MANAJEMEN SUMBER DAYA OLAHRAGA TENIS LAPANGAN

MANAJEMEN SUMBER DAYA OLAHRAGA TENIS LAPANGAN

  • Isnaini Dina Rahmawati Pascasarjana UNS Surakarta
Abstract views: 775 , PDF (Bahasa Indonesia) downloads: 1050

Abstract

Abstrak

Dewasa ini olahraga memegang peranan penting dalam berbagai aspek kehidupan manusia baik dari segi kesehatan, pendidikan, pembentukan karakter manusia, hingga pembawa martabat bangsa di dunia internasional. Oleh karena itu sangat perlu untuk menumbuhkan kegemaran dalam berolahraga, tidak hanya olahraga sebagai ajang rekreasi untuk memberikan kesehatan fisik serta kebahagian secara rohani tapi juga mampu mengarahkan manusia untuk mengembangkan dan memaksimalkan kemampuan yang dimiliki hingga mampu mencapai puncak prestasi.

Berdasarkan analisis hasil penelitian, maka kesimpulan yang dapat diperoleh penelitian meliputi:

  1. Profil atlet: Secara antropometrik dan fisik, atlet yang telah menjadi binaan PELTI sebagian besar tidak memiliki kesesuaian potensi bakat.
  2. Sumber daya pelatih: Secara kualitas pelatih dan pengelola telah memiliki kesesuaian dan standard kualifikasi, namun mengingat peranan penting PELTI di masa mendatang, kualifikasi sumber daya pelatih dan pengelola yang ada sekarang baru berada pada tahap “asal ada, asal jalan”.
  3. Alat dan fasilitas: Kendala yang paling menonjol justru terletak pada tersedianya alat dan fasilitas yang layak.
  4. Metode pelatihan: Ditinjau dari rencana dan pelaksanaannya, metode pelatihan yang selama ini diterapkan PELTI telah cukup memadai.
  5. Manajemen pengelolaan: Pengcab PELTI membutuhkan pola pengelolaan yang berbasis pada pencapaian prestasi berlanjut. Perhatian yang belum optimal selama ini support dari pihak PEMDA menjadikan pengcab PELTI tersebut sekedar jalan tanpa ada inovasi-inovasi.

 

 Kata kunci : Peran Olahraga, Atlet, Pelatih, Fasilitas, Metode Latihan, Manajemen

Downloads

Download data is not yet available.

PlumX Metrics

Published
2017-11-20
How to Cite
Rahmawati, I. D. (2017). MANAJEMEN SUMBER DAYA OLAHRAGA TENIS LAPANGAN: MANAJEMEN SUMBER DAYA OLAHRAGA TENIS LAPANGAN. PINUS: Jurnal Penelitian Inovasi Pembelajaran, 3(1), 25-31. https://doi.org/10.29407/pn.v3i1.11708