Ahmad Shiddiq Analisa Kepuasan Konsumen Menggunakan Klasifikasi Decision Tree Di Restoran Dapur Solo (Cabang Kediri)

  • Ahmad Shiddiq Universitas Nusantara PGRI Kediri
  • Ratih Kumalasari Niswatin Universitas Nusantara PGRI Kediri
  • Intan Nur Farida Universitas Nusantara PGRI Kediri
Abstract views: 302 , PDF downloads: 5089

Abstract

Abstrak – Kepuasan konsumen merupakan tingkat dimana anggapan terhadap produk
sesuai dengan harapan para konsumen. Harapan konsumen umumnya merupakan prakiraan atau
keyakinan konsumen tentang apa yang akan diterimanya bila telah membeli atau mengkonsumsi
suatu produk. Kenyataannya, apa yang bisa memuaskan konsumen di satu situasi mungkin tidak
bisa memuaskan konsumen yang sama di lain situasi. Ditambah dengan sistem keluhan konsumen
yang hanya disediakan contact person oleh pihak restoran. Dengan demikian, kepuasan konsumen
sangat sulit diketahui, karena tidak semua konsumen menghubungi contact person yang disediakan.
Maka dari itu, adanya penelitian mengenai analisis kepuasan konsumen di Restoran Dapur Solo
(Cabang Kediri) tersebut diperlukan. Untuk memenuhi kebutuhan-kebutuhan diatas, banyak cara
yang dapat ditempuh. Salah satunya adalah dengan melakukan pemanfaatan data perusahaan yang
diolah dengan klasifikasi Decision Tree menggunakan algoritma C4.5. Dari proses klasifikasi akan
menghasilkan beberapa aturan yang menyebabkan konsumen merasa puas dan tidak puas, serta
seberapa besar konsumen merasa puas maupun tidak puas.

PlumX Metrics

Published
2018-04-22
How to Cite
Shiddiq, A., Niswatin, R. K., & Farida, I. N. (2018). Ahmad Shiddiq Analisa Kepuasan Konsumen Menggunakan Klasifikasi Decision Tree Di Restoran Dapur Solo (Cabang Kediri). Generation Journal, 2(1), 9-18. https://doi.org/10.29407/gj.v2i1.12051

Most read articles by the same author(s)