Implementasi Metode Least Square dan Weighted Moving Average Untuk Menganalisis Jumlah Kunjungan Wisatawan

  • Faradilla Ratna Dewi Teknik Informatika, Fakultas Teknik, Universitas Nusantara PGRI Kediri
  • Intan Nur Farida Teknik Informatika, Fakultas Teknik, Universitas Nusantara PGRI Kediri
  • Niska Shofia Teknik Informatika, Fakultas Teknik, Universitas Nusantara PGRI Kediri
Abstract views: 13 , PDF (Bahasa Indonesia) downloads: 8
Keywords: Least Square, Weighted Moving Average, Kunjungan Wisatawan

Abstract

Abstrak Bukit Dhoho Indah Kediri adalah salah satu objek wisata di kota Kediri. Tingkat kunjungan bukit dhoho indah kediri ini di waktu liburan bisa melonjak tajam dan di hari- hari biasa bisa menurun tidak menentu, karena sistem yang masih manual, pihak manajemen Bukit Dhoho Indah masih kesulitan dalam menentukan biaya operasional dan pemanggilan pegawai harian lepas apabila mengalami lonjakan kunjungan wisatawan. Dengan adanya masalah ini dari pihak pengelola harus dapat memprediksi jumlah pengunjung, yang akan datang di Bukit Dhoho Indah Kediri. Untuk itu pada prediksi jumlah kunjungan wisatawan akan dilakukan dengan Metode Least Square dan Weighted Moving Average yang dapat memberikan hasil peramalan nilai pengunjung hampir mendekati data sebenarnya. Sehingga dapat mengetahui prediksi jumlah pengunjung di Bukit Dhoho Indah Kediri untuk jangka panjang. Metode Least Square dan Weighted Moving Average memiliki tingkat akurat yang tinggi dan nilai eror yang rendah. Penelitian ini meggunakan data antara januari 2016 sampai Maret 2019 yang dapat diramalkan secara harian, mingguan, dan bulanan. Selain itu dapat mempercepat proses perhitungan hasil peramalan. Bahwa dari hasil uji coba dengan Metode Least Square dan Weighted Moving Average didapatkan hasil memprediksi jumlah pengunjung Bukit Dhoho Indah Kediri dengan tingkat akurat tinggi dan mampu meramalkan dengan nilai error yang rendah sampai 0,06%.

References

Aria, Bayu Elfajar.2017. Peramalan Jumlah Kunjungan Wisatawan Kota Batu Menggunakan Metode Time Invariant Fuzzy Time Series. Skripsi. Fakultas Ilmu Komputer. Universitas Brawijaya.
Aulia, Umar Nur al Saffa.2016. Pengembangan Sistem Informasi Penjualan Dan Peramalan Jual Beli Menggunakan Metode Weighted Moving Average .Vol .2 Hal 138-143.
Danar, Putra Pamungkas.2016. Implementasi Metode Least Square Untuk Prediksi Penjualan Tahu Pong.No.2 Vol .2 Hal 75-81.
Dewa, Putu Yudhi Ardiana,2018. Sistem Informasi Peramalan Persediaan Barang Menggunakan Metode Weighted Moving Average. No.01 Vol .04 Hal 71-89.
Nur Fathatu Elhana. 2018. Sistem Peramalan Jumlah Pengunjung Wisata Bajak Laut Masangan Gresik Menggunakan Metode Least Square. Skripsi. Teknik Informatika. Univ. Islam Lamogan.
Published
2021-04-29
How to Cite
Faradilla Ratna Dewi, Intan Nur Farida, & Niska Shofia. (2021). Implementasi Metode Least Square dan Weighted Moving Average Untuk Menganalisis Jumlah Kunjungan Wisatawan. Nusantara of Engineering, 4(1), 81. https://doi.org/10.29407/noe.v4i1.15914