Penerapan Metode EOQ Untuk Analisa Penjualan Produk UMKM di Kabupaten Nganjuk

  • Yoga Adi Nugraha Universitas Nusantara PGRI Kediri
  • Ratih Kumalasari Niswatin Universitas Nusantara PGRI Kediri
  • Risa Helilintar Universitas Nusantara PGRI Kediri
Abstract views: 370 , PDF downloads: 424
Keywords: EOQ, minimal costs, inventory

Abstract

Pada masa pandemi covid-19 ini banuak sekali yang terkana dampaknya pada sektor perkeonomian masayarakat Indonesia. Salah satunya dikabupaten nganjuk. Dikabupaten nganjuk banyak sekali sektor umkm atau perusahaan yang mengalami penurunan penjualan pada produk mereka. Jika umkm tidak punya strategi yang tepat untuk mengelola produk mereka,maka biaya pengadaan tidak sebanding dengan biaya penjualan dan akan menimbulkan biaya penyimpanan yang besar. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kuantitatif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan studi pustaka. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini dengan melakukan perhitungan-perhitungan yang relevan dengan menggunakan metode EOQ Dalam penelitian ini, kami membangun sistem untuk menganalisa persediaan barang atau produk untuk menghemat biaya pengadaan karena perusahaan atau umkm sangat diperlukan dalam mengoptimalisasi proses produksi. Pengambilan data dilakukan dalam acuan tahun 2020. Hasil penelitian menunjukan bahwa dalam satu umkm pada Tahun 2020 menggunakan metode EOQ dapat diketahui efisiensi biaya pengadaan, kapan harus melakukan pemesanan kembali serta dapat diketahui berapa jumlah produk yang dipesan untuk bulan berikutnya. Berdasarkan hasil analisa metode eoq dibandingkan dengan kebijakan perusahaan dapat disimpulkan bahwa dengan metode eoq pada umkm dapat menghemat biaya pengadaan serta dapat menghemat produk yang dipesan supaya tidak menumpuk di gudang, sehingga dapat meminimalkan total biaya yang dikeluarkan oleh perusahaan setiap periode.

References

Yamit, Zulian. 2011. Manajemen Produksi & Operasi (Edisi Pertama). Yogyakarta: Ekonisia.

Heizer Jay, Render Barry. 2005. Operations Management. Jakarta: Salemba Empat.

Heizer, Jay & Barry Render (2011). Manajemen Operasi.Edisi Sembilan. Buku Dua. Diterjemahkan oleh Chriswan Sungkono. Jakarta: Salemba Empat.

N. Apriyani dan A. Muhsin, “ANALISIS PENGENDALIANPERSEDIAAN BAHAN BAKU DENGAN METODE ECONOMIC ORDER QUANTITY DAN KANBAN PADA PT ADYAWINSA STAMPING INDUSTRIES,” opsi, vol. 10, no. 2, hlm. 128–142, 2017.

R. Abdurrofi dan M. Karismariyanti, “Aplikasi Untuk Optimasi Persediaan Bahan Baku Menggunakan Model Economic Order Quantity (EOQ) Pada Pabrik Tahu Di Jawa Barat,” SEMNASTEKNOMEDIA ONLINE, vol. 4, no. 1, hlm. 4–11, 2016.

Imelda, Particia., Soni Agus Irwandi. 2011.Rancangan Persediaan Bahan Baku dengan Menggunakan Metode EOQ Studi Kasus pada Perusahaan Rokok Ketapang Jaya Tanggulangin Sidoarjo. Vol 1. No 2 : 97-106.

PlumX Metrics

Published
2022-01-24
How to Cite
Nugraha, Y. A., Niswatin, R. K., & Helilintar, R. (2022). Penerapan Metode EOQ Untuk Analisa Penjualan Produk UMKM di Kabupaten Nganjuk. Generation Journal, 6(1), 13-21. https://doi.org/10.29407/gj.v6i1.15886