Implementasi Metode Forward Chaining Untuk Mengetahui Tipe Kepribadian Siswa Pada SMK Negeri 2 Bagor

  • Indah Purwitosari Teknik Informatika, Fakultas Teknik, Universitas Nusantara PGRI Kediri
  • Intan Nur Farida Teknik Informatika, Fakultas Teknik, Universitas Nusantara PGRI Kediri
  • Siti Rochana Teknik Informatika, Fakultas Teknik, Universitas Nusantara PGRI Kediri
Abstract views: 10 , PDF (Bahasa Indonesia) downloads: 6
Keywords: Forward Chaining, Kepribadian, Sistem Pakar

Abstract

Kepribadian merupakan tingkah laku dari setiap individu untuk menyesuaikan diri dengan individu lainnya dan lingkungan sekitarnya. Sistem pakar merupakan sistem informasi berisi pengetahuan dari seorang pakar sehingga dapat digunakan untuk mengambil keputusan. Pengetahuan pada sistem yang
dibuat ini menggunakan teori Holland untuk mengetahui tipe-tipe kepribadian dan karir. Untuk mengetahui tipe kepribadian seseorang maka dilakukan tes kepribadian. Di SMK Negeri 2 Bagor tes kepribadian masih menggunakan cara manual dengan memberikan lembaran kuisioner untuk menentukan kepribadian setiap siswa. Penilaian yang dilakukan secara manual dengan memeriksa lembar jawaban setiap siswa membutuhkan waktu yang lama. Sistem ini diimplementasikan menggunakan metode forward chaining. Metode forward chaining dimulai dengan proses penalaran dari fakta terlebih dahulu untuk
menguji kebenaran hipotesis. Proses pencarian datanya dimulai dari premis-premis menuju kesimpulan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tipe kepribadian siswa dan memberikan saran jenis pekerjaan yang sesuai dengan kepribadiannya. Hasil evaluasi dari 10 data uji coba menghasilkan tingkat akurasi sebesar 90%, dimana 9 hasil diagnosa sesuai dengan pakar dan 1 diagnosa yang tidak sesuai.

References

Budiharto,W.,Suhartono. 2014. Artificial Intelligence konsep dan peneranpan-nya. Yogyakarta : Andi Offset.
Hartati, Sri dan Sari Iswanti. 2008. Sistem Pakar dan Pengembangannya. Graha Ilmu.Yogyakarta.
Holland.1985.Making Vocational Choices: A Theory of Vocational Personalities and Work Environments, 2nd edition.Prentice Hall.
Holland,J.L. 1997. Making vocational choices: A theory of vocational personalities and work environments,3rd ed. Odessa, FL: Psychological Assessment Resources.
Kosasi Raflis, Drs.,Soetjipto, Prof. 2004. Profesi keguruan /Soetjipto, Raflis Kosasi. Jakarta : Rineka Cipta.
Rohani, Abbas., et al.,. 2017. A novel soft computing model (Gaussian process regression with K-fold cross validation) for daily and monthly solar radiation forecasting (Part: I). Renewable Energy, 115, 411-422.
Wardiana, Tobing. 2012. Sistem Pakar Deteksi Karakteristik dan Kepribadian Diri Menggunakan Metode Forward Chaining. Jurnal Informatika Merdeka Pasuruan. Vol 3,No.1 Maret: 35.
Whitney,F.L. 1960. The elements of Research Asian Eds. Osaka : Overseas Book Co.
Published
2021-04-29
How to Cite
Indah Purwitosari, Intan Nur Farida, & Siti Rochana. (2021). Implementasi Metode Forward Chaining Untuk Mengetahui Tipe Kepribadian Siswa Pada SMK Negeri 2 Bagor. Nusantara of Engineering, 4(1), 54. https://doi.org/10.29407/noe.v4i1.15911