IMPLEMENTASI METODE CERTAINTY FACTOR UNTUK MENGIDENTIFIKASI PENYAKIT TANAMAN KEDELAI DAN PADI

  • Puji Karuniawan Teknik Informatika, Fakultas Teknik, Universitas Nusantara PGRI Kediri
  • Intan Nur Farida Teknik Informatika, Fakultas Teknik, Universitas Nusantara PGRI Kediri
  • Julian Suhertian Teknik Informatika, Fakultas Teknik, Universitas Nusantara PGRI Kediri
Abstract views: 116 , PDF (Bahasa Indonesia) downloads: 77
Keywords: Certainty Factor, Tanaman Padi, Tanaman Kedelai

Abstract

Tanaman kedelai dan padi yang tumbuh tidak sehat biasanya diakibatkan munculnya penyakit yang menyerang tanaman, berakibat kegagalan panen. Untuk meningkatkan produktivitas tanaman kedelai dan padi maka petani wajib mengenali kondisi kesehatan tanaman sejak masa tanam, akan tetapi kurangnya pengetahuan terhadap kondisi dilapangan khususnya penyakit tanaman kedelai dan padi mengakibatkan petani tidak dapat menanganinya dengan baik. Penelitian ini menghasilkan sebuah sistem pakar dengan menggunakan metode certainty factor untuk mengidentifikasi penyakit tanaman kedelai dan padi yang dibuat menggunakan Bahasa pemrograman PHP dan database MySql. Dengan Certainty Factor, mengasumsikan nilai keyakinan dari seorang pakar. Dengan adanya sistem pakar ini, dapat membantu para petani dan penyuluh pertanian dalam mendeteksi penyakit pada tanaman kedelai dan padi, serta dapat mempercepat waktu pengerjaan diagnosa penyakitnya serta dapat memberikan solusinya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode certainty factor dapat digunakan untuk mengidentifikasi penyakit dengan tingkat akurasi sebesar 93% dari 14 kasus berbeda yang dikeluarkan oleh pakar.

References

A, F. S., & R, N. W. (2016). Sistem Pakar Diagnosa Penyakit Tanaman Kedelai Menggunakan Metode Forward Chaining Berbasis Web. Jurnal Antivirus, 10(2), 78-90.
Ginting, N. S., & Sinaga, A. S. (2018). Sistem Pakar Diagnosa Penyakit Kacang Kedelai Menggunakan Metode Certainty Factor. Jurnal KomTekInfo, 5(1), 36-41.
Hartati, S., & Iswanti, S. (2008). Sistem Pakar dan Pengembangannya. Yogyakarta: Graha Ilmu.
Muliadi. (2019). Analisis Diagnosa Penyakit Tanaman Padi Dengan Metode Fuzzy Inference System Dan Certainty Factor. Jurnal Ilmu Komputer, 5(1), 110-121.
R, T., & T, T. (2016). Sistem Pakar Identifikasi Hama dan Penyakit Padi menggunakan Html5. Jurnal Internasional Penelitian Lanjutan dalam Ilmu Komputer, 7(3), 78-86.
Sigit, P. (2013). Metode Penelitian dan Pengembangan. Jurnal Literasi, 4(1), 19-32.
Supono, & Virdiandry, P. (2016). Pemograman Web Dengan. Menggunakan PHP dan Framework Codeigniter. Yogyakarta: Deepublish.
Syarifuddin, L. O. (2016). Sistem Pakar Mendeteksi Penyakit Tanaman Jagung Denga Metode Forward Chaining. Jurnal Sistem Informasi dan Teknik Komputer Catur Sakti, 1(2), 49-54.
Published
2021-04-28
How to Cite
Puji Karuniawan, Intan Nur Farida, & Julian Suhertian. (2021). IMPLEMENTASI METODE CERTAINTY FACTOR UNTUK MENGIDENTIFIKASI PENYAKIT TANAMAN KEDELAI DAN PADI. Nusantara of Engineering, 4(1), 1. https://doi.org/10.29407/noe.v4i1.15902