UPAYA MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR PKn MATERI "KEKUASAAN KEHAKIMAN" DENGAN PENERAPAN METODE READING GUID DAN INDEX CARD MATC PADA SISWA KELAS VI SEMESTER II SDN WOROMARTO II
Abstract
ABSTRAK: Metode pembelajaran yang baik adalah metode yang paling dikuasai guru, namun ketika metode yang baik tersebut ternyata tidak menghasilkan hasil belajar yang baik tentunya perlu ditelaah, dikembangkan dan sedapat mungkin ditemukan metodemetode yang baru, agar pembelajaran anak menjadi lebih berhasil. Untuk itulah perlunya dilakukan Penelitian Tidakan Kelas
Penelitian ini di laksanakan di SDN Woromarto II Kecamatan Purwoasri, objek tindakan adalah siswa kelas VI dengan jumlah 35 anak. Kesemuanya dijadikan sebagai sample sebagi bentuk objektivitas perlakuan terhadap siswa.
Teknik pelaksanaan penelitian dilakukan setelah mendapatkan gambaran hasil belajar anak, kemudian dirancang sebuah tindakan, dilaksanakan, dievaluasi serta ditemukan refleksi untuk mengadakan tindakan lebih lanjut. Analisis data dilakuakn setelah selesai evaluasi, sehingga diketahui keberhasilan tiap siklus yang telah dilaksanakan. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua tindakan dan telah menghasilkan temuan yang memuaskan.
Hasil penelitian menunjukkan dengan metode Reading Guid dan Index Card Matc sangat baik untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam memahami pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan pada siswa kelas VI SDN Woromarto II Kecamatan Purwoasri Kabupaten Kediri
Kata Kunci : Reading Guid dan Index Card Matc, Pendidikan Kewarganegaraan.
Downloads
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Copyright on any article is retained by the author(s).
- The author grants the journal, right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work’s authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal’s published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.
- The article and any associated published material is distributed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License