4 PENGARUH HARGA DIRI, REGULASI DIRI, DAN MOTIVASI BERPRESTASI TERHADAP PRESTASI AKADEMIK SISWA AKSELERASI

Isi Artikel Utama

Muhammad Sholihuddin Zuhdi

Abstrak

Prestasi akademik seseorang dipengaruhi berbagai aspek, salah satu aspek yang mempengaruhi prestasi akademik adalah aspek psikologis diantaranya harga diri, regulasi diri, dan motivasi berprestasi. Seseorang yang memiliki harga diri, regulasi diri, dan motivasi berprestasi tinggi memungkinkan untuk dapat memiliki prestasi akademik yang tinggi. Penelitian ini bertujuan untuk menguji menguji model teoritik prestasi akademik siswa akselerasi dan pengaruh antar variabel dengan menggunakan analisis data adalah uji statistik yakni struktural equation modelling (SEM).Hasil uji hipotesis melalui analisis SEM diperoleh kesimpulan bahwa model teoritik prestasi akademik siswa program akselerasi telah terbukti layak (GFI = 0.924 dengan kriteria > 0.900) dan memperoleh dukungan data empiris (X2=149.799, p=0.398 dengan kriteria > 0.05), serta harga diri mempengaruhi motivasi berprestasi, regulasi diri mempengaruhi motivasi berprestasi, harga diri mempengaruhi prestasi akademik, regulasi diri mempengaruhi prestasi akademik, dan motivasi berprestasi mempengaruhi prestasi akademik.


 


Kata kunci: Harga diri, regulasi diri, motivasi berprestasi, dan prestasi akademik

##plugins.generic.usageStats.downloads##

##plugins.generic.usageStats.noStats##

Rincian Artikel

Bagian
Artikel