Main Article Content

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengaruh penerapanpendekatan scientific dengan model pembelajaran berbasis masalah terhadap berpikirkritis siswa materi manusia dan lingkungannya di sekolah dasar. Penelitian inimenggunakan penelitian True eksperimen dengan rancangan penelitian Pretestposttest
control group design. Subjek penelitian kelas IVA dan kelas IVB SDNSingkalanyar 1 Prambon Nganjuk. Berdasarkan hasil penelitian yang dianalisisdengan menggunakan SPSS 19.0 menunjukkan bahwa ada pengaruh pendekatanscientific dengan model pembelajaran berbasis masalah terhadap berpikir kritis padamateri manusia dan lingkungannya di sekolah dasar dibuktikan dengan t hitung (13,377) > t tabel (2,021). Berdasarkan analisis data, dapat disimpulkan bahwapenerapan pendekatan scientific dengan model pembelajaran berbasis masalah padamateri manusia dan lingkungannya di sekolah dasar dapat digunakan sebagai salahsatu alternatif model pembelajaran yang dapat meningkatkan berpikir kritis siswa.

Article Details

How to Cite
Imron, I. F. (2016). PENGARUH PENERAPAN PENDEKATAN SCIENTIFIC DENGAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH TERHADAP BERPIKIR KRITIS SISWA SEKOLAH DASAR. JURNAL PENDIDIKAN DASAR NUSANTARA, 1(2). Retrieved from https://ojs.unpkediri.ac.id/index.php/pgsd/article/view/218

References

  1. Ahmadi, Khoiru Iif. 2011. Mengembangkan pembelajaran IPS terpadu. Jakarta: PT. Prestasi putrakaraya.
  2. Arends, Richard. 2008. Learning to teach. Yogyakarta: Pustaka belajar
  3. Arikunto, Suharsimi. 2012. Dasar-dasar evaluasi pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara
  4. Aqib, Zainal. 2009. Penelitian Tindakan Kelas untuk guru SD, SLB dan TK. Bandung: Yrama widya.
  5. Brookfield, Stephen. 1987. Developing critical thinkers challenging aadults to explore alternative ways of thinking and acting. San Fransisco: California.
  6. Cahyo, Agus. 2013. Panduan aplikasi teori-teori belajar mengajar teraktual dan terpopuler. Yogyakarta: DIVA Press
  7. Creswell, John. 2012. Reseach design pendekatan kualitatif, kuantitatif dan mixed.Yogyakarta: Pustaka pelajar.
  8. Corich, dkk. Changing Focus From Group To Individual:Using An Automated Tool To Measure Evidence Of Critical Thinking In Discussion Forums.New Zealand: IADIS International Conference on Cognition and Exploratory Learning in Digital Age
  9. Diyas, Devi. 2012. Penerapan Model Problem Based Learning (PBL) Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik Pada Pembelajaran IPA Kelas VIII SMP Negeri 5 Sleman. Universitas Negeri Yogyakarta
  10. Ennis.R.H. 1996.Critical thingking.New Jersey: Simon &Schuster/A Viacom Company