PENINGKATAN PEMAHAMAN GLOBALISASI DENGAN MODEL COOPERATITIVE LEARNING METODE STAD PADA PEMBELAJARAN IPS KELAS VI SEMESTER 1 SDN PULE 2 KEC. KANDAT

Authors

  • Lilis Maesaroh Lestari SDN Pule 2 Kecamatan Kandat Kab. Kediri

DOI:

https://doi.org/10.29407/pn.v1i01.100

Abstract

Abstrak: Penelitian ini mempunyai tujuan untuk meningkatkan pemahaman globalisasi dengan model Cooperative Learning metode STAD pada pembelajaran IPS Kelas VI Semester 1  SD Negeri Pule 2 Kecamatan Kandat. Hipotesisnya, jika prosedur pembelajaran menggunakan model Cooperative Learning metode STAD, maka akan dapat meningkatkan pemahaman siswa terhadap materi globalisasi. Penelitian Tindakan Kelas ini menggunakan model siklus dengan 4 langkah utama yaitu: Perencanaan,pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subyek penelitian adalah siswa kelas VI SD Negeri Pule 2 Kecamatan Kandat Kabupaten Kediri, waktu selama 3 bulan pada semester I Tahun Pelajaran 2010/2011. Pengumpulan data dengan observasi dan tes tertulis. Penelitian ini juga menggunakan metode penelitian deskriptif kuantitatif melalui analisis tes individual dan tes pada kelompok diskusi. Kesimpulannya model Cooperative Learning metode STAD dapat meningkatkan pemahaman globalisasi dengan cara membentuk kelompok-kelompok diskusi. Setiap kelompok diskusi bertanggung jawab untuk mempelajari masalah yang berbeda-beda. Kemudian secara bersama berdiskusi untuk saling menukar pengetahuan, sehingga siswa dapat memahami materi melalui pengalaman mengkontruksi pengetahuannya sendiri.

Kata Kunci: Pemahaman Globalisasi, Model Cooperative Learning, Metode STAD.

Downloads

Download data is not yet available.

PlumX Metrics

Published

2015-04-15

How to Cite

Lestari, L. M. (2015). PENINGKATAN PEMAHAMAN GLOBALISASI DENGAN MODEL COOPERATITIVE LEARNING METODE STAD PADA PEMBELAJARAN IPS KELAS VI SEMESTER 1 SDN PULE 2 KEC. KANDAT. PINUS: Jurnal Penelitian Inovasi Pembelajaran, 1(1). https://doi.org/10.29407/pn.v1i01.100