Main Article Content
Abstract
Aplikasi android merupakan hasil pengembangan multimetia interaktif berbasis android. Dalam aplikasi tersebut memuat materi dongeng kelas 3 SD yang berbasis kearifan lokal Jawa Timur dan permainan bahasa sebagai pola penyusun materinya. Tujuan penelitian untuk mengetahui kepraktisan aplikasi android materi dongeng berbasis kearifan lokal dan permainan bahasa. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Instrumen yang digunakan adalah angket uji kepraktisan dan wawancara. Hasil penelitian kepraktisan aplikasi android materi dongeng kelas III SD berbasis kearifan lokal dan permainan bahasa memperoleh skor 93,8%. Skor tersebut dikategorikan dalam sangat praktis dan dapat digunakan tanpa revisi.
Keywords
Article Details
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
1. Copyright on any article is retained by the author (s)
2. The author grants the journal, right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work’s authorship and initial publication in this journal.
3. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal’s published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
4. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.
5. The article and any associated published material is distributed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License
References
- Ahmad, Arifin. 2017. Penerapan Permainan Bahasa (KATARIS) untuk Meningkatkan Keterampilan Membaca Siswa Kelas IV A SD Negeri 1 Metro Pusat. Eduhumaniora: Jurnal Pendidikan Dasar. Vol. 9, No.2, Juli 2017 Hal: 75-83. https://ejournal.upi.edu/index.php/eduhumaniora/article/view/7024
- Akbar, Sa’dun. 2011. Pengembangan Kurikulum dan Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial. Yogyakarta: Cipta Media.
- Azizah, Aida, dkk. 2017. Pembelajaran Apresiasi Dongeng sebagai Upaya Optimalisasi Pendidikan Karakter Menuju Masyarakat Ekonomi ASEAN. The 1st Education and Language International Conference Proceedings Center for International Language Development of Unissula. Mei 2017. Unissula.
- Creswell, J. W. (2012). Educational research, Planning, Conducting, And Evaluating Quantitative And Qualitative Research (4th ed.). pearson.
- Damariswara, Rian. 2018. Konsep Dasar Kesusastraan. Banyuwangi: LPPM IAI Ibrahimy.
- Damariswara, Rian dan Karimatus Saidah. 2020. Pengembangan Permainan Bahasa Berorientasi Kearifan Lokal Jawa Timur di Sekolah Dasar. Pedagogia: Jurnal Pendidikan. Vol. 9 No. 1 Hal. 137- 147. https://journal.umsida.ac.id/index.php/pedagogia/article/view/127
- Djuanda, Dadan. 2006. Pembelajaran Bahasa Indonesia yang Komunikatif dan Menyenangkan. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.
- Gusal, La Ode. 2015. Nilai-Nilai Pendidikan Dalam Cerita Rakyat Sulawesi Tenggara. Jurnal Humanika Vol.3 No 15. http://ojs.uho.ac.id/index.php/HUMANIKA/article/view/611
- Habsari, Zakia. 2017. Dongeng sebagai Pembentuk Karakter Anak. Bibliotika: Jurnal Kajian Perpustakaan dan Informasi. Vol. 1, No.1, April 2017, Hal: 21-29. http://journal2.um.ac.id/index.php/bibliotika/article/view/703
- Huang, R., Chen, G., Yang, J., & L. (2013). The new Shape of Learning: Adapting to Social Changes in The Information Society. (R.Huang &J.M Spector (ed.)). Springer. https://doi.org/https://doi.org/10.1007/978-3-642-32301-0_1
- Irsan, Muhammad. 2015. Rancang Bangun Aplikasi Mobile Notifikasi Berbasis Android untuk Mendukung Kinerja di Instansi Pemerintahan. Jurnal Sistem dan Teknologi Informasi. Vol. 3, No. 1 Maret 2015 Hal 115-120. https://jurnal.untan.ac.id/index.php/justin/article/view/9984
- Karmila, Mila, dkk. 2011. Pengaruh Metode Pembelajaran Permainan Bahasa Peningkatan Kreativias Anak. Jurnal Pendidikan PAUDIA, Vol. 1, No.1, 2011, 124-146. http://journal.upgris.ac.id/index.php/paudia/article/view/263
- Khotimah, Chusnul, dkk. 2020. Penanaman Karakter Gemar Membaca Melalui Program Literasi Sekolah Rakica di SDN Taman Ciruas Permai. Jurnal Pendidikan Dasar Nusantara. Vol.6 No. 1 Juli 2020. Hal 146-162. https://ojs.unpkediri.ac.id/index.php/pgsd/article/view/14424
- Ngalimun dan Alfulaila, N. 2014. Pembelajaran Keterampilan Bahasa Indonesia. Yogyakarta: Aswaja Presindo.
