Strategi Menarik Kaum Milenial Untuk Investasi Di Sektor Keuangan : Langkah Apa Yang Harus Dilakukan ?

Analisis Perilaku Keuangan Dan Kompetensi Keuangan Serta Minat Investor Muda Dalam Pengambilan Keputusan Investasi Keuangan

  • Herlinda Maya Kumala Sari Universitas Muhammadiyah sidoarjo
  • Sriyono Sriyono Universtas Muhammadiyah Sidoarjo
  • Nihlatul Kudus Sukma N Universtas Muhammadiyah Sidoarjo
Abstract views: 568 , pdf downloads: 438
Keywords: Young investors, financial investment, decision making

Abstract

Investor muda merupakan pasar besar untuk dilakukan edukasi melakukan investasi di sector keuangan karena jumlah usia muda cukup banyak. Namun demikian untuk menarik investor tidak mudah, khususnya investor keuangan karena dalam investasi keuangan resiko yang terjadi berdampak langsung pada investor. Investor yang paling potensial untuk mendapat edukasi tentang pentingnya pengambilan keputusan untuk melakukan investasi keuangan adalah kalanganmuda. Mengingat jumlah penduduk Indonesia di usia muda cukup banyak maka merupakan pasar besar untuk menarik mereka melakukan investasi di sector keuangan.

            Metodelogi penelitian yang digunakan adalah melalui pendekatan kuantitaf dengan menggunakan kuesioner, setelah data diperoleh dilakukan tabulasi data. Setelah tabulasi data diikutidengan uji diskriptif dan uji asumsi klasik. Tahapan akhirnya dilakukan uji hypotesa dengan uji t dan uji kesesuaian model. Alat analisis yang akan digunakan dalam Analisa iniadalah PLS.

            Berdasarkan analisis data menggunakan alat analisis PLS sehingga diperoleh solusi yang dapat digunakan untuk mengatasi problem yang ada. Ditemukan hubungan antara perilaku keuangan dan kompetensi keuangan serta minat investor muda terhadap pengambilan keputusan investasi keuangan. Jadi pengambilan keputusan investasi keuangan oleh kaum muda dipengaruhi oleh beberapa factor yaitu perilaku, kompetensi dan minat.

 

Kata Kunci: Investor muda, investasi keuangan, pengambilan keputusan, analisis

 

 

Downloads

Download data is not yet available.

References

Aisyah, Edina. (2012). Pengaruh Perilaku Konsumen Terhadap Keputusan Pembelian Blackberry, Studi Kasus di. Institut Manajemen Telkom.

Buol, Adolof. R (2019). Penduduk Indonesia akan capai 270 juta pada 2020. Retrieved from https://zonautara.com/2019/09/14/penduduk-indonesia-akan-capai-270-juta-pada-2020/

Cahyadin, M., &Milandari, D. O. (2009). Analisis Efficient Market Hypothesis (EMH) di Bursa Saham Syariah 2005:1 - 2008:11, III(2), 223–236. Retrieved from http://journal.uii.ac.id/index.php/JEI/article/download/2564/2352

Chandra, Abhijeet. (2009). ‘Individual investor’s trading behavior and the competence effect’. Journal of Behavioral Finance. Vol. 6. No. 1. pp. 56-70

Christanti, Natalia dan Linda A Mahastanti (2011) Faktor-Faktor Yang Dipertimbangkan Investor DalamMelakukanInvestasi. JurnalManajemenTeori dan Terapan, Tahun 4, No. 3, hal. 37-52.

Dessler, Gary, 2009, Manajemen SDM : buku 1. Jakarta: Indeks

Durianto, D., dan Liana, C. (2004). Analisis efektivitas iklan televisi softener soft & fresh di jakarta dan sekitarnya dengan menggunakan consumen decision model. Jurnal Ekonomi Perusahaan.Vol.11 (no.1): 35-55.

Ezama, Barbara., dan Beatriz. 2014. Can we predict individual investors’ behavior in stock markets? A psychological approach. Univ. Psychol, Vol.13, p.1. ISSN: 1657-9267 / EISSN: 2011-2777.

Feng, Lei dan Mark S Seasholes (2005) Do Investor Sophistication and Trading Experience Eliminate Behavioral Biases in Financial Markets?. Review of Finance, Vol. 9, No. 3, hal. 305.

Ferdinand. 2002. Manajemen Pemasaran. Edisi Pertama. Jilid 1. Jakarta: Erlangga.

Fromlet, Hubert. 2001. Behavioral Finance – Theory and Practical Application. Palgrave Macmillan Journal. Vol. 36, No. 3. pp. 63-69.

Glaser, Markus, and Martin Weber. 2003. Overconfidence and Trading volume, Working .Paper, Universität Mannheim.

Graham, J., Harvey, C., Huang, H. (2005). Investor Competence, Trading Frequency, and Home Bias. NBER Working Paper.

