Integrasi Permodelan Game Content Model Pada Game Based Learning
Abstract
Abstrak–Permainan digital menjadi salah satu inovasi yang terus menjadi pilihan yang
memberikan pengalaman dan membuka wacana sesuai dari pesan yang ingin disampaikan oleh
pembuat game tersebut. Secara implisit pesan tersebut secara tidak langsung memiliki pengaruh
terhadap pemahaman pemain. Di dalam Game-Based Learning terdapat lingkungan pembelajaran
berbasis permainan yang dapat menginspirasi siswa untuk belajar, dan memberikan para siswa
kesempatan belajar yang besar untuk meningkatkan pembelajaran mereka. Salah satu alasan
bahwa game berbasis pembelajaran memiliki sejumlah karakteristik yang melibatkan siswa dan
menawarkan pengalaman belajar yang menyenangkan. Dipadukan dengan formalitas dalam
pembuatan game agar membuat permainan semakin bagus.
Formalitas Game Content Model merupakan ontologi permainan dari sudut pandang
konten interaktif. terdiri dari model yang mewakili aspek inti dari sebuah game yang serius
termasuk definisi objek, atribut, perilaku, hubungan dengan seni dan komponen pustaka game,
peristiwa dan perkembangan, pembangunan situasi yang terdiri dari karakter, objek, tujuan,
peristiwa dan masalah yang harus diselesaikan melalui gameplaying.
Penelitian berfokus pada pengembangan media pembelajaran digital berupa game based
learning dengan integrasi dengan game content model sebagai formalitas dalam pembuatan game
agar memiliki lingkup permainan yang serius.
.
Kata Kunci—Game-Based Learning, Game Content Model.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
1. Copyright on any article is retained by the author(s).
2. The author grants the journal, right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work’s authorship and initial publication in this journal.
3. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal’s published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
4. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.
5. The article and any associated published material is distributed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License