- Nurani, Riga Zahara. 2017. Pengaruh Strategi Directed Listening Thinking Activity (DLTA) Berbantuan Media Audio terhadap Kemampuan Menyimak Dongeng. Dwija Cendikia: Jurnal Riset Pedagogik, Vol. 1, No.2, 79-86. https://jurnal.uns.ac.id/jdc/article/view/16166
- Priyatna, Muhamad. 2016. Pendidikan Karakter Berbasis Kearifan Lokal. Jurnal Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam, Vol. 5, Juli 2016. 1311-1321. https://jurnal.staialhidayahbogor.ac.id/index.php/ei/article/view/6
- Safaat, Nasruddin. 2012. Pemrograman Aplikasi Mobile Smartphone dan Tablet PC Berbasis Android. Bandung: Informatika Bandung.
- Saidah, Karimatus dan Rian Damariswara. 2019. Pengembangan Bahan Ajar Materi Dongeng Berbasis Kearifan Lokal Jawa Timur bagi Siswa Kelas III SD. Jurnal Pendidikan Dasar dan Pembelajaran Premiere Educandum. Vol. 9 No. 1 Hal 73-81 Juni 2019. http://e-journal.unipma.ac.id/index.php/PE/article/view/4320
- Sibarani, R. 2014. Kearifan Lokal Gotong-Royong pada Upacara Adat Etnik Batak. Medan: Badan Perpustakaan, Arsip dan Dokumentasi Provinsi Sumatera Utara
- Shufa, Naela Khusna Faela. 2018. Pembelajaran Berbasis Kearifan Lokal di Sekolah Dasar: Sebuah Kerangka Konseptual. Inopendas Jurnal Ilmiah Kependidikan, Vol. 1, No.1, Februari 2018, Hal: 48-53. https://jurnal.umk.ac.id/index.php/pendas/article/view/2316
- Suyitno, Imam. 2012. Pengembangan Pendidikan Karakter dan Budaya Bangsa Berwawasan Kearifan Lokal. Jurnal Pendidikan Karakter, Tahun II, Nomor 1, Februari 2012. https://journal.uny.ac.id/index.php/jpka/article/view/1307
- Wahyuddin, Wisrawaty. 2016. Kemampuan Menentukan Isi Cerita Rakyat Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Raha. Jurnal Bastra, Vol.1, No. 1 Maret 2016. Hal:1-21. http://ojs.uho.ac.id/index.php/BASTRA/article/view/1060
- Winata, Anggun, dkk. 2020. Upaya Peningkatan Kemampuan Berpikir Kreatif Mahasiswa dengan Pembelajaran Kooperatif Berbasis Android. Jurnal Pendidikan Dasar Nusantara. Vol.6 No. 1 Juli 2020. Hal 1-11. https://ojs.unpkediri.ac.id/index.php/pgsd/article/view/14523
- Yanti, M. T., Kuntarto, E., & Kurniawan, A. R. (2020). Pemanfaatan Portal Rumah Belajar Kemendikbud Sebagai Model Pembelajaran Daring Di Sekolah Dasar. Adi Widya Jurnal Pendidikan Dasa Vol.5 no.1 r. https://ejournal.ihdn.ac.id/index.php/AW/article/view/1306