Grohmann, Antonia, et al. 2015. Childhood Roots of Financial literacy. Discussion Paper. Deutsches Institut für Wirtschaftsforschung. http://www.diw.de/documents/publikatio nen/73/diw_01.c.513784.de/dp1504.pdf Diakses pada 12 Maret 2017

Hahn, Fred E. 2002. Beriklan dan Berpromosi Sendiri. Jakarta : PT. Gramedia. Pustaka Utama

Hair, J. F., Ringle, C. M., &Sarstedt, M. (2013). Editorial Partial Least Square Structural Equation Modeling: Rigorous Applications, Better Results and Higher Acceptance. ELSEVIER, 1-12

Haryono, Siswoyo (2017). Metode SEM Untuk Penelitian Manajemen, AMOS, LISREL, dan PLS, Jakarta: PenerbitLuxima Metro Media

Hayes, Suzanne K. (2010) Exploring Investor Decisions in a Behavioral Finance Framework. Journal of Family and Consumer Sciences, Vol. 102, No. 2, hal. 56-60.

Hidayat, Riskin (2010) Keputusan Investasi dan Financial Constraints: Studi Empiris Pada Bursa Efek Indonesia. Buletin Ekonomi Moneter dan Perbankan, hal. 457-481

Hutapea, Parulian dan Nurianna Thoha, 2008, Kompetensi Plus : Teori, Desain, Kasus dan Penerapanuntuk HR dan Organisasi yang Dinamis, Penerbit : Gramedia Pustaka Utama, Jakarta

Jahanzeb, Agha, Saqib Muneer, dan Saifur Rehman (2012) Implication of Behavioral Finance in Investment Decision-making Process. Information Management and Business Review, Vol, 4, No, 10, hal. 532-536.

Jureviciene, Daiva dan Olga Ivanova (2013) Behavioral Finance: Theory And Survey. Mokslas: Lietuvos Ateitis, Vol. 5, No. 1.

Kuncoro, Mudrajad. 2003. Metode Riset untuk Bisnis & Ekonomi. Jakarta: Erlangga.

Maghfiroh, as’alul, Zainul Arifin, Sunarti (2016 ). Pengaruh Citra Merek Terhadap Minat Beli Dan Keputusan Pembelian, Jurnal Administrasi Bisnis (JAB), Vol. 40, No.1

Malhotra, N.K., 2009, Riset Pemasaran, Edisi keempat, Jilid 1, PT Indeks, Jakarta

Na’im, Ainun (2010) Pengambilan Keputusan, Pertimbangan dan Bias. Pidato Pengukuhan Jabatan Guru Besar. Yogyakarta: FakultasEkonomi dan Bisnis, Universitas Gadjah Mada.

Nofsinger, John R 2005, Psychology Of Investing, Edisi Kedua, New Jersey: Preentice- Hall Inc.

Perreau, F. 2014. The Consumer Factor. The Consumer Buying Decision Process. http://theconsumerfactor.com/en/5-stages-consumer-buying decisionprocess Accessed on 29 December 2014.

Peteros, Randall dan John Maleyeff (2013) Application of Behavioural Finance Concepts to Investment Decision-Making: Suggestions for Improving Investment Education Courses. International Journal of Management, Vol. 30, No. 1, hal. 249-261.

Purnama, Rucita. (2013). Pengaruh Perilaku Konsumen Terhadap Keputusan Pembelian iPhone di Kota Bandung tahun 2012. Universitas Telkom.

Puspitaningtyas, Zarah dan Agung W Kurniawan (2012) Prediksi Tingkat PengembalianInvestasiBerupaDevidend Yield BerdasarkanAnalisis Financial Ratio. Majalah EKONOMI: Telaah Manajemen, Akuntansi dan Bisnis, Vol. 16, No. 1, hal. 89-98

Ricciardi, Victor and Helen K. Simon. 2000. What is Behavioral Finance?. https://www.researchgate.net/publication /234163799

Simamora, Bilson. 2002. Panduan Riset Perilaku Konsumen. PT Gramedia Pustaka Utama, Jakarta

Shiller, R.J. And Pound, J. (1989). Survey Evidence On Diffusion Of Interest And Information Among Investors. Journal Of Economic Behaviour And Organization, 12 (1), 47–66.

Statman, Meir (1995), Behavioral Finance versus Standard Finance, AIMR Conference Proceedings , : https://www.researchgate.net/publication/247880912, diaksestgl 2 Agustus 2010, jam 20.00 WIB

Tanusdjaja, (2018) Keputusan Investasi Investor Individu Berdasarkan Kompetensi, Overconfidence, Dan Pendidikan, Jurnal Muara Ilmu Ekonomi dan Bisnis ISSN 2579-6224 (Versi Cetak) Vol. 2, No. 1, April 2018: hlm 234 - 244

Vyas, Ravi (2012) Mutual Fund Investor’s Behaviour And Perception In Indore City. Researchers World, Vol. 3, No. 3, hal. 67-75.

Yoestini, dan Eva Sheila. R. (2007). Jurnal Sains Pemasaran Indonesia. Vol VI.(no.3): 261-276, Jakarta.

PlumX Metrics

Published
2021-04-12
How to Cite
Sari, H. M. K., Sriyono, S., & N, N. K. S. (2021). Strategi Menarik Kaum Milenial Untuk Investasi Di Sektor Keuangan : Langkah Apa Yang Harus Dilakukan ? Analisis Perilaku Keuangan Dan Kompetensi Keuangan Serta Minat Investor Muda Dalam Pengambilan Keputusan Investasi Keuangan. JURNAL NUSANTARA APLIKASI MANAJEMEN BISNIS, 6(1), 86 - 99. https://doi.org/10.29407/nusamba.v6i1.14365