PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN GEOMETRI BANGUN DATAR BERBASIS TEORI VAN HIELE UNTUK SISWA KELAS VI SEKOLAH DASAR
Abstract
Abstrak: Subjek penelitian adalah siswa kelas VI SD Khadijah Pandegiling Surabaya.Pengembangan modul pembelajaran menggunakan model pengembangan Plomp yaitu(1) Investigasi awal; (2) Desain; (3) Realisasi/konstruksi; (4) Tes, evaluasi, dan revisi;(5) Implementasi dan kualitas modul pembelajaran menggunakan kriteria Nieveen yaituvalid, praktis, dan efektif. Data tentang kevalidan modul pembelajaran diperoleh dari validasi. Hasil validasi yang diperoleh dari tiga validator adalah 3,2 termasuk dalamkategori baik, sehingga modul pembelajaran dikatakan valid dan dapat diujicobakan.Data tentang kepraktisan modul pembelajaran diperoleh dari lembar pengamatanpengelolaan pembelajaran dan aktivitas siswa. Hasil analisis pengelolaan pembelajaranrata-rata kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran menggunakan modulpembelajaran di SD Khadijah Pandegiling Surabaya sebesar 3,6 termasuk dalamkategori baik sedangkan aktivitas siswa pada saat proses pembelajaran menggunakanmodul pembelajaran baik. Data tentang keefektivan diperoleh dari analisis Tes HasilBelajar (THB) dan lembar respon siswa. Hasil analisis THB pada modul pembelajaranreliable, valid, dan sensitive dengan rata-rata nilai siswa 82,8 serta respon siswaterhadap pembelajaran rata-rata 3,13 dalam kategori positifDownloads
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Copyright on any article is retained by the author(s).
- The author grants the journal, the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work’s authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal’s published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.
- The article and any associated published material is distributed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License