Ahmad Shiddiq Analisa Kepuasan Konsumen Menggunakan Klasifikasi Decision Tree Di Restoran Dapur Solo (Cabang Kediri)
DOI:
https://doi.org/10.29407/gj.v2i1.12051Abstract
Abstrak – Kepuasan konsumen merupakan tingkat dimana anggapan terhadap produk
sesuai dengan harapan para konsumen. Harapan konsumen umumnya merupakan prakiraan atau
keyakinan konsumen tentang apa yang akan diterimanya bila telah membeli atau mengkonsumsi
suatu produk. Kenyataannya, apa yang bisa memuaskan konsumen di satu situasi mungkin tidak
bisa memuaskan konsumen yang sama di lain situasi. Ditambah dengan sistem keluhan konsumen
yang hanya disediakan contact person oleh pihak restoran. Dengan demikian, kepuasan konsumen
sangat sulit diketahui, karena tidak semua konsumen menghubungi contact person yang disediakan.
Maka dari itu, adanya penelitian mengenai analisis kepuasan konsumen di Restoran Dapur Solo
(Cabang Kediri) tersebut diperlukan. Untuk memenuhi kebutuhan-kebutuhan diatas, banyak cara
yang dapat ditempuh. Salah satunya adalah dengan melakukan pemanfaatan data perusahaan yang
diolah dengan klasifikasi Decision Tree menggunakan algoritma C4.5. Dari proses klasifikasi akan
menghasilkan beberapa aturan yang menyebabkan konsumen merasa puas dan tidak puas, serta
seberapa besar konsumen merasa puas maupun tidak puas.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
1. Copyright on any article is retained by the author(s).
2. The author grants the journal, right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work’s authorship and initial publication in this journal.
3. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal’s published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
4. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.
5. The article and any associated published material is distributed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License