Pemanfaatan UCD untuk Membangun Next-Gen Bus System

Authors

  • Kukhuh Agung Prasetyo Universitas Nusantara PGRI Kediri
  • Cindy Weka Wulandari
  • Rita Aprilia
  • Tanti Sahara Ningrum
  • Rosita Eka Saputri

Keywords:

transportasi bus, inovasi, kecerdasan buatan (AI)

Abstract

Penurunan minat masyarakat terhadap transportasi umum khususnya bus dalam 5 tahun terakhir ini terjadi cukup signifikan, Hal ini terjadi hampir di semua kota-kota besar di Indonesia. Faktor-faktor penyebabnya antara lain kurangnya pelayanan dan fasilitas yang memadai, ketidakpastian jadwal kedatangan bus, penggunaan bahan bakar yang tidak ramah lingkungan serta tingginya angka kecelakaan. Tujuan penelitian ini adalah dengan mengusulkan inovasi “NEXT-GEN BUS SYSTEM” yang mengintegrasikan aplikasi mobile dengan infrastruktur bus menggunakan teknologi kecerdasan buatan (AI). Aplikasi ini menyediakan informasi waktu nyata tentang jadwal keberangkatan, posisi bus, dan ketersediaan kursi, serta fitur pembayaran online dan pengecekan tiket. Infrastruktur bus juga akan ditingkatkan dengan pengisian daya listrik, panel surya, sensor, QR code, dan lampu indikator. Dalam mencapai tujuan penelitian diterapkan metode User Centered Design (UCD) dimana metode ini berfokus pada perancangan dalam kegiatan pengembangan sistemnya. Inovasi ini diharapkan dapat meningkatkan efisiensi dan kenyamanan pengguna transportasi umum, serta berkontribusi pada pengurangan polusi udara.

References

Badan Pusat Statistik, “Jumlah Penumpang dan Pendapatan Trans Jakarta menurut Koridor/Rute 2019-2021.” Accessed: Jul. 29, 2024. [Online]. Available: https://jakarta.bps.go.id/indicator/17/812/1/jumlah-penumpang-dan-pendapatan-trans-jakarta-menurut-koridor-rute.html

B. Mardikawati, I. A. Masyuni, and A. E. Nugraha, “KENYAMANAN SEBAGAI FAKTOR DOMINAN PEMILIHAN MODA TRANSPORTASI HASIL KUESIONER PENUMPANG BUS ANTAR PROPINSI DARI TERMINAL MENGWI BALI,” Jurnal Teknologi Transportasi dan Logistik, vol. 4, no. 1, 2023.

Yuthsi Aprilinda, “Automatic Counting Menggunakan Metode Haversine Untuk Menghitung Jumlah Penumpang Bus”.

Muhamad Haris Dharmawan Pratama, Giva Andriana Mutiara, and Lisda Meisaroh, “Sistem Pemberitahuan

Kedatangan/Keberangkatan Bus Berdasarkan Waktu Nyata Dan Pelacakan Bus,” 2023.

Eka Rahmawati, Supratiwi Supratiwi, and Nunik Retno Herawati, “Implementasi Penggunaan Aplikasi Teman Bus pada Batik Solo Trans di Kota Surakarta Tahun 2022,” 2022.

Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan, “Uji Emisi dan Kendaraan Listrik Jadi Solusi Tekan Polusi.” Accessed: Jul. 29, 2024. [Online]. Available: https://ppid.menlhk.go.id/berita/siaran-pers/7311/uji-emisi-dan-kendaraan-listrik-jadi-solusi-tekan-polusi

M. Perwira, D. 1✉, and M. Kholmi, “Analisis Peningkatan Kualitas Udara di Terminal: Strategi Mengurangi Emisi Gas Buang dari Armada Bus”.

Nadiyah Rahmalia, “User-centered Design: Definisi, Manfaat, Prinsip, dan Proses Perancangannya.” Accessed: Jul. 29, 2024. [Online]. Available: https://glints.com/id/lowongan/user-centered-design-adalah/

Nadya Nafisah, “User Centered Design: Pengertian, Fungsi, dan Tahapannya,” 2024.

Sadia Aziz, “Important Steps In A User Centered Product Design Process.” Accessed: Jul. 29, 2024. [Online]. Available: https://invozone.com/blog/user-centered-design-process/

A. Husein Malahella and I. Arwani, “Pemanfaatan Framework React Native dalam Pengembangan Aplikasi Pemesanan Minuman Kopi pada Kedai Bycoffee,” 2020. [Online]. Available: http://j-ptiik.ub.ac.id

I. Kurniawan and F. Rozi, “REST API Menggunakan NodeJS pada Aplikasi Transaksi Jasa Elektronik Berbasis Android,” 2020. [Online]. Available: http://jurnal-itsi.org

A. Zalukhu et al., “PERANGKAT LUNAK APLIKASI PEMBELAJARAN FLOWCHART,” Jurnal Teknologi Informasi dan Industri, vol. 4, no. 1, 2023.

F. L. D. Cahyanti, F. Sarasati, W. Widiastuti, and E. Firasari, “Perancangan E-Commerce Sebagai Media Pemasaran Kerajian Bambu,” Edumatic: Jurnal Pendidikan Informatika, vol. 5, no. 1, pp. 70–79, Jun. 2021, doi: 10.29408/edumatic.v5i1.3275.

R. R. Al Hakim et al., “Aplikasi Algoritma Dijkstra dalam Penyelesaian Berbagai Masalah,” EXPERT: Jurnal Manajemen Sistem Informasi dan Teknologi, vol. 11, no. 1, p. 42, Jun. 2021, doi: 10.36448/expert.v11i1.1939.

J. M. Bisnis, B. Perkembangan, J. E. Sihaloho, A. Ramadani, and S. Rahmayanti, “Implementasi Sistem Pembayaran Quick Response Indonesia Standard Universitas Sumatera Utara (1)(2)(3),” vol. 17, no. 2, 2020, [Online]. Available: http://journal.undiknas.ac.id/index.php/magister-manajemen/

A. Syarifuddin Syahab et al., “ANALISIS AUDIT KEAMANAN INFORMASI WEBSITE DARI DROWN ATTACK MENGGUNAKAN NETWORK MAPPER DAN QUALYS SSL,” Jurnal Manajemen Informatika & Sistem Informasi (MISI), vol. 6, no. 1, 2023, doi: 10.36595/misi.v5i2.

F. Novianti, T. Supriyadi, and G. M. Rahmatullah, “Prosiding The 11 th Industrial Research Workshop and National Seminar Bandung,” 2020.

S. Sidopekso, H. Nasbey, and D. A. Wibowo, “Pengukuran I-V dengan Menggunakan Sun Simulator Sederhana,” 2011. [Online]. Available: http://www.risoe.dk/solenergu/rapporter/pdf/sec-r-

O. Fajarianto, A. D. Lestari, and D. Erawati, “PEMANFAATAN QR CODE SEBAGAI MEDIA PROMOSI DAN INFORMASI UNIVERSITAS SWADAYA GUNUNG JATI CIREBON.”

E. S. Eriana, S. Kom, M. Kom, and D. A. Zein, “ARTIFICIAL INTELLIGENCE (AI) PENERBIT CV. EUREKA MEDIA AKSARA.”

Downloads

PlumX Metrics

Published

2025-01-28

How to Cite

Pemanfaatan UCD untuk Membangun Next-Gen Bus System. (2025). Generation Journal, 9(1), 30-38. https://ojs.unpkediri.ac.id/index.php/gj/article/view/23309

Similar Articles

1-10 of 42

You may also start an advanced similarity search for this article.