di PAUD Darma Wanita Desa Kwadungan dapat dikatakan cukup. Hal ini terbukti dari rata-rata data yang diperoleh dari angket yang menunjukkan nilai rata-rata 19,5 dari tabel konversi yaitu masuk dalam kategori antara 18,26 – 20,74. (2) Prestasi belajar anak didik di PAUD Darma Wanita Desa Kwadungan dapat dikatakan cukup. Hal ini terbukti dari rata-rata data yang diperoleh dari angket yang menunjukkan nilai rata-rata 14,5 dari tabel konversi yaitu masuk dalam kategori antara  14,075-14,925. (3) Dari hasil statistik melalui rumus product moment diperoleh rxy = 0,271 dan dikonsultasikan pada r tab yaitu pada taraf signifikansi 1% (0,354) dan pada taraf signifikansi 5% (0,273). Jadi diketahui r hit < r tab, menunjukkan bahwa r hit tidak dapat diterima pada taraf signifikansi 1% maupun 5%. Dengan demikian hipotesa yang menyatakan bahwa ada pengaruh antara pemanfaatan media oleh pendidik PAUD terhadap prestasi belajar anak didik di PAUD Darma Wanita Desa Kwadungan Kecamatan Gampengrejo Kabupaten Kediri “ditolak”.

Downloads

Download data is not yet available.

PlumX Metrics

Published
2015-04-16
How to Cite
CHOLIK, A. (2015). PENGARUH PEMANFAATAN MEDIA OLEH PENDIDIK PAUD TERHADAP PRESTASI BELAJAR ANAK DIDIK DI PAUD DARMA WANITA DESA KWADUNGAN KECAMATAN GAMPENGREJO KABUPATEN KEDIRI. PINUS: Jurnal Penelitian Inovasi Pembelajaran, 1(2). https://doi.org/10.29407/pn.v1i2.164
Section
Artikel