4 PENGARUH HARGA DIRI, REGULASI DIRI, DAN MOTIVASI BERPRESTASI TERHADAP PRESTASI AKADEMIK SISWA AKSELERASI
Isi Artikel Utama
Abstrak
Prestasi akademik seseorang dipengaruhi berbagai aspek, salah satu aspek yang mempengaruhi prestasi akademik adalah aspek psikologis diantaranya harga diri, regulasi diri, dan motivasi berprestasi. Seseorang yang memiliki harga diri, regulasi diri, dan motivasi berprestasi tinggi memungkinkan untuk dapat memiliki prestasi akademik yang tinggi. Penelitian ini bertujuan untuk menguji menguji model teoritik prestasi akademik siswa akselerasi dan pengaruh antar variabel dengan menggunakan analisis data adalah uji statistik yakni struktural equation modelling (SEM).Hasil uji hipotesis melalui analisis SEM diperoleh kesimpulan bahwa model teoritik prestasi akademik siswa program akselerasi telah terbukti layak (GFI = 0.924 dengan kriteria > 0.900) dan memperoleh dukungan data empiris (X2=149.799, p=0.398 dengan kriteria > 0.05), serta harga diri mempengaruhi motivasi berprestasi, regulasi diri mempengaruhi motivasi berprestasi, harga diri mempengaruhi prestasi akademik, regulasi diri mempengaruhi prestasi akademik, dan motivasi berprestasi mempengaruhi prestasi akademik.
Kata kunci: Harga diri, regulasi diri, motivasi berprestasi, dan prestasi akademik
##plugins.generic.usageStats.downloads##
Rincian Artikel
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Copyright on any article is retained by the author(s).
- The author grants the journal, the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work’s authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal’s published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.
- The article and any associated published material is distributed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License