Pelatihan Penulisan Karya Ilmiah Untuk Guru Sekolah Dasar Pada Anggota Gugus 1 Kecamatan Ringinrejo Kabupaten Kediri

  • Erwin Putera Permana Universitas Nusantara PGRI Kediri http://orcid.org/0000-0002-9687-7207
  • Endang Sri Mujiwati Universitas Nusantara PGRI Kediri
  • Sutrisno Sahari Universitas Nusantara PGRI Kediri
  • Novi Nitya Santi Universitas Nusantara PGRI Kediri
  • Rian Damariswara Universitas Nusantara PGRI Kediri
  • Bagus Amirul Mukmin Universitas Nusantara PGRI Kediri
  • Farida Nurlaila Zunaidah Universitas Nusantara PGRI Kediri
  • Kukuh Andri Aka Universitas Nusantara PGRI Kediri
  • Karimatus Saidah Universitas Nusantara PGRI Kediri
Abstract views: 99 , PDF (Bahasa Indonesia) downloads: 0

Abstract

 

Kemampuan menulis bagi guru menjadi tuntutan profesinya. Bagi pengembangan karirnya guru wajib memenuhi syarat berupa penulisan karya ilmiah. Syarat ini seringkali menjadi   penghambat   kenaikan   jenjang   pangkat   bagi   guru   mengingat   rendahnya kemampuan dan minat menulis di kalangan mereka. Kegiatan yang akan dilaksanakan dalam pelatihan ini adalah kegiatan workshop menulis karya ilmiah, dimana pada tahap pertama peserta mendapatkan   materi   yang   berkaitan   dengan  penulisan karya  ilmiah. Selanjutnya, pada tahap kedua, peserta diwajibkan membuat karya ilmiah dengan menggunakan metode pendampingan, partisipatif, serta terbimbing. Tahap ketiga peserta mengumpulkan tugas karya ilmiah dilanjutkan dengan diskusi yang melibatkan semua personalia pengabdian dan peserta pelatihan. Pengabdian masyarakat ini dilakukan oleh dosen-dosen PGSD yang berbentuk kegiatan workshop penyusunan karya ilmiah bagi Guru Sekolah Dasar Pada Anggota Gugus 1 Kecamatan Ringinrejo Kabupaten Kediri. Materi teoritis tentang karya ilmiah dan pendampingan tentang praktik penyusunan penelitian tindakan kelas ini dapat menghasilkan output berupa proposal dan rancangan laporan penelitian tindakan kelas, diharapkan guru memiliki wawasan untuk menyusun penelitian tindakan kelas, disamping itu guru memiliki pengalaman dalam melakukan kegiatan penelitian.

References

Ani Widayati. 2008. Penelitian Tindakan Kelas. Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia. Vol. VI. No. 1. Tahun 2008.
Departemen Pendidikan Nasional. 2008. Pedoman Block Grant Penelitian Tindakan Kelas.Tahun 2008.
Ishariwi. 2008. Identifikasi dan Formulasi masalah Dalam Penelitian Tindakan. Makalah Pelatihan PTK Bagi Guru Di Propinsi DIY. Lembaga Penelitian UNY. 2008.
Khisbiyah, Yayah.2000. Struktur, Alur dan Pengorganisasian Gagasan dalam Pembudayaan Penulisan Karya Ilmiah. Surakarta. UMS Press.
Maryadi. 2000. Pengertian Karya Ilmiah. dalam Pembudayaan Penulisan Karya Ilmiah. Surakarta. UMS Press.
Rahmawati, Diana. 2008. Penelitian tindakan Kelas.Makalah men (Online) http://staff.uny.ac.id/sites/default/files/pengabdian/diana-rahmawati-msi/penelitian- tindakan-kelas.pdf
Sukanti. 2008. Meningkatkan Kompetensi Guru Melalui Pelaksanaan Penelitian Tindakan Kelas. Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia. Vol. VI. No. 1. Tahun 2008.
Undang-undang RI Nomor 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen.
Published
2017-11-30
How to Cite
Permana, E. P., Mujiwati, E. S., Sahari, S., Santi, N. N., Damariswara, R., Mukmin, B. A., Zunaidah, F. N., Aka, K. A., & Saidah, K. (2017). Pelatihan Penulisan Karya Ilmiah Untuk Guru Sekolah Dasar Pada Anggota Gugus 1 Kecamatan Ringinrejo Kabupaten Kediri. Jurnal ABDINUS : Jurnal Pengabdian Nusantara, 1(1), 53-68. https://doi.org/10.29407/ja.v1i1.11729