Tati Mardewi SISTEM INFORMASI PEMBELAJARAN ENGLISH GRAMMAR BERBASIS WEB
Abstract
Abstrak – Sistem Informasi Pembelajaran English Grammar Berbasis Web memiliki
manfaatnya yang sangat penting dalam usaha untuk meningkatkan kemampuan berbahasa Inggris.
Sebagaimana diketahui bahasa Inggris merupakan bahasa internasional yang digunakan hampir
disemua aspek kehidupan dan merupakan kebutuhan yang sekarang ini tidak bisa dihindari. Salah
satu aspek dalam belajar bahasa Inggris adalah dengan mempelajari grammar. Grammar
menentukan bagaimana kata-kata disusun dalam membentuk unit-unit bahasa yang bermakna.
Karena masih kurangnya media online untuk mempelajari grammar, hal ini merupakan kesempatan
bagi penulis membuat website e-learning untuk pembelajaran English grammar yang bisa
dikerjakan dimanapun dengan memanfaatkan media elektronik yang terhubung dengan koneksi
internet. Penulis menggunakan pengembangan system dengan motode perangkat lunak waterfall
yang terdiri dari: Analisis kebutuhan perangkat lunak, desain, pembuatan kode program, pengujian,
pendukung dan pemeliharaan serta menggunakan teknik observasi dan studi pustaka dalam
pengumpulan data yang dibutuhkan. Website e-learning ini dapat menampilkan materi pelajaran
serta memberikan latihan soal. Hasil penelitian ini akan lebih memudahkan pengajar, pelajar atau
para user dalam mempelajari grammar bahasa Inggris karena e-learning ini sangat mudah dalam
penggunaannya dan juga akan mengefektifkan waktu pengguna.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
1. Copyright on any article is retained by the author(s).
2. The author grants the journal, right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work’s authorship and initial publication in this journal.
3. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal’s published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
4. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.
5. The article and any associated published material is distributed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License